Popular Posts

Thursday, May 5, 2016

Syiar Islam dalam Festival Basmala 2016

Peserta lomba tahfiz Al Quran Festival Basmala 2016 - doc. Panitia Festival Basmala
MeClub UB – Rohani Islam Universitas Bakrie, Basmala, kembali menggelar acara Festival Basmala 2016. Kegiatan ini berlangsung pada 29 April – 1 Mei 2016. Rangkaian kegiatan terdiri dari bazar, lomba tahfiz, dan seminar.

“Kita ada Bazar Islamic Fair (pada 29 April) yang menjual berbagai macam barang seperti fashion, makanan, dan sebagainya, buku juga. Terus kita juga ada donor darah,” ujar Ketua Pelaksana Festival Basmala Arif La Hiya, Minggu (1/5/2016).

Selain itu, Festival Basmala menggelar lomba tahfiz yang diikuti peserta dari berbagai daerah, seperti Jabodetabek, Subang, Yogyakarta, serta Makasar. Peserta lomba ini pun mencapai 150 orang.

“Jumlah peseta yang mengikuti lomba tahfiz dari seluruh kategori sekitar 153 peserta,” kata Arif.

Rangkaian kegiatan selanjutnya adalah Muslimah Day dan Grand Seminar yang dihadiri lebih kurang 100 peserta. Menurut Arif, semua rangkaian acara dalam Festival Basmala ini memiliki beberapa tujuan.

“Tujuan utama itu kita dari Basmala ingin bersilaturahmi dengan peserta tahfiz, peserta seminar. Yang kedua kita pengin syiar agama Islam. Kita di Universitas Bakrie itu satu-satunya lembaga islam itu Basmala, jadi kita bisa mensyiarkan agama Islam,” papar Arif.

Salah satu peserta lomba tahfiz, Aldi Syamsul Fuadi, mengikuti lomba untuk melancarkan hapalan Al Quran-nya. Selain itu, dia menjadikan lomba ini sebagai bentuk latihan untuk mengikuti seleksi MTQ tingkat nasional.

“Manfaatnya hapalan menjadi lebih lancar karena kan sistemnya sistem pengetesan. Terus menguji mental juga, kan kadang kalau ngaji sendiri lancar, tetapi kalau ngaji depan umum belum tentu lancar,” tutur Aldi.

Reporter: Aziizah Assyafi'i
Penulis: Nursita Sari

0 comments:

Post a Comment