Popular Posts

Monday, November 10, 2014

Mahasiswa Baru Wajib Ikut Unit Kegiatan Mahasiswa

Kegiatan-kegiatan UKMa di Universitas Bakrie (doc. Google)

UKMa atau Unit Kegiatan Mahasiswa merupakan kegiatan ekstrakulikuler di Universitas Bakrie. Kegiatan ini membantu mahasiswa dalam menyalurkan kemampuan mereka dalam bidang nonakademik, mulai dari olahraga hingga seni. Di sini mereka dapat mengembangkan kemampuannya.

Pada tahun ini, ada hal yang berbeda mengenai peraturan UKMa. Sebelumnya  mahasiswa bebas untuk mengikuti atau tidak kegiatan UKMa. Namun, untuk mahasiswa baru angkatan 2014, mengikuti kegiatan UKMa ini merupakan hal yang wajib.

“Memang kebijakan baru untuk Unit Kegiatan Mahasiswa atau UKMa diwajibkan untuk angkatan 2014 karena untuk mengasah soft skill untuk mahasiwa. Tidak hanya mengasah, tetapi juga bisa menciptakan prestasi akademis maupun nonakademis,” ujar Sri Pratiwi, Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan (BAK) Universitas Bakrie.

Dia pun menambahkan, keikutsertaan mahasiswa baru di dalam UKMa ini diwajibkan pada tahun pertama perkuliahan mereka. Nilai soft skill ini kemudian akan menjadi syarat skripsi.

Mereka yang menjadi mahasiswa baru merasa tidak keberatan dengan kebijakan baru yang sudah ditetapkan oleh BAK.  Hal ini dirasa dapat mengembangkan kemampuan mereka.

Gua sih tahu dari UB’s Week dan wawancara PSM (salah satu UKMa), ya gak apa-apa sih diwajibin, jadi mahasiswa baru semakin bisa ngembangin kemampuannya di sini (Universitas Bakrie),” ujar Lintang, mahasiswa Ilmu Komunikasi 2014.

Berbeda dengan Lintang, Asri Puspa, mahasiswa Ilmu Komunikasi 2014 lainnya, justru tidak mengikuti UKMa apa pun. Dia merasa bosan dengan kegiatan semacam itu.

Gua sih gak ikut UKMa, lagi bosen aja, karena dulu SMA ikut kegiatan sekolah terus jadi sekarang lagi males aja ikut kegiatan-kegiatan yang ada di kampus. Tapi karena kampus mewajibkan, jadi gua bakal ikut UKMa nantinya,ujarnya.

UKMa sudah menjadi kegiatan wajib bagi mahasiswa baru Universitas Bakrie. Semoga kebijakan baru ini dapat menjadi nilai positif bagi Universitas Bakrie untuk melahirkan mahasiswa-mahasiswa berprestasi.

Penulis           : M. Biril Mustopha
Editor              : Nursita Sari

0 comments:

Post a Comment