Langsung ke konten utama

Akun Instagram “Anak UB Hitz”, Melanggar Aturankah?

Tampilan akun Instagram unofficial "Anak UB Hitz" yang ramai dibicarakan mahasiswa Universitas Bakrie

Jejaring sosial tak hanya dijadikan sebagai media interaksi, melainkan juga dapat dimanfaatkan sebagai media penyampai informasi, baik berita penting maupun sekadar hiburan. Instagram contohnya, bak album pribadi, setiap orang dapat menyimpan banyak foto dan video. Namun, bagaimana jika dalam penggunaannya, jejaring sosial tersebut melanggar aturan?

Belakangan ini diketahui terdapat akun Instagram unofficial Universitas Bakrie, yaitu “Anak UB Hitz”. Akun ini berisi foto mahasiswa-mahasiswi Universitas Bakrie yang berparas cantik dan tampan. Kategori cantik dan tampan itu pun tidak diketahui indikatornya. Hanya admin (pengelola) akun tersebut yang tahu.

Setiap foto yang diunggah dilengkapi dengan nama, program studi, dan tahun angkatan mahasiswa yang bersangkutan. Tak lupa logo perisai Universitas Bakrie pun dijadikan foto profil akun ini. Akun ini pun di-setting sebagai private account sehingga orang yang tidak mem-follow­­-nya tidak dapat melihat foto-foto di dalamnya.

Jika dilihat sekilas, memang tidak ada unsur SARA sedikit pun di dalamnya. Foto yang diunggah juga masih wajar. Namun, kini muncul pertanyaan baru. Siapakah admin akun tersebut? Apakah admin meminta izin terlebih dahulu kepada mahasiswa yang fotonya akan diunggah? Dan apakah menggunakan logo kampus tanpa izin itu melanggar aturan?

Komisi V Senat Mahasiswa Universitas Bakrie, selaku Humas dan badan pengawasan media sosial Universitas Bakrie, menyampaikan argumennya. “Mereka menggunakan logo UB tanpa sepengetahuan kami Komisi V dan yang jelas humas kampus, karena sebenarnya akun tersebut boleh saja dibuat tanpa sepengetahuan pihak-pihak yang berkepentingan apabila tidak menggunakan logo, ungkap Diana Thasya.

“Sarannya admin akun tersebut segera melapor mengenai apa fungsi dan tujuannya. Kami tidak akan bermaksud untuk menekan atau menyalahi dari penggunaan akun. Hanya izin dari penggunaan logo itu perlu diluruskan sehingga jelas maksud dan tujuannya, tambahnya lagi.

Hal itu diperkuat dengan pengakuan Hara Prakasa, mahasiswa Ilmu Komunikasi yang fotonya pernah dimuat di akun unofficial tersebut. “Aku nggak pernah dimintain izin sama adminnya, nggak keberatan sih, cuma foto yang diambil kan bukan yang aku mau, jadi kurang nyaman aja liatnya, papar Hara.

Akun yang memiliki 222 folowers itu sudah tak aktif lagi sejak enam minggu lalu, namun masih menjadi tanda tanya siapa dalang di balik semua ini. Senat Mahasiswa pun masih belum mengetahui admin akun tersebut.

Jika menilik ranah hukum, kesalahan tersebut mengarah pada UU ITE yang mengatur tentang cybercrime, yaitu kejahatan dalam dunia maya, termasuk mencuri data pribadi seseorang. Hukumannya, penjara selama enam hingga delapan tahun dan denda 600-800 juta rupiah.

Sungguh ini bukan hal yang main-main. Oleh karena itu, sebagai generasi muda yang mawas diri, kita wajib menaati peraturan yang berlaku demi kebaikan pribadi dan bersama.

Penulis           : Ayu Nanda Maharani
Editor              : Nursita Sari

Komentar

Postingan populer dari blog ini

E-Scooter : Fasilitas baru yang ada di GBK

Gelora bung karno (GBK) Senayan, Jakarta menjadi tempat terbaik untuk melepaskan kepenatan dengan melakukan aktivitas berolahraga bagi warga ibukota. Sejumlah fasilitas penunjang disediakan agar semua kalangan bisa menikmati waktu olahraganya dengan lebih nyaman. Selain itu, area Gelora Bung Karno selalu dipadati pengunjung untuk berolahraga, seperti lari pagi atau bersepeda.  Kalian bisa bersepeda keliling komplek GBK yang luasnya sekitar 67 hektar. Namun, ada lagi fasilitas baru yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung, yaitu skuter elektronik atau yang sering disebut dengan e-scooter
Skuter elektris (secara internasional lebih dikenal sebagai electric kick-scooters atau e-scooters) merupakan skuter yang 100% digerakan dengan tenaga listrik, sehingga tidak memproduksi asap dan suara bising. Skuter elektris biasanya mempunyai satu roda di depan dan di belakang, dan terkadang skuter elektris juga didesain dengan tiga roda. Kecepatan skuter elektris biasanya 20 – 50 km/jam, tetapi terda…

KUMIS: HANTU TOILET MALL GRAND INDONESIA

Hai, Namaku Sarah. Hari ini aku memutuskan untuk menghabiskan waktu sepulang kuliah dengan menonton film baru yang sedang banyak diperbincangkan akhir-akhir ini. Aku dan 2 orang temankumemutuskan untuk pergi ke salah satu bioskop di mall besar di tengah kota, Grand Indonesia(GI).
Sesampainya disana, kami berlari-larian untuk mencari “Teater 1” karena kami telah terlambat 10 menit. Setelah masuk, didalamnya sudah penuh dengan penonton. Rata-rata penontonnya adalah anak SMA dan SMP, yaa tidak heran karena film-nya pun tentang kisah cinta remaja SMA.
Kami pun dengan seksama mencari nomor kursi kami yang berada di paling atas kiri teater.Setelah 30 menit film berjalan, aku merasa ingin buang kecil. Aku pun meminta Nisa, salah satu temaku, untuk menemani ke toilet namun ia menolak. Nampaknya ia terlalu tidak rela ketinggalan beberapa adegan manis dalam film yang berhasil membuatnya histeris.
Aku pun memutuskan untuk pergi sendiri. “Ah ketoilet doang ini,” aku berkata sambil pergi keluar thea…

Mau Ajukan Cicilan Uang Kuliah, Begini Caranya

Sapta AP - MeClub UB
Jakarta - Bagi Sobat MeClub yang memiliki kesulitan memenuhi kewajiban pembayaran uang kuliah, meskipun dengan sistem pembayaran virtual account (VA), Kamu masih bisa mengajukan permohonan cicilan.
Wakil Rektor Bidang Non-Akademik, Dr. Darminto, MBA, mengakui bahwa pada semester-semester sebelumnya, sejumlah mahasiswa sering mengajukan banyak variasi mengenai cicilan, seperti besaran pembayaran biaya pertama dan jumlah cicilan pembayaran. Saat ini sistem cicilan biaya kuliah sudah dibuat dengan cara yang lebih praktis dan lebih seragam.
Secara umum, mahasiswa yang mengajukan cicilan pembayaran akan diberikan keringanan hanya untuk membayar BOP dan biaya registrasi sebagai pembayaran pertama. Darminto sendiri mengungkapkan bahwa pihak kampus akan melakukan negosiasi terkait besaran biaya pertama dan jumlah cicilan.
"Untuk yang mendapat beasiswa Cemerlang, kalau misalnya dia mengajukan pembayaran pertama sebesar 4 juta sementara dia harus bayar Rp5.275.000, jadi in…