Popular Posts

Monday, August 22, 2016

Tahun Ajaran Baru, Kurikulum Baru


Sumber : gendies.com


Jakarta - Menyambut tahun ajaran baru 2016/2017, Universitas Bakrie melakukan berbagai persiapan. Persiapan yang dilakukan mulai dari penyambutan mahasiswa baru hingga persiapan di bidang akademik. 

Kali ini, salah satu program studi yang ada di Universitas Bakrie yaitu Ilmu Komunikasi yang sudah berakreditasi A, menyambut tahun ajaran baru dengan mengadakan perubahan kurikulum dari tahun sebelumnya. Perubahan kurikulum ini ternyata tidak berlaku untuk semua program studi yang ada di Universitas Bakrie.

Kepala Biro Administrasi Akademik, Anitawati mengatakan bahwa kurikulum baru nanti tidak akan berubah drastis. “Setau saya (yang akan berubah kurikulumnya) cuma Ilkom doang, yang baru masuk baru Ilkom. Itu pun gak drastis ya, karena cuma ada beberapa nama (mata kuliah) yang diganti, terus ada penyetaraan tapi gak banyak,” ujar Anitawati saat diwawancarai tim Meclub Online.

Pembaharuan kurikulum ini ternyata tidak pertama kali dilakukan tahun ini, tetapi juga pernah dilakukan pada 2 tahun yang lalu. Kurikulum baru tersebut nantinya akan diikuti oleh seluruh mahasiswa aktif program studi Ilmu Komunikasi, baik mahasiswa yang baru masuk, hingga mahasiswa yang sudah berada pada masa batas pendidikannya.

Tentunya setiap ada perubahan akan muncul dampak terutama untuk mahasiswanya itu sendiri. Anitawati menjelaskan bahwa hal tersebut tergantung dengan masing-masing mahasiswa yang menjalaninya nanti.

“Misalkan ada pertambahan (mata kuliah), ya mau gak mau mesti nambah gitu kan, kalau yang udah lewat (mata kuliah) dan dia nunggak ya artinya dia gak lulus, otomatis mesti nambah,” ungkap Anita.

Mengatasi kebingungan mahasiswa dalam menghadapi perubahan kurikulum ini, Anitawati berharap setiap mahasiswa harus berkonsultasi dengan dosen pembimbing akademiknya sebelum melakukan pengisian Kartu Rancangan Studi (KRS) nanti.

Menanggapi rencana perubahan kurikulum tersebut, Niken Pangestika, mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2015 yang saat ini menjabat sebagai Kepala Departemen Akademik HMILKOM-UB 2016/2017, mengatakan bahwa dirinya belum melihat seperti apa perubahan kurikulum tersebut, sehingga ia belum dapat berkomentar lebih lanjut. Namun apabila kurikulum terbaru tersebut sudah dikeluarkan, ia akan melakukan sosialisasi kepada seluruh mahasiswa aktif Ilmu Komunikasi.

“Nah, maka dari itu, kemarin kita ketemu Mbak Asri untuk menanyakan hal tersebut, tapi karena belum (ada info mengenai kurikulum baru), mungkin nanti kita akan segera mempublikasikan (kepada mahasiswa Ilmu Komunikasi),” ujar Niken.

Penulis : Asri Puspa Pratita
Editor  : Firstnanda Rindu Harini

0 comments:

Post a Comment