Popular Posts

Saturday, August 22, 2015

Surat Edaran Dikti: Ospek Diselenggarakan Kampus, Bukan Mahasiswa

Surat Edaran Dikti 01/DJ-Belmawa/SE/VII/2015
Kampus UB - Berdasarkan berita sebelumnya, diisukan bahwa penyelenggaraan kegiatan ospek di kampus UB, atau yang biasa dikenal dengan UB's Week, tidak lagi diselenggarakan oleh pihak BEM-UB. Kegiatan menyambut para calon mahasiswa baru ini selanjutnya akan diselenggarakan oleh pihak kampus UB. 

Hal ini meresahkan sebagian pihak, terutama pihak BEM dan kepanitiaan yang sudah melakukan persiapan jauh-jauh hari. Pasalnya, kegiatan penyelenggaraan kegiatan ini sudah sangat dekat, yaitu pada 25 Agustus mendatang.

Namun, berdasarkan surat edaran dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi ini, kegiatan ospek memang seharusnya dilaksanakan oleh pihak perguruan tinggi, dalam hal ini kampus UB. 

Pada poin kedua dalam surat bernomor 01/DJ-Belmawa/SE/VII/2015 ini disebutkan bahwa Program Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) adalah program institusi, bukan mahasiswa. Pada surat edaran ini tercantum tanggal 22 Juli 2015.

Dikutip dari Okezone.com, Sabtu (22/8/2015), Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) melarang mahasiswa menjadi ketua ospek. Jika dilanggar, mahasiswa tersebut dan almamaternya akan mendapatkan sanksi tegas.

Menristek Dikti M. Nasir mengatakan bahwa tradisinya ospek memang dipimpin oleh mahasiswa. Tetapi, mulai tahun ini dia melarang mahasiswa menjadi ketua ospek. Alasannya, ospek cenderung dijadikan sarana perploncoan, padahal seharusnya menjadi ajang pengenalan kampus.

Siang ini sedang berjalan sebuah pertemuan antara pihak kemahasiswaan dengan BEM-UB. Pertemuan ini juga dihadiri oleh pihak Senat Mahasiswa.

"Gue atas nama Senat. Masih menengahi itu, tanggung jawab BEM di GBHK mengadakan orientasi yg bisa menanamkan value KM-UB. Jd kita dari Senat masih ada kemungkinan approach lagi BEM & kampus besok karena BEM ada tanggungjawab itu," kata Deris Yusuf, ketua Senat Mahasiswa UB, kepada pihak MeClub Online, Jumat (21/8/2015) malam. 

Saat dikonfirmasi mengenai kebijakan ini pada Jumat malam, ketua BEM UB, Berly Ramanda hanya mengatakan, "ga diambil alih kampus kokk. Nanti yaa. Momennya belum pas." 

Kami masih mencoba menghubungi pihak kampus mengenai hal ini. Simak terus perkembangannya ini hanya di MeClub Online. 

Sobat MeClub bisa melihat mengunduh surat edaran ini di website resmi Kopertis III melalui link ini http://www.kopertis3.or.id/html/wp-content/uploads/2015/08/Surat-PKKMB-Dikti.pdf

Penulis : Sapta Agung Pratama
Tim Liputan : Nursita Sari, Ayu Nanda Maharani

0 comments:

Post a Comment