Popular Posts

Wednesday, November 26, 2014

Universitas Bakrie Tetapkan Libur Semester 10 Hari

Universitas Bakrie tampak depan (doc. Google)
Biro Administrasi Akademik (BAA) Universitas Bakrie menetapkan libur semester ganjil Tahun Ajaran 2014/2015 selama 10 hari, terhitung 19-29 Januari 2015. Selama libur semester ini, kampus dan BAA tidak mengadakan aktivitas apapun terkait kegiatan akademik.

“Libur itu ya 19 Januari sampe 29 Januari, itu libur murni gak ada aktivitas di kampus. Secara tidak langsung (kampus) tutup untuk mahasiswa, perkuliahan dan aktivitas akademik itu tidak ada, kita tidak akan melayani mahasiswa yang minta apapun,” ujar Sirajul Afkar, bagian perencanaan akademik BAA Universitas Bakrie, Selasa (25/11).

Meskipun demikian, mahasiswa tetap dapat melakukan kegiatan lain di luar aktivitas akademik, seperti mengadakan rapat atau acara tertentu. Yang jelas, aktivitas akademik ditutup. BAA baru akan kembali melayani aktivitas akademik itu mulai 30 Januari 2015.

Dengan penetapan libur semester ganjil pada 19-29 Januari 2015 yang tercantum di kalender akademik, mahasiswa beranggapan bahwa kegiatan perkuliahan akan kembali berlangsung awal Februari 2015. Namun, Afkar tidak membenarkannya. Perkuliahan paruh pertama semester genap tetap akan berlangsung pada 23 Februari-10 April 2015.

“Kan kuliah paruh pertama itu tanggal 23 Februari, kalo kita asumsikan sampe tanggal 22 Februari liburnya, bagaimana nanti mahasiswa yang mengisi KRS dan segala macem, ini kan persepsinya libur, libur kok masih ada aktivitas. Nah, makanya itu kita anggap yang ada aktivitas itu nggak libur,” terang Afkar.

Aktivitas yang dimaksud antara lain registrasi, pembayaran biaya kuliah, pengisian KRS, pengajuan permohonan, dan lainnya. Sedangkan agenda perkuliahan semester genap baru tetap dimulai 23 Februari nanti, sesuai dengan yang tercantum di kalender akademik.

Menurut Afkar, jika 30 Januari-22 Februari dicantumkan sebagai libur semester di kalender akademik, maka aktivitas di atas tidak seharusnya ada karena dianggap masih libur. Itulah mengapa BAA menetapkan libur semester hanya 10 hari.

Afkar pun  menambahkan, bagi mahasiswa yang tidak memiliki aktivitas lain dan hanya menunggu perkuliahan, mereka dapat libur sampai 22 Februari 2015. Berarti, mahasiswa memiliki waktu libur lebih kurang satu bulan sebelum kembali mengikuti agenda perkuliahan di semester genap.

“Untuk sebagian mahasiswa libur, sebagian nggak. Yang tidak terlibat ya silakan libur. Jadi sebenarnya kalo ditotal hampir lebih dari sebulan, pas malah, kalo kita kesampingkan pengisian KRS online, pembayaran segala macem, gitu,” tukas Afkar.

Penulis          : Nursita Sari

0 comments:

Post a Comment