Popular Posts

Tuesday, October 6, 2015

Apa sih Prodi Ilmu Komunikasi Itu?


sumber : kom.bakrie.ac.id

Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie merupakan prodi yang berada di dalam Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial. Jurusan yang akrab dipanggil Ilkom ini sudah mendapatkan Akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Prodi Ilkom Universitas Bakrie terbagi atas tiga peminatan yaitu Komunikasi Korporat (Corporate Communication), Komunikasi Media Massa (Mass Media Communication),  Komunikasi Pemasaran (Marketing Communication). Peminatan tersebut akan dipilih oleh mahasiswa saat semester tiga. Prodi Ilkom juga memiliki suatu organisasi resmi yaitu Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HMILKOM) yang sudah memasuki generasi ke empat.
            Metode pembelajaran yang digunakan oleh Prodi Ilmu Komunikasi adalah experiential learning yaitu melibatkan pengalaman dalam proses pembelajaran. Mahasiswa dilatih untuk dapat melibatkan pengalamannya terhadap materi kuliah serta mampu menganalisis kasus-kasus yang ada. Terdapat tiga hal menarik yang mencirikan Prodi Ilmu Komunikasi, yaitu sebagai berikut :
1.      Fasilitas
Selain spot tempat berkumpul Prodi Ilmu Komunikasi juga memiliki fasilitas lab yang lengkap untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Didalam lab Ilmu Komunikasi terdapat lab TV, lab radio, ruang editing, lab fotografi, ruang meeting yang dapat digunakan oleh mahasiswa Ilkom untuk mengerjakan tugas maupun praktek. Lab ini di lengkapi dengan alat-alat dan didesain mirip dengan suasana asli studio tv, radio dan foto. Disini kalian akan merasakan langsung seolah-olah kalian adalah seorang broadcaster, penyiar radio ataupun fotografer.
2.      Mata kuliah unik
Terdapat berbagai mata kuliah yang unik dalam Prodi Ilmu Komunikasi  salah satunya adalah mata kuliah Etika dan Pengembangan Kepribadian. Mata kuliah yang hanya ada di Prodi Ilmu Komunikasi ini mengharuskan mahasiswa untuk memakai pakaian yang formal dan rapih. Bagi mahasiswa perempuan diharuskan memakai rok dan kemeja serta menggunakan sepatu flat shoes atau wedges selama mata kuliah tersebut. Sedangkan mahasiswa laki-laki diharuskan memakai celana bahan, kemeja serta dasi. Dalam mata kuiah ini mahasiswa diajarkan bagaimana cara berpakaian, cara bersalaman, cara berjalan, cara duduk dan lain sebagainya. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan agar mahasiswa dapat memahami etika yang baik dan benar saat memasuki dunia kerja.
3.      Tempat berkumpul
Prodi Ilmu Komunikasi memiliki satu spot tempat untuk berkumpul yaitu di lobi belakang (lobel) yang terletak didekat admnistrasi kampus Universitas Bakrie. Lobel digunakan oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi untuk untuk berkumpul lintas angkatan mulai dari angkatan 2010 sampai 2015 serta menjadi tempat untuk sharing tentang mata kuliah ataupun tugas-tugas.

Penulis : Viviet Sandra

0 comments:

Post a Comment