Popular Posts

Tuesday, March 10, 2015

Kuorum Tak Tercapai, Musyawarah Tetap Lanjut

Suasana Musyawarah Amandemen AD/ART KM-UB (10/3)
MeClub – Musyawarah Pengesahan Amandemen AD/ART kembali digelar Selasa (10/3). Sebelumnya, pada Senin (9/3), musyawarah ditunda akibat jumlah kuorum (kuota forum) yang hadir belum tercapai.

Seperti diketahui bahwa musyawarah dianggap sah apabila dihadiri oleh sekurang-kurangnya 2/3 anggota biasa KM-UB dan sekurang-kurangnya ¾ Senat Mahasiswa dan tercapai kuorum yaitu sebanyak 1/2 n+1 jumlah anggota yang hadir. Hal ini merupakan perwujudan dari pasal 12 ayat 1 AD/ART tahun 2011.

 Akan tetapi, mustawarah tertunda tidak mampu memenuhi persyaratan yang ada di pasal tersebut. Meski begitu, hal tersebut tidak mengurungkan pelaksanaan musyawarah tertunda.

Berlangsungnya musyawarah tertunda disebabkan adanya perwakilan suara dari KM-UB. Perwakilan suara tersebut diperoleh dari lembar persetujuan pemberian suara dari Senat Mahasiswa kepada ketua angkatan masing-masing program studi.

“Sebetulnya ada 628 suara yang terkumpul. Tapi, untuk sekarang, hanya ada 511 suara yang terwakilkan dan merujuk pada pasal 12 ayat 3 AD/ART tahun 2011 musyawarah bisa dilaksanakan,” jelas Robby Al Ghafiqi, Ketua Komisi III Senat Mahasiswa UB.

Pasal 12 ayat 3 AD/ART tahun 2011 sendiri menyatakan bahwa musyawarah tertunda dianggap sah apabila ada suara terbanyak dari jumlah anggota yang hadir, meskipun kuorum tidak tercapai. Dengan kata lain, 511 suara yang terwakilkan membuat musyawarah kedua bisa berjalan walaupun kuorum tidak tercapai.

Musyawarah tertunda yang berlangsung selama hampir enam jam ini terpaksa ditunda kembali hingga waktu yang belum ditentukan.

Penulis :
Ridwan Aji Pitoko
Ayu Nanda Maharani



0 comments:

Post a Comment