Popular Posts

Tuesday, December 2, 2014

Seberapa Penting Sidang Laporan Magang?

Ilustrasi sidang (doc. Google)

Ilmu Komunikasi merupakan salah satu program studi Universitas Bakrie yang mengadakan sidang laporan magang bagi mahasiswa. Sidang ini bertujuan agar mahasiswa bersungguh-sungguh saat magang dan menyusun laporannya.

“Supaya mahasiswa serius membuat laporan magang. Bukan cuma laporannya, tapi pada saat melaksanakan magangnya juga serius, karena itu bukan hanya bawa nama prodi atau nama UB (Universitas Bakrie), tapi buat diri sendiri juga, gitu,” ujar Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie, Dra. Suharyanti, M.S.M., Senin (1/12).

Ia pun menambahkan, kewajiban sidang laporan magang ini membuat mahasiswa memaksimalkan kemampuannya saat magang. “Terbukti efektif karena hampir semua user ya, untuk angkatan 2010 yang sudah magang, responnya bagus terhadap kualitas mahasiswa Ilkom (Ilmu Komunikasi). Kami pikir salah satunya ya karena ada kewajiban untuk sidang itu,” paparnya.

Firsta Putri Nodia, alumni Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie, mengakui manfaat adanya sidang magang. “Karena sistemnya kalau di UB kan kayak sidang akhir. Jadi ngelatih mental dan kesiapan kita untuk presentasi di depan penguji layaknya sidang akhir. Apalagi laporan magang kita kan juga harus ada teori, metode penelitian, pembahasan, dan kesimpulan,” ujarnya.

Ia pun menambahkan, laporan magang dapat digunakan sebagai bahan skripsi yang akan diambil. “Pas ngerjain skripsi gak kaget banget. Bahkan beberapa ada yang tinggal ngelanjutin laporan magang untuk skripsi, termasuk aku,” ungkap angkatan pertama Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie ini.

Senada dengan Firsta, mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2011, Nelly Hassani Rachmi, merasa sidang magang dapat melatih kesiapannya untuk sidang skripsi nanti.

“Sidang laporan magang sih sebenernya bagus buat ngelatih mental anak Ilkom buat ngadepin skripsi. Kalo kata mas Aryo mah pemanasan,” ujar mahasiswa yang baru saja menyelesaikan sidang laporan magangnya, Senin (1/12).

Mahasiswa Ilmu Komunikasi lainnya pun sependapat dengan Firsta dan Nelly. “Sebetulnya kan untuk evaluasi dan pertanggungjawaban, sidang itu. Aku sih jalanin aja, itung-itung latihan sidang skripsi,” ujar Naadiyah Azh Zhafira, mahasiswa yang baru akan sidang Kamis (4/12) nanti.

Menurut Kaprodi Ilmu Komunikasi, magang ini bermanfaat untuk mahasiswa. Magang juga merupakan bentuk aplikasi sistem pembelajaran “experience the real things” yang diterapkan Universitas Bakrie.

Penulis: Nursita Sari

0 comments:

Post a Comment