Langsung ke konten utama

Nongkrong Seru dan 'Bebas' di Perpustakaan Freedom

Apa yang ada dibenak Anda jika mendengar kata perpustakaan? Sarang tumpukan buku yang berdebu, tempat yang membosankan, dan petugas yang jutek? jika 3 hal tersebut yang kalian pikirkan mengenai perpustakaan, maka Anda harus mengunjungi perpustakaan freedom untuk mematahkan ketiga kesan tersebut.
Terletak di Jalan Proklamasi No. 41 Menteng Jakarta Pusat, Perpustakaan Freedom hadir di tengah langkanya perpustakaan nyaman di DKI Jakarta. Tidak dapat dipungkiri lagi, kebanyakan perpustakaan yang ada kini masih terbilang menjemukan. Ruangan yang berbau debu, buku yang berdebu, bahkan sampai terkesan spooky karena sepi dari pengunjung. Namun, Anda tidak akan lagi mendapatkan hal-hal tersebut ketika Anda mengunjungi Perpustakaan Freedom.
Asri, nyaman, dan modern, setidaknya 3 kata tersebut yang mewakili kesan pertama yang didapatkan ketika mengunjungi Perpustakaan Freedom. Gantungan pajangan bambu-bambu kecil yang berada di tiap tiang sepanjang jalan menuju pintu masuk, menimbulkan bunyi seperti alat musik angklung. Ya, bebunyian tersebut sayup-sayup terdengar saling bersahutan kala angin bertiup, menggiring pengunjung memasuki perpustakaan.
Seperti perpustakaan pada umumnya, di dekat pintu masuk terdapat meja petugas perpustakaan. Petugas perpustakaan yang mengenakan baju bertuliskan pustakawan tersebut akan menyambut Anda dengan ramah. Titipkan barang bawaan Anda terlebih dahulu sebelum menjelajahi ruangan perpustakaan. Kemudian Anda akan diberikan tas kecil bertuliskan nomor penitipan barang untuk menaruh barang berharga seperti dompet,handphone, atau laptop.
Interior modern serta pilihan furniture yang tak biasa untuk sebuah perpustakaan membuat Anda terperangah dan betah berlama-lama di dalamnya. Lampu-lampu gantung bergaya minimalis sangat cocok menerangi pengunjung yang duduk di sofa-sofa empuk. Bahkan bisa-bisa Anda tertidur jika duduk di beberapa sofa yang menyerupai sofa refleksi!
Pada beberapa sudut dinding terdapat quotes dari tokoh penting yang turut menambah kesan unik dari perpustakaan ini. Ruangan yang ber-AC sangat cocok menemani pengunjung untuk membaca buku milik koleksi perpustakaan. Buku-buku yang terdapat disana antara lain bertemakan isu sosial, politik dan masyarakat. Mayoritas buku yang ada adalah buku yang sudah langka, maka tak heran jika perpustakaan freedom tidak meminjamkan koleksi bukunya.
Walaupun tidak ada layanan peminjaman buku, Perpustakaan Freedom memberi layanan fotokopi yang beroperasi pada Senin-Jumat Jam 9-18 dan Sabtu Jam 10-16.30. Selain koleksi bukunya yang menarik, perpustakaan juga menyediakan beberapa komputer dengan koneksi internet. Tentunya bagi Anda yang membawa gadget pribadi juga bisa internetan sepuasnya karena perpustakaan freedom dilengkapi layanan internet gratis.
Masih belum puas dengan koleksi buku yang langka, internet gratis, dan tempat yang super comfy? Freedom institute yang merupakan yayasan penggerak perpustakaan ini, sering mengadakan acara-acara menarik lho! Mulai dari diskusi sampai pertunjukan musik. Acara-acara tersebut diselenggarakan di ruangan yang terdapat di dekat pintu masuk perpustakaan. Tak jarang untuk acara musik, pertunjukan digelar di teras dan taman perpustakaan yang sangat asri dan sejuk.
So, tunggu apa lagi? You better change your window-shopping-plan at mall then go visit Freedom Library!
INFO
Perpustakaan Freedom:
Alamat                          : Jalan Proklamasi No.41 Menteng Jakarta Selatan
Waktu Operasional        : Senin-Jumat jam 9-19. Sabtu jam 10-17. Minggu tutup.
Cara pembuatan kartu anggota perpustakaan: Isi formulir dan tunjukan KTP/kartu mahasiswa. Kartu anggota segera didapatkan saat itu juga. Gratis.
(CDASA)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KUMIS: HANTU TOILET MALL GRAND INDONESIA

