Langsung ke konten utama

Tips Cepat Lulus untuk Mahasiswa Tingkat Akhir

(Sumber : belajar.io)

Setelah menjalani perkuliahan bertahun-tahun, tibalah saatnya kamu, para mahasiswa tingkat akhir untuk mengerjakan skripsi. Sebagai seorang mahasiswa tingkat akhir, sudah kewajibanmu untuk melakukan penelitian sebagai syarat kelulusan. Tidak sedikit yang mengeluh tentang beratnya beban skripsi, bahkan banyak pula yang tidak mampu menyelesaikan skripsinya tepat pada waktunya.


Bagi kamu yang sekarang sudah menjadi mahasiswa tingkat akhir, tentunya ingin cepat-cepat menyandang status sebagai sarjana. Berikut ini ada tips agar kamu dapat menyelesaikan perkuliahan dengan cepat dan tepat waktu:

1.      Sebutkan target waktu, kapan kamu mau lulus, dan buat deadline sendiri

(Sumber ; wwwbecomeablogger.com)

Merencanakan kapan mau lulus berkaitan dengan dua hal, pertama adalah tingkat kesulitan topik tugas akhir serta rencana pengerjaan skripsi. Kalau target lulusmu masih agak lama, maka wajar bila diberikan skripsi dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang pengerjaan waktunya lebih sedikit.

2.      Pilihlah tema penelitian yang kamu sukai dan pahami

(Sumber ; edumor)

Banyak mahasiswa tingkat akhir yang tidak menyukai topik skripsinya sendiri, biasanya dikarenakan topiknya ditentukan oleh dosen pembimbingmu dan kamu hanya menerima saja, atau karena asal pilih dan sekedar meniru kakak kelas.
Jangan lupa untuk siapkan beberapa alternatif topik dan judul skripsi untuk berjaga-jaga sewaktu-waktu skripsimu tidak bisa terealisasi.

3.      Cari dosen pembimbing yang sesuai dengan passion-mu dan rajinlah untuk bimbingan

(Sumber ; belajar.io)

Sebisa mungkin cari pembimbing yang mudah untuk ditemui dan stay di kampus. Kamu juga bisa berkomunikasi dengan dosen-dosen pengurus/pimpinan jurusan untuk menentukan hal ini.

4.      Jangan menunda-nunda

(Sumber ; Valensiuscalvin.com)

Biasanya skripsi dikerjakan pada semester-semester yang sudah tidak banyak memiliki beban kulaih. Ini dapat berdampak positif maupun negatif. Dampak positifnya adalah menjadi makin cepat mengerjakan skripsi karena banyaknya waktu luang. Dampak negatifnya adalah terlena dengan kenikmatan waktu luang untuk melakukan hal-hal yang tidak berhubungan dengan skripsi dan kuliahmu. Intinya adalah harus fokus dan berkomitmen serta bijak menentukan waktu dan target yang akan dicapai.

5.    Memulai itu berat, tapi kalau ‘mesin’mu sudah berputar, semakin cepat semakin ringan

(Sumber ; izwie.com)

Jika kamu kerjakan degan rajin dan fokus maka seterusnya akan lebih ringan. Jangan menunggu mood datang, karena mood tidak akan datang kalau kamu tunggu. Mood akan datang pada dirimu kalau kamu fokus dan berkonsentrasi untuk memulai mengerjakan skripsi-mu.

6.      Hilangkan gengsi untuk bertanya pada orang lain

(Sumber : leadgreatmeetings.com)

Selain mendownload jurnal-jurnal, mempelajari skripsi-skripsi kakak kelas, dan bahan bacaan lainnya, kamu juga harus sering bertanya dan berdiskusi dengan kakak kelas dan teman-temanmu. Jangan malu meminta waktu untuk bertemu dosen dan tentukan kerangka skripsimu.

7.      Terbiasalah dengan istilah “Revisi”

(Sumber : http://evadestrianti.blogspot.co.id)

Setelah selesai menulis skripsi secara keseluruhan, maka dosen pembimbing akan memeriksa hasil kerja mu. Saat seperti inilah kamu harus merevisi pekerjaan mu. Revisi bisa berupa hal kecil seperti format penulisan ataupun salah penulisan. Revisi juga bisa terjadi karena hal prinsip seperti kurangnya landasan teori atau kurangnya referensi.

