Popular Posts

Sunday, September 14, 2014

"Kita Tidak Tahu Mengenai Etika Ini"

Pembicara dan peserta workshop "Jurnalisme Warga untuk Media Komunitas" berfoto bersama setelah diskusi sesi pertama.

Dosen Jurnalistik Universitas Bakrie, Aryo Subarkah Eddyono, beserta rekannya dosen Komunikasi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Eko Digdoyo, menyelenggarakan workshop “Jurnalisme Warga untuk Media Komunitas” di kampus Universitas Bakrie, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (14/9). Workshop ini dihadiri oleh perwakilan dari beberapa pers mahasiswa (persma) yang berasal dari Universitas Bakrie, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA), Universitas Prof. Dr. Moestopo, Bina Sarana Informatika (BSI), dan Universitas Mercu Buana.

Dalam kesempatan ini, peserta diajak berdiskusi tentang etika pemberitaan media siber oleh Aryo. Selain itu, mereka juga melakukan diskusi mengenai berita online dan praktik langsung menulis bersama editor nasional Kompas.com, Inggried Dwi Wedhaswary.

Ini merupakan pengalaman baru bagi para peserta. Sebelumnya, mereka tidak mendapatkan pembelajaran tersebut di persma masing-masing. Seperti yang diungkapkan Nurkholis, mahasiswa asal persma LPM Diama Universitas Prof. Dr. Moestopo, “Dapet ilmu lebih, apalagi tadi kita belajar etika tentang jurnalistik yang sejauh gue belajar di LPM gue sendiri, kita hanya belajar mengenai menulis segala macem tapi kita gak diajarin mengenai etika dari jurnalistik itu sendiri,” ujarnya.

Dengan bekal yang telah didapatkan dalam workshop jurnalisme warga ini, Nurkholis akan menerapkannya di persma tempat ia belajar. “Manfaat event ini untuk LPM gue, gue akan menerapkan etika dalam setiap pemberitaannya soalnya selama ini kita nulis, lebih banyak yang kita tidak tahu mengenai etika ini,” tukasnya.

Penulis: Nursita Sari

0 comments:

Post a Comment