Grafik oleh Nabilla Ramadhian Credit: youtube.com/watch?v=M6WGgqyxG3c Hai, Namaku Sarah. Hari ini aku memutuskan untuk menghabiskan waktu sepulang kuliah dengan menonton film baru yang sedang banyak diperbincangkan akhir-akhir ini. Aku dan 2 orang teman ku memutuskan untuk pergi ke salah satu bioskop di mall besar di tengah kota , Grand Indonesia (GI) . Sesampainya disana , kami berlari-larian untuk mencari “Teater 1 ” karena kami telah terlambat 10 menit. Setelah masuk, di dalamnya sudah penuh dengan penonton. Rata-rata penontonnya adalah anak SMA dan SMP, yaa tidak heran karena film-nya pun tentang kisah cinta remaja SMA. Kami pun de n gan seksama mencari nomor kursi kami yang berada di paling atas kiri teater . Setelah 30 menit film berjalan, aku merasa ingin buang kecil. Aku pun meminta Nisa, salah satu temaku , untuk menemani ke toilet namun ia menolak. Nampaknya ia terlalu tidak rela ketinggalan beberapa adegan manis dalam film yang berhasil membuat

Mau Ajukan Cicilan Uang Kuliah, Begini Caranya

Sapta AP - MeClub UB Jakarta - Bagi Sobat MeClub yang memiliki kesulitan memenuhi kewajiban pembayaran uang kuliah, meskipun dengan sistem pembayaran virtual account (VA), Kamu masih bisa mengajukan permohonan cicilan. Wakil Rektor Bidang Non-Akademik, Dr. Darminto, MBA, mengakui bahwa pada semester-semester sebelumnya, sejumlah mahasiswa sering mengajukan banyak variasi mengenai cicilan, seperti besaran pembayaran biaya pertama dan jumlah cicilan pembayaran. Saat ini sistem cicilan biaya kuliah sudah dibuat dengan cara yang lebih praktis dan lebih seragam. Secara umum, mahasiswa yang mengajukan cicilan pembayaran akan diberikan keringanan hanya untuk membayar BOP dan biaya registrasi sebagai pembayaran pertama. Darminto sendiri mengungkapkan bahwa pihak kampus akan melakukan negosiasi terkait besaran biaya pertama dan jumlah cicilan. "Untuk yang mendapat beasiswa Cemerlang, kalau misalnya dia mengajukan pembayaran pertama sebesar 4 juta sementara dia harus bay

E-Scooter : Fasilitas baru yang ada di GBK

Gelora bung karno (GBK) Senayan, Jakarta menjadi tempat terbaik untuk melepaskan kepenatan dengan melakukan aktivitas berolahraga bagi warga ibukota. Sejumlah fasilitas penunjang disediakan agar semua kalangan bisa menikmati waktu olahraganya dengan lebih nyaman. Selain itu, area Gelora Bung Karno selalu dipadati pengunjung untuk berolahraga, seperti lari pagi atau bersepeda.   Kalian bisa bersepeda keliling komplek GBK yang luasnya sekitar 67 hektar. Namun , ada lagi fasilitas baru yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung, yaitu skuter elektronik atau yang sering disebut dengan e-scooter .  Skuter elektris (secara internasional lebih dikenal sebagai  electric kick-scooters  atau  e-scooters ) merupakan skuter yang 100% digerakan dengan tenaga listrik, sehingga tidak memproduksi asap dan suara bising. Skuter elektris biasanya mempunyai satu roda di depan dan di belakang, dan terkadang skuter elektris juga didesain dengan tiga roda. Kecepatan skuter elektris biasanya 20 – 50 km/jam