Popular Posts

Monday, October 27, 2014

Ujian? Jangan Khawatir, HMILKOM-UB Punya Solusi!

Mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2013 sedang mengikuti kegiatan Tutorial Pra UTS
Ujian Tengah Semester (UTS) Universitas Bakrie sudah berlangsung beberapa hari. Ujian ini seringkali menjadi hal yang menyeramkan, terutama bagi mahasiswa baru yang masih beradaptasi dalam perkuliahan.

Mahasiswa baru merasa khawatir menjelang ujian. Apalagi ini merupakan ujian pertama mereka. Namun, Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie (HMILKOM-UB) punya solusi untuk ‘menenangkan’ mereka. Solusi tersebut tidak lain adalah program tutorial.

Tutorial merupakan salah satu program kerja dari tahun ke tahun yang diadakan HMILKOM-UB menjelang ujian. Tahun ini, Departemen Akademik HMILKOM-UB melaksanakan program tutorial dengan cara baru, yaitu tutorial berjenjang.

Tutorial berjenjang khusus diadakan untuk mahasiswa baru. Kegiatannya dilaksanakan selama satu periode kepengurusan. Tujuannya adalah untuk membimbing mereka dalam hal akademik secara intens.

Kegiatannya berupa belajar bersama kelompok kecil yang dibimbing oleh seorang tutor. Tutor yang membantu mereka memahami mata kuliah yang diajarkan adalah mahasiswa Ilmu Komunikasi tingkat dua.

“Jadwal pertemuan dicocokkan dengan KRS masing-masing. Setiap kelompok terdiri dari 7-8 mahasiswa, jadi belajarnya efektif, ujar Septian Nur Azizul, kepala departemen akademik HMILKOM-UB.

Tutorial berjenjang cukup membantu mahasiswa baru. Mereka dapat lebih memahami materi yang telah diajarkan.

“Tutorial ini sangat membantu, yang tadinya kita gak paham jadi paham, ungkap Asri Puspa, mahasiswa baru Ilmu Komunikasi.

Selain tutorial berjenjang, HMILKOM-UB juga mempunyai program tutorial pra ujian. Program ini ditujukan untuk seluruh mahasiswa aktif Ilmu Komunikasi. Tutorial pra ujian dilaksanakan menjelang UTS ataupun UAS, yaitu saat reading days.

Pelaksanaannya sama seperti perkuliahan biasa, namun yang menjadi pemberi materi bukan dosen, melainkan mahasiswa yang dirasa lebih memahami materi perkuliahan. Tutorial ini berlangsung dengan diskusi antarmahasiswa sehingga mereka dapat saling berbagi ilmu.

HMILKOM-UB berusaha memfasilitasi kegiatan tutorial pra ujian ini dengan menyiapkan jadwal dan mengurus ruangan. Selain itu, HMILKOM-UB juga memberikan bank soal yang berasal dari prodi.

Belajar bersama dalam tutorial seperti ini diperlukan agar mahasiswa dapat saling berbagi ilmu dan pengalaman. Hal itu tidak harus selalu didapat dari orang yang lebih tua atau senior, tetapi juga dari teman-teman di sekeliling.

Penulis           : Ayu Nanda Maharani
                         Nursita Sari

0 comments:

Post a Comment