Langsung ke konten utama

Acara Puncak CommCreation 2013

Acara puncak dari CommCreation 2013 besutan HMILKOM (Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie) berhasil digelar pada Sabtu, 13 April lalu. Dimulai dengan CommAction yaitu tiga seminar yang diselenggarakan secara bersamaan sebagai representasi dari tiga peminatan yang ada dalam program studi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie yaitu: Komunikasi Media Massa dan jurnalistik, Komunikasi Pemasaran atau Marketing Communication, dan Komunikasi Korporasi atau Public Relations. Ketiganya serentak dilaksanakan mulai pukul 14.00 WIB bertempat di ruang 4,5, dan 6 Universitas Bakrie dengan menghadirkan pembicara yang ahli di bidangnya masing-masing. Sebut saja Gustav Aulia (News Presenter RCTI), Lembu Wiworojati (Fortune PR), dan Avianto Nugroho (Media Tree Agency).
Gustav Aulia sedang mempraktekan langsung bagaimana cara mengolah vokal dalam CommAction (13/4) (Dok. MeclubOnline)
Masih sejalan dengan tema besar yang diusung CommCreation 2013 yaitu“No Limit to Communicate”, dengan hanya membeli tiket seharga 40 ribu, CommAction berusaha mengajak para peserta yang hadir untuk lebih mendalami Ilmu Komunikasi secara interaktif.  Benar saja, di ruang jurnalistik Gustav Aulia dengan tema seminar “How to be A Professional News Presenter” memberi kesempatan bagi peserta untuk langsung mempraktekan ilmu yang ia bagi. Mulai dari bagaimana postur yang baik,  melakukan olah vokal, hingga mempersilahkan peserta untuk “menjajal”live report dan membaca naskah layaknya presenter kondang.
Para peserta tidak menyiakan kesempatan untuk bisa membaca naskah presenter hard news maupun soft news di depan Gustav Aulia (Dok. MeclubOnline)
Keseruan interaksi serupa juga terjadi di ruang seminar marketing communication. Lembu Wiworojati yang juga pernah menjadi vokalis Clubeighties, mencoba “menggelitik” kretivitas peserta melalui seminar “Stand Out With Catchy Poster”. “Kreativitas adalah milik semua dapat dikembangkan oleh siapa saja,” tutur Lembu. Beragam poster ciamik yang telah mendapatkan banyak penghargaan ia kupas untuk menambah wawasan peserta mengenai dunia marketing communication.
Suasana yang agak berbeda ada pada ruang seminar public relations karena didominasi oleh peserta wanita yang juga banyak berasal dari Universitas Al-Azhar maupun London School of Public Relations. Pembahasan materi seminar juga berlangsung seru dengan tema “How to make your “You” to make you “Something”  yang dibawakan oleh Avianto Nugroho. Avianto, membagi beragam tips personal branding yang sangat bermanfaat untuk peserta, bukan hanya sekadar bahasan di dunia PR secara profesional namun juga membahasnya dalam lingkup personal. Jadi jangan heran kalau pertanyaan peserta justru banyak yang seakan “curhat”.
Avianto Nugroho dari Media Tree Agency tampak serius mendengar “curhat” para peserta seputar personal branding (Dok. MeclubOnline)
Setiap pembicara mendapatkan cinderamata karikatur foto diri persembahan dari panitia CommCreation 2013 (Dok.MeclubOnline)
Puas mendapat wawasan yang lebih dalam mengenai dunia komunikasi, panitia menyediakan kejutan bagi peserta CommAction dengan penampilan memukau dari shuffle dancer MoonRunners yang asik ber-shuffle ria di selasar depan ruang 1 dan 2 Universitas Bakrie. Eits, ternyata itu hanyalah satu dari sekian banyak hiburan yang dikemas dalam art performances dalam acara puncak CommCretion 2013.

