Popular Posts

Saturday, December 6, 2014

Admin Akun Instagram “Anak UB Hitz” Minta Maaf ke Senat Mahasiswa

Screenshot permintaan maaf admin akun "Anak UB Hitz" kepada Komisi V Senat Mahasiswa Universitas Bakrie, Rabu (3/12).

Admin akun Instagram “Anak UB Hitz” menyatakan permintaan maaf kepada Komisi V Senat Mahasiswa terkait penggunaan logo Universitas Bakrie tanpa izin. Melalui akun Instagram itu, admin pun menanyakan pihak yang merasa keberatan fotonya diunggah di sana.

Permintaan maaf tersebut disampaikan melalui screenshot pemberitaan Media Club Online yang diunggahnya di akun itu, Rabu (3/12). “Melanggar hukum kah kami? Ayo yang merasa tidak suka fotonya kami masukkan di sini boleh mendaftarkan namanya di sini biar kami hapus. Untuk Komisi V Senat Mahasiswa UB kami mohon maaf, kami akan segera mengganti logo UB Hitz,” begitu bunyi caption foto tersebut.

Saat ini foto tersebut mendapat 12 likes dari para pengguna Instagram. Namun, tak ada satu pun yang mengomentari foto itu. Sampai berita ini diturunkan, admin pun belum mengganti penggunaan logo Universitas Bakrie sebagai foto profil akun tersebut.

Menanggapi hal itu, Komisi V Senat Mahasiswa pun memberikan komentarnya. “Dia men-statement bakal ganti logonya, tapi sampai sekarang kita masih tunggu nih, kenapa dia belum ganti, apakah lagi bikin logo baru atau gimana kita belum tahu,” ujar Diana Thasya.

Dia juga menjelaskan, sebenarnya admin akun Instagram “Anak UB Hitz tidak harus meminta maaf kepada Senat Mahasiswa. Mestinya, admin menjelaskan penggunaan logo itu dan tujuannya untuk apa. Selaku Senat Komisi V pun dia menegaskan, logo Universitas Bakrie harus digunakan untuk hal-hal yang penting saja.

Jika admin ingin menjadikan akun “Anak UB Hitz” sebagai official account, dia harus mempertegas fungsi akun dan orang yang bertanggung jawab atas akun Instagram itu. “Karena kan kita nggak tahu, indikator cantik ganteng atau hitz itu kenapa? Cuma buat seru-seruan juga nggak apa-apa yang penting jelas aja,” tukas Thasya.

Selain itu, admin pun harus meminta izin kepada orang yang bersangkutan sebelum mengunggah fotonya di akun itu. Bagaimana pun, mengunggah foto seseorang tanpa sepengetahuan orang yang bersangkutan merupakan bentuk pencurian data pribadi dan melanggar UU ITE.

Sebelumnya, Media Club Online menayangkan pemberitaan akun Instagram “Anak UB Hitz”, Selasa (2/12), karena penggunaannya tidak sesuai aturan. Pemberitaan itulah yang melatarbelakangi permintaan maaf admin kepada Komisi V Senat Mahasiswa.

Penulis:
Ayu Nanda Maharani
Nursita Sari


Berita terkait:
Akun Instagram "Anak UB Hitz", Melanggar Aturankah?

0 comments:

Post a Comment