Skip to main content

Nongkrong Seru dan 'Bebas' di Perpustakaan Freedom

Apa yang ada dibenak Anda jika mendengar kata perpustakaan? Sarang tumpukan buku yang berdebu, tempat yang membosankan, dan petugas yang jutek? jika 3 hal tersebut yang kalian pikirkan mengenai perpustakaan, maka Anda harus mengunjungi perpustakaan freedom untuk mematahkan ketiga kesan tersebut.
Terletak di Jalan Proklamasi No. 41 Menteng Jakarta Pusat, Perpustakaan Freedom hadir di tengah langkanya perpustakaan nyaman di DKI Jakarta. Tidak dapat dipungkiri lagi, kebanyakan perpustakaan yang ada kini masih terbilang menjemukan. Ruangan yang berbau debu, buku yang berdebu, bahkan sampai terkesan spooky karena sepi dari pengunjung. Namun, Anda tidak akan lagi mendapatkan hal-hal tersebut ketika Anda mengunjungi Perpustakaan Freedom.
Asri, nyaman, dan modern, setidaknya 3 kata tersebut yang mewakili kesan pertama yang didapatkan ketika mengunjungi Perpustakaan Freedom. Gantungan pajangan bambu-bambu kecil yang berada di tiap tiang sepanjang jalan menuju pintu masuk, menimbulkan bunyi seperti alat musik angklung. Ya, bebunyian tersebut sayup-sayup terdengar saling bersahutan kala angin bertiup, menggiring pengunjung memasuki perpustakaan.
Seperti perpustakaan pada umumnya, di dekat pintu masuk terdapat meja petugas perpustakaan. Petugas perpustakaan yang mengenakan baju bertuliskan pustakawan tersebut akan menyambut Anda dengan ramah. Titipkan barang bawaan Anda terlebih dahulu sebelum menjelajahi ruangan perpustakaan. Kemudian Anda akan diberikan tas kecil bertuliskan nomor penitipan barang untuk menaruh barang berharga seperti dompet,handphone, atau laptop.
Interior modern serta pilihan furniture yang tak biasa untuk sebuah perpustakaan membuat Anda terperangah dan betah berlama-lama di dalamnya. Lampu-lampu gantung bergaya minimalis sangat cocok menerangi pengunjung yang duduk di sofa-sofa empuk. Bahkan bisa-bisa Anda tertidur jika duduk di beberapa sofa yang menyerupai sofa refleksi!
Pada beberapa sudut dinding terdapat quotes dari tokoh penting yang turut menambah kesan unik dari perpustakaan ini. Ruangan yang ber-AC sangat cocok menemani pengunjung untuk membaca buku milik koleksi perpustakaan. Buku-buku yang terdapat disana antara lain bertemakan isu sosial, politik dan masyarakat. Mayoritas buku yang ada adalah buku yang sudah langka, maka tak heran jika perpustakaan freedom tidak meminjamkan koleksi bukunya.
Walaupun tidak ada layanan peminjaman buku, Perpustakaan Freedom memberi layanan fotokopi yang beroperasi pada Senin-Jumat Jam 9-18 dan Sabtu Jam 10-16.30. Selain koleksi bukunya yang menarik, perpustakaan juga menyediakan beberapa komputer dengan koneksi internet. Tentunya bagi Anda yang membawa gadget pribadi juga bisa internetan sepuasnya karena perpustakaan freedom dilengkapi layanan internet gratis.
Masih belum puas dengan koleksi buku yang langka, internet gratis, dan tempat yang super comfy? Freedom institute yang merupakan yayasan penggerak perpustakaan ini, sering mengadakan acara-acara menarik lho! Mulai dari diskusi sampai pertunjukan musik. Acara-acara tersebut diselenggarakan di ruangan yang terdapat di dekat pintu masuk perpustakaan. Tak jarang untuk acara musik, pertunjukan digelar di teras dan taman perpustakaan yang sangat asri dan sejuk.
So, tunggu apa lagi? You better change your window-shopping-plan at mall then go visit Freedom Library!
INFO
Perpustakaan Freedom:
Alamat                          : Jalan Proklamasi No.41 Menteng Jakarta Selatan
Waktu Operasional        : Senin-Jumat jam 9-19. Sabtu jam 10-17. Minggu tutup.
Cara pembuatan kartu anggota perpustakaan: Isi formulir dan tunjukan KTP/kartu mahasiswa. Kartu anggota segera didapatkan saat itu juga. Gratis.
(CDASA)

