Popular Posts

Sunday, April 27, 2014

Grab a Great Game: E-Gamelan!

Gambar ilustrasi
Kabar gembira bagi Anda penggemar Gamelan! Alunan Gamelan kini dapat Anda nikmati dan mainkan sendiri melalui gadget pribadi Anda. Kok bisa?
Ialah Mahasiswa dan salah seorang dosen Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang, yang menyulap seperangkat alat musik gamelan masuk ke dalam gadget. Hasil sulapannya itu dinamakan Elektronik Gamelan atau E-Gamelan.
Munculnya E-Gamelan diharapkan dapat menarik minat pemuda terhadap musik tradisional, mengingat saat ini pemuda cenderung menyukai musik barat ketimbang musik asli daerah Indonesia. Dalam rangka mewujudkan harapan tersebut, komunitas E-Gamelan, yang dibentuk sekitar 2 tahun lalu, memberikan ekstrakurikuler e-Gamelan di beberapa SMA di Semarang. Salah satunya adalah  SMA 7 Semarang.
Pada umumnya setelah menggunakan E-Gamelan, pemain dapat memainkan gamelan asli. Namun untuk menggunakan aplikasi tersebut tak perlu mengetahui gamelan meski pengetahuan dasar sekalipun.
Saat ini aplikasi e-Gamelan dapat diunduh di Applestore. Cukup membayar USD 5,99, aplikasi tersebut dapat terinstall di gadget. Namun sayangnya, beberapa jenis gamelan tak bisa dimainkan dalam aplikasi tersebut. Beberapa diantaranya yakni jenis gender, kendang dan rebab.
(CDASA)
Sumber:

0 comments:

Post a Comment