Popular Posts

Wednesday, October 1, 2014

MAESTRO 2014: Buah Harmonisasi dari Perbedaan

MAESTRO 2014 yang diselenggarakan Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Bakrie, Senin (29/9).
Open House sudah menjadi tradisi yang biasa dilaksanakan oleh organisasi mahasiswa di Universitas Bakrie, tak terkecuali Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM-UB). Mereka mengadakan Open House di ruang 1 dan 2 Universitas Bakrie, Senin (29/9). Mengusung nama MAESTRO (Music Aesthetics Run into One), acara ini menyuguhkan konsep teatrikal musik dari berbagai genre dan memadukannya menjadi satu untuk menciptakan harmoni yang indah.

Keberagaman genre musik yang ditampilkan merepresentasikan perbedaan yang terdapat dalam internal BEM-UB sendiri. Seperti diketahui, 36 pengurus BEM-UB periode 2014/2015 berasal dari program studi dan angkatan yang berbeda di Universitas Bakrie. Mereka pun memiliki latar belakang dan budaya yang berbeda. Harapan mereka, perbedaan ini dapat dipadukan menjadi harmonisasi yang indah untuk kemajuan organisasinya, seperti halnya konsep teatrikal musik yang mereka usung dalam Open House ini.

MAESTRO (Open House) merupakan salah satu program kerja milik Departemen Komunikasi dan Informasi (Kominfo) BEM-UB. Acara ini bertujuan untuk memperkenalkan pengurus, fungsi, dan program kerja BEM-UB selama 1 periode kepengurusan.

“Selain untuk memperkenalan BEM kepada seluruh mahasiswa, MAESTRO juga bertujuan untuk mempererat tali silahturahmi antarmahasiswa, jadi acaranya kita bikin seru dan nggak kaku”, papar Hara Prakasa, ketua panitia MAESTRO 2014.

Open House BEM-UB tahun ini dibungkus dengan konsep yang berbeda. Penjelasan fungsi dan seluruh program kerja BEM-UB disajikan dengan sentuhan unsur drama dan iringan musik yang berbeda di setiap departemen, tidak hanya presentasi yang biasa disajikan dalam visualisasi slide.

Badan Pengurus Inti dan 7 departemen memiliki kekhasan masing-masing genre musik dalam mempresentasikan fungsi mereka, mulai dari disko, rock, marawis, reggae, dangdut, k-pop, folks, hingga musik klasik. Penjelasan yang dilakukan setiap departemen pun didukung dengan dress code dan properti yang sesuai dengan ciri khas genre musik yang disuguhkan.

Konsep drama teatrikal dalam Open House ini berhasil menarik perhatian mahasiswa Universitas Bakrie. Tercatat sebanyak 167 mahasiswa memenuhi ruang 1 dan 2 untuk menyaksikan penampilan para pengurus BEM-UB dan mengetahui fungsi dan program kerja-program kerja yang mereka jalankan.

Penjelasan yang disampaikan pengurus BEM-UB melalui teatrikal musik ini tidak dibuat terlalu serius, mereka memasukkan unsur-unsur hiburan ke dalamnya. Hal ini membuat audiens yang hadir merasa terhibur. “Rasanya nggak mau keluar ruangan, seru banget nontonnya, kocak, ketawa terus sampe capek, ujar M. Ikhsan Apridho, salah satu mahasiswa yang menghadiri MAESTRO.

Pengurus BEM-UB berharap, semoga Open House ini menjadi awal kesuksesan BEM-UB untuk program kerja lain yang akan dilaksanakan berikutnya. Maju terus Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Bakrie!

Penulis : Ayu Nanda Maharani

Editor  : Nursita Sari

0 comments:

Post a Comment