Popular Posts

Monday, June 27, 2016

Zainal Airlangga: Bukan Pembekuan, tapi Evaluasi

Sumber : blog-guru.web.id


Kampus UB - Menanggapi isu pembekuan UKMa yang sedang beredar di kalangan mahasiswa Universitas Bakrie, Perwakilan Biro Kemahasiswaan, Zainal Airlangga akhirnya angkat bicara. Ia secara jelas membantah bahwa kebijakan ini adalah untuk membekukan kegiatan UKMa.

Menurut Zainal, pertemuan antara perwakilan UKMa dan Biro Kemahasiswaan diadakan sekitar 2 bulan lalu, namun agendanya bukan untuk membekuan UKMa secara permanen. Tetapi lebih menekan pada evaluasi masing-masing UKMa. Sebelumnya, Biro Akademik juga sudah memberikan peringatan, bukan pembekuan, tapi diturunkan grade-nya menjadi komunitas.

"Dalam pertemuan tersebut, evaluasi meliputi 4 hal, yaitu tingkat keaktifan kegiatan, keanggotaan, manajerial pengurus, dan prestasi yang didapat,” jelas Zainal kepada Tim MeClub Online saat diwawancarai Rabu (22/6/2016) lalu.

Hal tersebut dilakukan oleh pihak kampus mengingat perlunya perbaikan bagi setiap UKMa agar menjadi lebih baik. Zainal juga mengaku tidak ada masalah pendanaan tentang hal ini, karena dana untuk kegiatan UKMa sudah dianggarkan sebelumnya. 

“Karena kampus memiliki kewajiban untuk membayar pelatih, dan itu mahal, yang mengikuti latihan hanya satu atau dua orang saja, dan membiayai satu atau dua orang (untuk) latihan itu akan menyebabkan kerugian,” jelas Zainal.

Biro Kemahasiswaan sudah memberi tanda untuk setiap UKMa. “Hijau itu untuk UKMa yang kepengurusannya masih aktif, kuning untuk UKMa yang masih perlu diingatkan, dan merah untuk UKMa yang sudah tidak pernah lagi mengadakan kegiatan,” lanjut Zainal. 

Zainal juga menjelaskan bahwa secara umum UKMa yang bertanda merah tidak dibekukan, tetapi dikurangi hingga dicabut fasilitas pendanaannya dari kampus. Status dari UKMa tersebut juga diturunkan. 

“Jika mereka masih belum menunjukkan perubahan mereka, statusnya akan diturunkan menjadi komunitas. Namun, tidak ada batasan waktu, tetapi jika mereka sudah layak menjadi UKMa kembali, mereka tinggal mengajukan permohonan lagi kepada kita, tidak akan dipersulit,” lanjutnya.

Biro Kemahasiswaan yang diwakili oleh Mas Zainal, menyampaikan harapannya kepada setiap UKMa, ia juga merencakanan untuk kedepannya setiap mahasiswa harus bergabung dalam satu UKMa. 

Baca Juga : (Pembekuan Ukma) Fabian : UKMa Sekarang Kurang Berprestasi
 
“Saya berharap setiap organisasi bisa diurus dengan benar, setiap anggotanya punya komitmen, bisa manage waktu dengan baik, dan organisasi itu penting untuk mengasah softskill mahasiswa,” tutup Zainal.

Penulis : Firstnanda Rindu Harini
Editor  : Sapta Agung Pratama

1 comments:

  1. Diturunkan grade nya menjadi komunitas dan tak didukung pendanaan nya. Apa beda nya dengan dibekukan?

    ReplyDelete