Popular Posts

Thursday, August 20, 2015

Panitia: Jangan Ada Mindset Takut Ikut UB’s Week

Panitia UB's Week 2013 (doc. bem.bakrie.ac.id)
UB’s (Universitas Bakrie) Week 2015 akan dilaksanakan pada 25-28 Agustus 2015 mendatang. UB’s Week adalah pekan pengenalan kampus yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru. Namun, hingga saat ini masih banyak calon mahasiswa dan orang tua yang khawatir akan pelaksanaan orientasi pengenalan atau yang biasa disebut OSPEK ini.

Maraknya peristiwa kekerasan baik fisik maupun mental yang terjadi kepada mahasiswa baru di beberapa perguruan tinggi seperti yang tersiar di media pemberitaan membuat mahasiswa khususnya orang tua merasa ketakutan dan melarang anaknya untuk mengikuti OSPEK. Padahal, OSPEK sangat penting untuk diikuti karena ini adalah salah satu tahap mahasiswa baru berkenalan dan beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, pemerintah kini lebih menggalakkan peraturan OSPEK. Sesuai dengan Peraturan Dirjen No. 274 Tahun 2014, pihak yang berwenang memimpin OSPEK (perguruan tinggi) adalah dosen, sedangkan mahasiswa hanya masuk ke dalam susunan kepanitiaan. Hal ini disambut baik dan tentu saja dipatuhi oleh kepanitiaan UB’s Week 2015.

“UB’s Week 2015, kita bekerja sama dengan dosen dan juga pihak kampus. Makanya kepanitiaan nggak cuma dari mahasiswa aja tapi dari seluruh stakeholder kampus juga ikut dalam kepanitiaan ini,” papar Arvito Muhammad, Ketua Pelaksana UB’s Week 2015. Oleh karena itu, dipastikan dalam seluruh rangkaian acara UB’s Week 2015 ini pihak kampus akan mengetahui dan mengontrol seluruh jalannya acara.

“UB’s Week 2015 jauh banget dari perploncoan seperti yang orang takutin di luar karena kan orang liatnya kalau misalnya pengenalan kampus itu kan identik dengan kekerasan, hukuman, dan segala macam. Kalau UB’s Week ini kita justru lebih fun dan mendidik,” tambah mahasiswa semester 5 prodi Manajemen itu.

Dari tahun ke tahun, kegiatan yang terdapat dalam UB’s Week memang selalu menyenangkan, bermanfaat, dan berkesan. Tak terkecuali tahun ini, kegiatan pengenalan kampus dikemas secara menarik, contohnya seminar dengan pembicara berpengalaman yang dapat memotivasi mahasiswa baru agar aktif dan sukses di kampus.

“Untuk teman-teman 2015, jangan ada mindset takut ikut UB’s Week, karena kegiatan ini benar-benar bermanfaat. Dalam empat hari ini kita akan tahu gimana caranya untuk bisa (berubah) dari siswa ke mahasiswa yang sesuai dengan nilai dan peraturan yang ada di Universitas Bakrie,” pesan Arvito.

Penulis : Ayu Nanda Maharani

0 comments:

Post a Comment