Skip to main content

Kenapa Harus Virtual Account?


Sapta AP - MeClub UB

Jakarta - Berbagai penyesuaian kebijakan dilakukan kampus UB menyambut tahun ajaran 2015-2016. Sobat MeClub pun sebenarnya sudah bisa memantaunya melalui portal kampus UB. Sayangnya, masih banyak mahasiswa yang kebingungan dengan perubahan kebijakan ini, terutama soal pembayaran uang kuliah.

Wakil Rektor Bidang Non-Akademik, Dr. Darminto, MBA memberikan beberapa keterangan terkait perubahan ini. Ditemui di ruangannya pada Kamis (13/8/2015) pagi, ia menjelaskan bahwa hal ini dilakukan mengingat jumlah mahasiswa yang sudah semakin banyak, sehingga pembayaran tunai melalui loket keuangan dirasa akan semakin merepotkan.

Sebagai gantinya, mahasiswa dapat melakukan pembayaran melalui virtual account (VA) bank BCA. Cara ini diyakini mampu memudahkan pihak mahasiswa dalam melakukan pembayaran serta memudahkan pihak kampus untuk memonitor status pembayaran mahasiswa secara lebih cepat.

"Dengan sistem pembayaran virtul account itu, di ATM, misalnya, kita bisa membuka nomor induk mahasiswa dan bisa langsung keluar besaran tagihan untuk semester selanjutnya," ujar Darminto saat ditemui MeClub Online di ruangannya pada

Dengan VA, Sobat MeClub dapat melakukan pembayaran menggunakan rekening BCA yang sudah ada, baik melalui ATM, internet, atau pun SMS banking dengan cara memasukan nomor VA Yayasan Pendidikan Bakrie diikuti dengan nomor induk mahasiswa. Jika tidak memiliki rekening BCA, pembayaran dapat dilakukan melalui setoran tunai dengan mengunjungi cabang BCA terdekat.

"Jadi dia tidak perlu bawa uang berjuta-juta ke kampus. Kan bikin repot, tuh. Apalagi cukup rawan kalau dari segi keamanan. Jadi mahasiswa atau orang tua mahasiswa cukup datang ke cabang BCA terdekat saja," ujar Erhan Noor, staf Biro Keuangan yang mendampingi Darminto pagi itu.


Dengan layanan Virtual Account Anda akan mendapatkan sejumlah nomor rekening yang nantinya digunakan oleh para nasabah suatu perusahaan. Artinya, masing-masing nasabah perusahaan tersebut akan memiliki nomor rekening khusus yang akan mereka gunakan untuk melakukan penyetoran. Untuk Sobat MeClub, nomor rekening khusus ini adalah nomor induk mahasiswa.

Disebut virtual account karena setoran yang masuk ke rekening tersebut hanya sesaat. Begitu sampai ke proses batch atau proses induk komputer melakukan transaksi akhir hari, maka saldo dari setoran akan dipindahkan ke rekening perusahaan induk, sehingga rekening virtual nasabah akan selalu nihil. Sedangkan keesokan harinya pada rekening induk akan muncul laporan transaksi kredit/setoran yang secara rinci menjelaskan siapa saja penyetor dan jumlah setoran masing-masing penyetor.

"Sudah banyak perusahaan dan perguruan tinggi dan bahkan sekolah-sekolah yang menggunakan cara ini, khususnya untuk sistem post-paid. Jadi cara pembayaran kita sebelumnya yang serba manual itu sudah kuno banget sistemnya," ujar pria yang juga pernah menjabat sebagai Wakil Rektor Bidang Non-Akademik di Universitas Indonesia periode 2002-2007.

Dengan masa perkuliahan yang sudah di depan mata, Sobat MeClub juga sudah harus bersiap melengkapi persyaratan administrasi dan persyaratan akademik agar bisa mengikuti perkuliahan di semester ganjil yang akan dimulai pada 31 Agustus mendatang.