Comments

Popular posts from this blog

Wadaw! Akun Receh Twitter Ter-Goks Versi Meclub Online

Main Twitter hari gini udah gak asik?
WAH! Siapa bilang? Coba deh  follow akun-akun ini dulu.
Mungkin beberapa dari  kalian masih menganggap Twitter sudah tidak menyenangkan. Padahal dengan fitur Twitter yang sekarang, semakin banyak orang-orang yang kembali bercuitan di Twitter loh. 
Setelah beberapa tahun timeline Twitter agak sepi lantaran banyaknya model-model aplikasi sosial media seperti Path, Instagram dan Ask Fm. Tapi kamu masih bisa meramaikan lagi dan lebih menghibur lagi isi timelinemu dengan rekomendasi enam akun receh Twitter yang wajib untuk difollow. Penasaran?
1. @yeahmahasiswa
    2. @handokotjung Ide brilliant emang suka mengalir dengan sendirinya. Seperti halnya @handokotjung ini. Dia suka banget membuat  tweet receh bin nyeleneh. Yang membuat lebih terkejutnya lagi adalah tweetnya bisa menembus hingga 17 ribu retweet-an lhoo…. Amazing!

       3. @seterahdeh Emang paling terserah deh sama cuitannya di Twitter @seterahdeh  yang nyeleneh banget. Tapi entah mengapa, orang-oran…

Kenali Dunia Broadcasting Melalui Guest Lecturers

Kampus UB - Dalam rangka menerapkan tagline yang dimiliki oleh Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie yaitu Big Leap To The Real Experience, pada Kamis 18 Mei 2017 diadakan guest lecturer bersama salah satu stasiun televisi Indonesia yaitu ANTV.
Tema guest lecturer kali ini yaitu "Broadcast Yourself to be Real Broadcaster in Digital Age". Pembicara pada guest lecture kali ini yaitu Edi Cahyadi (Producer at Production ANTV) dan Riyo Nugroho (Spv. Program Director ANTV).
Guest lecture ini diikuiti oleh mahasiswa semester 2 Ilmu Komunikasi. Tujuan diadakannya acara tersebut yaitu agar para pesertanya dapat mengetahui bagaimana cara kerja di dunia broadcasting. Selain itu, menurut Ari Kurnia selaku salah satu dosen Ilmu Komunikasi, acara ini juga bertujuan untuk membantu mahasiswa/i dalam menentukan peminatan di semester 3 nanti. 

Berdasarkan pantauan Tim Liputan MeClub Online, antusias mahasiswa/i dalam mengikuti guest lecturer kali ini sangat luar biasa. Hal ini terlihat dari banyakn…

Sapta Agung Pratama, Presiden Baru MeClub Universitas Bakrie!

Sapta Agung Pratama, mahasiswa Jurnalistik dan Komunikasi Media Massa angkatan 2012 resmi menggantikan Ridwan Aji Pitoko, mahasiswa Jurnalistik dan Komunikasi Media Massa angkatan 2011 sebagai presiden MeClub Universitas Bakrie, Kamis (2/7). Terpilihnya Sapta, panggilan akrabnya, tak lepas dari banyaknya suara yang memilihnya sebagai presiden MeClub periode 2015-2016. Sapta pun menjadi presiden ketiga sepanjang sejarah MeClub Universitas Bakrie setelah Tri Wahyuni pada 2012-2013 dan Ridwan Aji Pitoko pada 2013-2015.
Sapta akan dibantu Nursita Sari selaku sekretaris jendral (sekjen) dalam memimpin MeClub. Sebelumnya, keduanya sudah tergabung dalam jajaran pengurus MeClub, yakni sebagai General Manager MecRadio dan General Manager MecOnline. Keduanya akan dibantu oleh anggota sebelumnya, yakni mahasiswa dan mahasiswi Jurnalistik dan Komunikasi Media Massa angkatan 2012, 2013, dan 2014.
Tugas pertama Sapta dan Nursita adalah membentuk jajaran pengurus MeClub yang baru untuk periode kepemim…