Popular Posts

Friday, August 14, 2015

Mau Ajukan Cicilan Uang Kuliah, Begini Caranya


Sapta AP - MeClub UB

Jakarta - Bagi Sobat MeClub yang memiliki kesulitan memenuhi kewajiban pembayaran uang kuliah, meskipun dengan sistem pembayaran virtual account (VA), Kamu masih bisa mengajukan permohonan cicilan.

Wakil Rektor Bidang Non-Akademik, Dr. Darminto, MBA, mengakui bahwa pada semester-semester sebelumnya, sejumlah mahasiswa sering mengajukan banyak variasi mengenai cicilan, seperti besaran pembayaran biaya pertama dan jumlah cicilan pembayaran. Saat ini sistem cicilan biaya kuliah sudah dibuat dengan cara yang lebih praktis dan lebih seragam.

Secara umum, mahasiswa yang mengajukan cicilan pembayaran akan diberikan keringanan hanya untuk membayar BOP dan biaya registrasi sebagai pembayaran pertama. Darminto sendiri mengungkapkan bahwa pihak kampus akan melakukan negosiasi terkait besaran biaya pertama dan jumlah cicilan.

"Untuk yang mendapat beasiswa Cemerlang, kalau misalnya dia mengajukan pembayaran pertama sebesar 4 juta sementara dia harus bayar Rp5.275.000, jadi instead of minta 4 juta, kita tawarkan sebaiknya membayar Rp5.275.000. Tapi kalau ada yang merencanakan pembayaran pertama misalnya 7 juta, kita ikutkan juga dengan yang Rp5.275.000," jelas Darminto saat ditemui MeClub Online pada Kamis (13/8/2015) pagi di ruangannya.

Namun pada mahasiswa dengan beasiswa Gemilang atau yang hanya membayar SKS saja, pembayaran pertama adalah uang registrasi sebesar Rp150.000 atau Rp400.000 ditambah biaya 10 SKS.

Artinya, untuk angkatan yang biaya SKS-nya sebesar 300 ribu dan biaya registrasi sebesar 150 ribu, maka akan membayar sejumlah Rp3.150.000. Pada mahasiswa yang biaya per SKS-nya 350 ribu dan biaya registrasi 400 ribu, maka diwajibkan melunasi pembayaran pertama sebesar Rp3.900.000.

Setelahnya, mahasiswa dapat membayarkan jumlah dan banyaknya cicilan sesuai dengan permohonan yang diajukan. Dengan catatan permohonan ini sudah disetujui oleh pemimpin universitas.

"Kalau dulu, masih tidak jelas soal pengertian 'disetujui pimpinan' ini. Kali ini kita tegaskan bahwa hanya pada level pimpinan universitas saja yang bisa menyetujui permohonan cicilan. Jadi hanya rektor dan wakil rektor yang bisa memberikan dispensasi itu. Syaratnya adalah perjanjian tersebut jelas kapan harus dibayar dan berapa kali," ujar pria yang meraih gelar Master of Business Administration di State University of New York ini.

Jadi, pengajuan permohonan cicilan ini akan tetap ditampung terlebih dahulu melalui melalui Sri Pratiwi di bagian kemahasiswaan sampai 17 Agustus mendatang. Syaratnya, mahasiswa yang mengajukan permohonan cicilan juga harus menyertakan informasi yang jelas terkait alasan diajukannya permohonan tersebut.

"Dari data yang kita punya, sampai 12 Agustus, yang mengajukan cicilan sudah ada 72 orang. Sementara yang sudah membayar lunas ada 178 orang," ujar Erhan Noor, staf keuangan yang pada pagi itu mendampingi Darminto dalam wawancara bersama MeClub Online.

Mendengar hal tersebut, Darminto spontan berujar, "loh, kok masih sedikit, ya?"

"Beberapa mahasiswa masih banyak yang nanya ke saya soal cara pembayaran lewat virtual account. Tapi ini juga masih ada enam hari lagi masa pembayaran," ujar Erhan menenangkan.

(SAP)

11 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Katanya udah ga bisa mengajukan cicilan, terakhir kemarin tanggal 31 Juli kata Pak Erhan, yang benar yang mana ini? Mohon klarifikasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berita di atas sudah berdasarkan konfirmasi yang diperoleh dari Wakil Rektor, Pak Darminto dan Staf Keuangan, Pak Erhan. Jadi silahkan gunakan sumber berita di atas ssbagai rujukan permohonan cicilan

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelum membayar, ajukan dulu permohonan cicilan ke pihak kampus. Jika sudah disetujui oleh rektor atau wakil rektor, baru mahasiswa dioerbolehkan menyicil. Bukan berarti semua mahasiswa boleh mencicil.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Permohonan cicilan adalah perjanjian antara pihak kampus dan mahasiswa secara langsung, untuk itu sebagai informasi lanjutan, sebaiknya langsung menghubungi pihak kampus pada bagian yang terkait, karena pertimbangannya akan berbeda antara satu mahasiswa dengan yang lainnya.

      Keputusan apakah permohonan di-acc atau tidak, sepenuhnya merupakan kebijakan pihak kampus.

      Delete
  5. Ini ngasih infonya telat sekali. Seharusnya 1-2 minggu sebelum batas pembayaran. Setelah banyak yang tanya&bingung berita malah baru turun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk semester selanjutnya, baiknya diinfokan lebih awal lagi. Karena info ini sangat diperlukan orang tua untuk mempersiapkan segala sesuatunya

      Delete
  6. Pak Erhan,saya mahasiswa baru di bagian beasiswa gemilang. Pak Erhan td ada blg bhwa "beasiswa Gemilang atau yang hanya membayar SKS saja, pembayaran pertama adalah uang registrasi sebesar Rp150.000 atau Rp400.000 ditambah biaya 10 SKS" bknnya itu ada 19sks ya pak? Saya tanya adminnya ktnya bs cicil tp hrus lunas sblm tgl 21 agustus 2015. Itu gmn ya pak? Mohon kejelasan informasinya pak.
    Terima kasih.

    ReplyDelete