Popular Posts

Sunday, June 26, 2016

(Pembekuan Ukma) Fabian: UKMa Sekarang Kurang Berprestasi

Sumber: akbarclayzer.wordpress.com
Kampus UB - Di penghujung masa Ujian Akhir Semester (UAS) genap Tahun Akademik 2015-2016, beberapa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKMa) diisukan akan mengalami pembekuan. Raihan prestasi dari berbagai UKMa yang semakin minim, hingga isu efisiensi penggunaan dana kampus disebut-sebut sebagai penyebabnya.

Hal ini diungkapkan Fabian Gultom, mahasiswa Manajemen angkatan 2013, yang juga menjabat sebagai ketua UKMa Basket UB. Fabian mengaku bahwa sebelumnya, setiap perwakilan UKMa telah mengadakan pertemuan dengan Biro Kemahasiswaan yang saat itu diwakili oleh Sri Pratiwi. Pertemuan tersebut diagendakan untuk mendiskusikan wacana pembekuan UKMa ini.

“(Alasan yang diungkapkan pihak kampus) lebih kepada tidak membuang uang secara sia-sia, karena menurut (Biro) kemahasiswaan, UKMa sekarang kurang berprestasi," ujar Fabian saat diwawancarai tim MeClub Online pada Rabu (22/6/2016) lalu.

Berdasarkan pertemuan tersebut, menurut Fabian, tujuan pihak kampus menetapkan langkah ini yaitu untuk perbaikan-perbaikan lebih lanjut kedepannya. Tapi menurutnya, hal ini akan menyebabkan kerugian bagi anggota UKMa itu sendiri.

"Mungkin sistemnya bisa dengan membekukan UKMa untuk tidak mengikuti pertandingan, tapi dalam latihannya tidak dibekukan," tambah Fabian. Karena menurutnya, hal tersebut justru akan menimbulkan banyak kerugian bagi UKMa itu sendiri.

Langkah kampus untuk membekukan UKMa ini, ternyata masih menuai pro dan kontra bagi anggota UKMa itu sendiri. UKMa biasanya dijadikan sebagai tempat menyalurkan minat dan bakat bagi setiap anggotanya, tetapi sekarang setiap anggotanya gelisah dengan keputusan kampus tersebut.

“Dengan cara pembekuan 2 sampai 3 bulan, ini akan membuang waktu UKMa, apalagi (UKMa) dibidang olahraga yang memerlukan latihan yang rutin dan kerja sama tim," jelas Fabian.


Penulis : Firstnanda Rindu Harini
Editor : Sapta Agung Pratama 

3 comments:

  1. Kalo emg buat efisiensi dana, berarti harusnya minimal pengurus ukma tau kemana dana yg biasanya disalurkan itu dan ini juga harusnya jadi motivasi buat para anggota ukma untuk lebih berprestasi.
    Maap kalo sok iye wkwk

    ReplyDelete
  2. Sebagai alumni 06, disayangkan keputusan kampus untuk membekukan UKMA. Tapi hal ini sudah menjadi problem rutin dari awal kampus kita tercinta ini berdiri. Ketua UKMA perlu diskusi internal dan eksternal ke ketua UKMA terdahulu dan mintakan pendapat. Mahasiswa UB itu tahan banting, so perlu putar otak sedikit untuk menyiasatinya.

    ReplyDelete
  3. Ya setidaknya kalo memang benar dibekukan selama 2 atau 3 bulan, sudah ada rencana dan racangan yang jelas terkait 'mau diapakan UKMa selama masa pembekuan?'.
    Direhab supaya fokus pada latihan kah? Ataukah benar-benar vacuum selama masa pembekuan? Supaya ada masukan juga dari pihak UKMa sendiri selagi menghindari keputusan secara 'sepihak'.
    Intinya TRANSPARANSI yang mungkin kami butuhkan agar kami bisa memiliki pendapat sendiri pada suatu problem.

    Tapi pertanyaan lain yang mungkin timbul adalah, lalu apakah kampus HANYA jadi tempat mencari NILAI/ILMU semata? untuk mereka yang tidak memiliki organisasi selain UKMa?

    -sekedar opini sok tau dari 'mahasiswa muda'

    ReplyDelete