Popular Posts

Sunday, April 27, 2014

Museum Kata, Saat Seni dan Sastra Berpadu

Museum Kata, museum sastra pertama di Indonesia
Sudah pernah nonton atau baca buku Laskar Pelangi? Pasti tahu dong siapa penulisnya? Yap, Andrea Hirata! Penulis asal Pulau Belitong ini ternyata memiliki museum yang memamerkan karya-karya sastranya dan berbagai memorabilia Laskar Pelangi. Terletak di Desa Linggang, Kecamatan Gantong, Bangka Belitung, Museum Kata Andrea Hirata menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi jika Anda berkunjung ke Belitong.

Salah satu quote Andrea Hirata yang ditampilkan di Museum Kata
Di museum ini, pengunjung akan disajikan oleh berbagai karya sastra yang ditulis oleh Andrea Hirata dan foto-foto artistik bertemakan ‘Do I inspire you?’. Karya yang ditampilkan pun dipamerkan dengan cara yang tidak biasa, misalnya dengan menjadi tirai pintu dan jendela. Museum ini juga memamerkan potongan kisah dari novel laskar pelangi, cover buku Laskar Pelangi dalam berbagai bahasa, hingga cerita pendek Andrea Hirata yang tidak pernah dipublikasikan sebelumnya.
Konsep interior museum pun terbilang unik. Pengunjung seakan-akan diajak berkunjung ke tahun 70an. Mulai dari meja, kursi, lampu, jam, hingga poster semua bersifat kuno dan antik. Memasuki museum sedikit lebih ke dalam, terdapat dapur tradisional yang ternyata adalah warung kopi dan menyajikan kopi khas Belitong bernama ‘Kupi Kuli’.
Interior kuno yang menarik perhatian pengunjung
Tak heran, museum ini pun dinobatkan sebagai museum sastra pertama di Indonesia. Nah kalau sobat MeClub ingin mendapatkan inspirasi, tak ada salahnya untuk mampir ke Museum Kata saat berkunjung ke Belitong. Selamat jalan-jalan, sobat MeClub!
(VIA)

0 comments:

Post a Comment