Popular Posts

Wednesday, October 8, 2014

Mau UTS? Yuk, Siapkan Dirimu Sekarang!

doc. Google
Waktu begitu cepat. Tak terasa minggu perkuliahan sudah memasuki pertemuan keenam. Berarti satu pertemuan lagi saja, mahasiswa Universitas Bakrie sudah dihadapkan dengan Ujian Tengah Semester (UTS) Ganjil Tahun Ajaran 2014/2015.

UTS terdengar seperti hal biasa bagi mahasiswa yang sudah pernah melewatinya. Namun, bagaimana dengan mahasiswa baru angkatan 2014? Bagaimana persiapan mereka? Ini pertama kalinya mereka akan melewati UTS di bangku perkuliahan. Terlebih, bahasa yang digunakan dalam pembelajaran mayoritas adalah bahasa Inggris.

Bagi mahasiswa baru, rata-rata mereka membaca kembali materi yang sudah diberikan dosen di kelas. “Was-was sih kak, soalnya aku nggak tahu sistem UTS di sini gimana, soal-soalnya juga beda sama SMA. Tapi aku belajar lagi dari slide yang dikasih sama dosen, ujar Febrika Indirawati, mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2014.

Berbeda dengan Febrika, Annisa Fitryana Lestari, mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2013, justru memiliki cara tersendiri mempersiapkan UTS. “Setiap akhir pekan, aku perbaiki catatan selama seminggu kuliah, sama bikin mind mapping juga,” ungkapnya.

Mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2012, Nita Sari, mengungkapkan hal serupa dengan Annisa, ia juga mempelajari materi yang ia dapat di kelas selama seminggu, kemudian berbagi dengan teman lainnya. “Kalau aku selain belajar sendiri, belajar juga sama temen-temen lain, supaya ilmunya berbagi dan bertambah,” ujarnya.

Mata kuliah yang dipelajari, khususnya di prodi Ilmu Komunikasi, tidak terlepas dari teori dan hapalan. Oleh karena itu, jika hanya mengandalkan SKS atau Sistem Kebut Semalam, maka tidak akan dapat belajar dengan maksimal.

Namun, hal ini tidak berlaku bagi mahasiswa tingkat akhir karena mata kuliah yang diambil tidak banyak. “UTS sekarang beda karena mata kuliah saya sedikit dan lebih ke practical, jadi nggak terlalu banyak yang dipersiapkan,” tutur Ahmad Wildan, mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2011.

Wildan juga memberikan saran bagi mahasiswa lain, terutama mahasiswa baru, untuk mempersiapkan diri dalam UTS ini. “Yang pasti pahami materi yang diberikan dosen dari jauh hari, kalau mepet pasti pusing sendiri, tuturnya.

UTS sudah di depan mata. Saatnya persiapkan seluruh materi yang kamu punya, dibaca, juga dipahami dengan baik. Selamat belajar!

Penulis          : Ayu Nanda Maharani
Editor            : Nursita Sari


0 comments:

Post a Comment