8.      Semakin tumbuh keyakinan bahwa kamu akan jadi orang sukses.

(Sumber : Dream Ville)

Terapkan rumus : SUKSES = A x B x C x D
Attitude : Pantang menyerah dan tidak pernah mengeluh meratapi sesuatu.
Belajar dan Bekerja Keras : Tidak pernah merasa cukup pintar dan menghargai waktu serta dapat memanfaatkannya dengan bijak.
Creative : Melakukan hal-hal yang tidak dilakukan orang lain untuk mendapatan hasil yang tidak didapatkan oleh orang lain.
Doa dan Syukur : Kekuatan dari doa dan syukur yang ikhlas akan menuntaskan usaha dan perjuanganmu.

Nah, itu dia beberapa tips agar skripsi mu cepat selesai dan kamu bisa dengan cepat menyandang gelar sarjana yang selama ini kamu mimpi-mimpikan. Semangat terus mahasiswa tingkat akhir!


Penulis : Arum Tias Astiningsih
Editor  : Firstnanda Rindu Harini
Referensi : www.isigood.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KUMIS: HANTU TOILET MALL GRAND INDONESIA

Grafik oleh Nabilla Ramadhian Credit: youtube.com/watch?v=M6WGgqyxG3c Hai, Namaku Sarah. Hari ini aku memutuskan untuk menghabiskan waktu sepulang kuliah dengan menonton film baru yang sedang banyak diperbincangkan akhir-akhir ini. Aku dan 2 orang teman ku memutuskan untuk pergi ke salah satu bioskop di mall besar di tengah kota , Grand Indonesia (GI) . Sesampainya disana , kami berlari-larian untuk mencari “Teater 1 ” karena kami telah terlambat 10 menit. Setelah masuk, di dalamnya sudah penuh dengan penonton. Rata-rata penontonnya adalah anak SMA dan SMP, yaa tidak heran karena film-nya pun tentang kisah cinta remaja SMA. Kami pun de n gan seksama mencari nomor kursi kami yang berada di paling atas kiri teater . Setelah 30 menit film berjalan, aku merasa ingin buang kecil. Aku pun meminta Nisa, salah satu temaku , untuk menemani ke toilet namun ia menolak. Nampaknya ia terlalu tidak rela ketinggalan beberapa adegan manis dalam film yang berhasil membuat

Mau Ajukan Cicilan Uang Kuliah, Begini Caranya

Sapta AP - MeClub UB Jakarta - Bagi Sobat MeClub yang memiliki kesulitan memenuhi kewajiban pembayaran uang kuliah, meskipun dengan sistem pembayaran virtual account (VA), Kamu masih bisa mengajukan permohonan cicilan. Wakil Rektor Bidang Non-Akademik, Dr. Darminto, MBA, mengakui bahwa pada semester-semester sebelumnya, sejumlah mahasiswa sering mengajukan banyak variasi mengenai cicilan, seperti besaran pembayaran biaya pertama dan jumlah cicilan pembayaran. Saat ini sistem cicilan biaya kuliah sudah dibuat dengan cara yang lebih praktis dan lebih seragam. Secara umum, mahasiswa yang mengajukan cicilan pembayaran akan diberikan keringanan hanya untuk membayar BOP dan biaya registrasi sebagai pembayaran pertama. Darminto sendiri mengungkapkan bahwa pihak kampus akan melakukan negosiasi terkait besaran biaya pertama dan jumlah cicilan. "Untuk yang mendapat beasiswa Cemerlang, kalau misalnya dia mengajukan pembayaran pertama sebesar 4 juta sementara dia harus bay

E-Scooter : Fasilitas baru yang ada di GBK

Gelora bung karno (GBK) Senayan, Jakarta menjadi tempat terbaik untuk melepaskan kepenatan dengan melakukan aktivitas berolahraga bagi warga ibukota. Sejumlah fasilitas penunjang disediakan agar semua kalangan bisa menikmati waktu olahraganya dengan lebih nyaman. Selain itu, area Gelora Bung Karno selalu dipadati pengunjung untuk berolahraga, seperti lari pagi atau bersepeda.   Kalian bisa bersepeda keliling komplek GBK yang luasnya sekitar 67 hektar. Namun , ada lagi fasilitas baru yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung, yaitu skuter elektronik atau yang sering disebut dengan e-scooter .  Skuter elektris (secara internasional lebih dikenal sebagai  electric kick-scooters  atau  e-scooters ) merupakan skuter yang 100% digerakan dengan tenaga listrik, sehingga tidak memproduksi asap dan suara bising. Skuter elektris biasanya mempunyai satu roda di depan dan di belakang, dan terkadang skuter elektris juga didesain dengan tiga roda. Kecepatan skuter elektris biasanya 20 – 50 km/jam