Popular Posts

Thursday, September 4, 2014

Syarat Pengambilan Skripsi bagi Mahasiswa Universitas Bakrie

doc. Google


Mahasiswa Universitas Bakrie sering kali tidak mengetahui syarat apa yang harus dipenuhi untuk mengambil skripsi. Berdasarkan kebijakan Biro Administrasi Akademik Universitas Bakrie, mahasiswa sudah boleh mengambil skripsi jika sudah terpenuhi 120 sks di akhir semester 6. Jika mahasiswa sadar, informasi tersebut tercantum di buku panduan mahasiswa. Pengambilan skripsi ini dapat dilakukan pada waktu pengisian Kartu Perubahan Rencana Studi (KPRS), 1-5 September 2014.

“Sebenarnya jika mahasiswa dan dosen sadar, ini berdasarkan apa yang sudah ditetapkan di buku panduan yang kamu (mahasiswa) sudah punya, kan? Di sini kan ada bahwa begitu mahasiswa sudah mencapai 120 sks, boleh mengambil skripsi dengan catatan sudah tidak ada nilai D dan E,” ujar Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie, Dra. Suharyanti, M.S.M.

Tidak adanya nilai D dan E yang didapat mahasiswa menjadi syarat mutlak untuk mengambil skripsi. Jika mahasiswa mendapat nilai D dan E, mahasiswa harus terlebih dahulu memperbaiki nilai mata kuliah tersebut sebelum sidang skripsi dilaksanakan. “Trus seandainya nanti di akhir semester 7 mahasiswa ini mau sidang, dan ternyata mata kuliah yang diambil bersamaan dengan skripsi ini ada D atau E nya, dia tidak boleh sidang,” tambah Kaprodi Ilmu Komunikasi tersebut.

Mahasiswa yang sudah memenuhi 120 sks di akhir semester 6 boleh mengambil skripsi dan mengambil mata kuliah lainnya untuk memenuhi syarat lulus 144 sks. “Jadi harus hati-hati, memang niatnya mau dipercepat jadi 3,5 tahun saja, tetapi kamu harus hati-hati, karena begitu kamu dapet D di mata kuliah yang kamu ambil bersama skripsi, kamu gak bisa sidang. Artinya, harus ngulang dulu mata kuliah itu tahun depan,” tambahnya.

Mahasiswa harus mempertimbangkan hal tersebut sebelum mereka benar-benar mengambil skripsi di semester 7, karena niat lulus 3,5 tahun akan menjadi “senjata makan tuan” jika mahasiswa tidak bisa fokus membagi waktu perkuliahan lain dengan skripsi.


Penulis: Nursita Sari


0 comments:

Post a Comment