Setelah waktu Ishoma bagi para peserta telah habis, beragam art performances kembali dilanjutkan di ruang 1 dan 2 Universitas Bakrie yang dipandu oleh Megumi dan Fachry Arnoldi. Mulai dari Tari Pendet persembahan Tari Tradisional UB, Tari Piring dari RMM (Rang Mudo Minang), Band Batuk Berdahak, CV Cipta Guna,  Lekas Sembuh, Beat Maker, dan aksi teatrikal berjudul “Sepasang Kalekasih yang Bercinta di Luar Angkasa” persembahan Teater Bakrie (TEBAK).
Aksi teatrikal dari TEBAK atau Teater Universitas Bakrie mampu memukau penonton (Dok. CommCreation 2013)
Disela suguhan art performances panitia juga mengumumkan pemenang dari CommActive yang telah dilangsungkan satu hari sebelumnya (12/4).  Dimana predikat juara umum berhasil disabet oleh teman-teman dari SMAN 70 Jakarta. Selamat!
Prosesi penyerahan hadiah bagi Juara Umum CommActive; SMAN 70 Jakarta (Dok. CommCreation 2013)
Atmosfir meriah dalam acara puncak CommCreation semakin klimaks dengan talkshow sekaligus penampilan dari sang Special Guest Star; Payung Teduh yang berhasil membuat galau seisi ruangan dengan lagu penutup berjudul “resah”.
Momen yang telah ditunggu-tunggu oleh peserta untuk menyaksikan talkshow bersama Payung Teduh! (Dok. CommCreation 2013)
Seluruh personil Payung Teduh 2013 berfoto di depan “Wall Of Fame” usai memberikan performa terbaiknya di atas panggung (Dok. CommCreation 2013)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

KUMIS: HANTU TOILET MALL GRAND INDONESIA

Grafik oleh Nabilla Ramadhian Credit: youtube.com/watch?v=M6WGgqyxG3c Hai, Namaku Sarah. Hari ini aku memutuskan untuk menghabiskan waktu sepulang kuliah dengan menonton film baru yang sedang banyak diperbincangkan akhir-akhir ini. Aku dan 2 orang teman ku memutuskan untuk pergi ke salah satu bioskop di mall besar di tengah kota , Grand Indonesia (GI) . Sesampainya disana , kami berlari-larian untuk mencari “Teater 1 ” karena kami telah terlambat 10 menit. Setelah masuk, di dalamnya sudah penuh dengan penonton. Rata-rata penontonnya adalah anak SMA dan SMP, yaa tidak heran karena film-nya pun tentang kisah cinta remaja SMA. Kami pun de n gan seksama mencari nomor kursi kami yang berada di paling atas kiri teater . Setelah 30 menit film berjalan, aku merasa ingin buang kecil. Aku pun meminta Nisa, salah satu temaku , untuk menemani ke toilet namun ia menolak. Nampaknya ia terlalu tidak rela ketinggalan beberapa adegan manis dalam film yang berhasil membuat

Mau Ajukan Cicilan Uang Kuliah, Begini Caranya

Sapta AP - MeClub UB Jakarta - Bagi Sobat MeClub yang memiliki kesulitan memenuhi kewajiban pembayaran uang kuliah, meskipun dengan sistem pembayaran virtual account (VA), Kamu masih bisa mengajukan permohonan cicilan. Wakil Rektor Bidang Non-Akademik, Dr. Darminto, MBA, mengakui bahwa pada semester-semester sebelumnya, sejumlah mahasiswa sering mengajukan banyak variasi mengenai cicilan, seperti besaran pembayaran biaya pertama dan jumlah cicilan pembayaran. Saat ini sistem cicilan biaya kuliah sudah dibuat dengan cara yang lebih praktis dan lebih seragam. Secara umum, mahasiswa yang mengajukan cicilan pembayaran akan diberikan keringanan hanya untuk membayar BOP dan biaya registrasi sebagai pembayaran pertama. Darminto sendiri mengungkapkan bahwa pihak kampus akan melakukan negosiasi terkait besaran biaya pertama dan jumlah cicilan. "Untuk yang mendapat beasiswa Cemerlang, kalau misalnya dia mengajukan pembayaran pertama sebesar 4 juta sementara dia harus bay

Skripsi Semester 7, Ya atau Tidak?

doc. Google Kebijakan Biro Administrasi Akademik Universitas Bakrie terkait syarat pengambilan skripsi bagi mahasiswa tingkat akhir masih belum banyak diketahui mahasiswa. Kabar yang beredar bahwa mahasiswa baru diperbolehkan mengambil skripsi jika SKS yang terpenuhi sudah mencapai 138 SKS. "Aku ambilnya semester 8 karena emang Ilkom (Ilmu Komunikasi) angkatan pertama baru bisa ambil skripsi pas semester 8. Syaratnya ada minimal 138 SKS dan lulus mata kuliah wajib gitu . Karena emang sistem SKSnya dipaketin gitu , kalo  yang sekarang kan nggak ," ujar lulusan program studi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie, Firsta Putri Nodia. Sama halnya seperti Firsta, mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie tingkat akhir (angkatan 2011), Dita Amaliana, pun mengetahui bahwa syarat mengambil skripsi adalah lulus 138 SKS. " Sebenernya sih dapet bocoran tahu gitu dari temen-temen juga. Awalnya katanya 138 SKS sampe semester ini, tapi kan gue udah 140 kalo s