Comments

Popular posts from this blog

Wadaw! Akun Receh Twitter Ter-Goks Versi Meclub Online

Main Twitter hari gini udah gak asik?
WAH! Siapa bilang? Coba deh  follow akun-akun ini dulu.
Mungkin beberapa dari  kalian masih menganggap Twitter sudah tidak menyenangkan. Padahal dengan fitur Twitter yang sekarang, semakin banyak orang-orang yang kembali bercuitan di Twitter loh. 
Setelah beberapa tahun timeline Twitter agak sepi lantaran banyaknya model-model aplikasi sosial media seperti Path, Instagram dan Ask Fm. Tapi kamu masih bisa meramaikan lagi dan lebih menghibur lagi isi timelinemu dengan rekomendasi enam akun receh Twitter yang wajib untuk difollow. Penasaran?
1. @yeahmahasiswa
    2. @handokotjung Ide brilliant emang suka mengalir dengan sendirinya. Seperti halnya @handokotjung ini. Dia suka banget membuat  tweet receh bin nyeleneh. Yang membuat lebih terkejutnya lagi adalah tweetnya bisa menembus hingga 17 ribu retweet-an lhoo…. Amazing!

       3. @seterahdeh Emang paling terserah deh sama cuitannya di Twitter @seterahdeh  yang nyeleneh banget. Tapi entah mengapa, orang-oran…

Kenali Dunia Broadcasting Melalui Guest Lecturers

Kampus UB - Dalam rangka menerapkan tagline yang dimiliki oleh Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie yaitu Big Leap To The Real Experience, pada Kamis 18 Mei 2017 diadakan guest lecturer bersama salah satu stasiun televisi Indonesia yaitu ANTV.
Tema guest lecturer kali ini yaitu "Broadcast Yourself to be Real Broadcaster in Digital Age". Pembicara pada guest lecture kali ini yaitu Edi Cahyadi (Producer at Production ANTV) dan Riyo Nugroho (Spv. Program Director ANTV).
Guest lecture ini diikuiti oleh mahasiswa semester 2 Ilmu Komunikasi. Tujuan diadakannya acara tersebut yaitu agar para pesertanya dapat mengetahui bagaimana cara kerja di dunia broadcasting. Selain itu, menurut Ari Kurnia selaku salah satu dosen Ilmu Komunikasi, acara ini juga bertujuan untuk membantu mahasiswa/i dalam menentukan peminatan di semester 3 nanti. 

Berdasarkan pantauan Tim Liputan MeClub Online, antusias mahasiswa/i dalam mengikuti guest lecturer kali ini sangat luar biasa. Hal ini terlihat dari banyakn…

Sapta Agung Pratama, Presiden Baru MeClub Universitas Bakrie!

Sapta Agung Pratama, mahasiswa Jurnalistik dan Komunikasi Media Massa angkatan 2012 resmi menggantikan Ridwan Aji Pitoko, mahasiswa Jurnalistik dan Komunikasi Media Massa angkatan 2011 sebagai presiden MeClub Universitas Bakrie, Kamis (2/7). Terpilihnya Sapta, panggilan akrabnya, tak lepas dari banyaknya suara yang memilihnya sebagai presiden MeClub periode 2015-2016. Sapta pun menjadi presiden ketiga sepanjang sejarah MeClub Universitas Bakrie setelah Tri Wahyuni pada 2012-2013 dan Ridwan Aji Pitoko pada 2013-2015.
Sapta akan dibantu Nursita Sari selaku sekretaris jendral (sekjen) dalam memimpin MeClub. Sebelumnya, keduanya sudah tergabung dalam jajaran pengurus MeClub, yakni sebagai General Manager MecRadio dan General Manager MecOnline. Keduanya akan dibantu oleh anggota sebelumnya, yakni mahasiswa dan mahasiswi Jurnalistik dan Komunikasi Media Massa angkatan 2012, 2013, dan 2014.
Tugas pertama Sapta dan Nursita adalah membentuk jajaran pengurus MeClub yang baru untuk periode kepemim…