Skip to main content

Tips Cepat Lulus untuk Mahasiswa Tingkat Akhir

(Sumber : belajar.io)

Setelah menjalani perkuliahan bertahun-tahun, tibalah saatnya kamu, para mahasiswa tingkat akhir untuk mengerjakan skripsi. Sebagai seorang mahasiswa tingkat akhir, sudah kewajibanmu untuk melakukan penelitian sebagai syarat kelulusan. Tidak sedikit yang mengeluh tentang beratnya beban skripsi, bahkan banyak pula yang tidak mampu menyelesaikan skripsinya tepat pada waktunya.


Bagi kamu yang sekarang sudah menjadi mahasiswa tingkat akhir, tentunya ingin cepat-cepat menyandang status sebagai sarjana. Berikut ini ada tips agar kamu dapat menyelesaikan perkuliahan dengan cepat dan tepat waktu:

1.      Sebutkan target waktu, kapan kamu mau lulus, dan buat deadline sendiri

(Sumber ; wwwbecomeablogger.com)

Merencanakan kapan mau lulus berkaitan dengan dua hal, pertama adalah tingkat kesulitan topik tugas akhir serta rencana pengerjaan skripsi. Kalau target lulusmu masih agak lama, maka wajar bila diberikan skripsi dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang pengerjaan waktunya lebih sedikit.

2.      Pilihlah tema penelitian yang kamu sukai dan pahami

(Sumber ; edumor)

Banyak mahasiswa tingkat akhir yang tidak menyukai topik skripsinya sendiri, biasanya dikarenakan topiknya ditentukan oleh dosen pembimbingmu dan kamu hanya menerima saja, atau karena asal pilih dan sekedar meniru kakak kelas.
Jangan lupa untuk siapkan beberapa alternatif topik dan judul skripsi untuk berjaga-jaga sewaktu-waktu skripsimu tidak bisa terealisasi.

3.      Cari dosen pembimbing yang sesuai dengan passion-mu dan rajinlah untuk bimbingan

(Sumber ; belajar.io)

Sebisa mungkin cari pembimbing yang mudah untuk ditemui dan stay di kampus. Kamu juga bisa berkomunikasi dengan dosen-dosen pengurus/pimpinan jurusan untuk menentukan hal ini.

4.      Jangan menunda-nunda

(Sumber ; Valensiuscalvin.com)

Biasanya skripsi dikerjakan pada semester-semester yang sudah tidak banyak memiliki beban kulaih. Ini dapat berdampak positif maupun negatif. Dampak positifnya adalah menjadi makin cepat mengerjakan skripsi karena banyaknya waktu luang. Dampak negatifnya adalah terlena dengan kenikmatan waktu luang untuk melakukan hal-hal yang tidak berhubungan dengan skripsi dan kuliahmu. Intinya adalah harus fokus dan berkomitmen serta bijak menentukan waktu dan target yang akan dicapai.

5.    Memulai itu berat, tapi kalau ‘mesin’mu sudah berputar, semakin cepat semakin ringan

(Sumber ; izwie.com)

Jika kamu kerjakan degan rajin dan fokus maka seterusnya akan lebih ringan. Jangan menunggu mood datang, karena mood tidak akan datang kalau kamu tunggu. Mood akan datang pada dirimu kalau kamu fokus dan berkonsentrasi untuk memulai mengerjakan skripsi-mu.

6.      Hilangkan gengsi untuk bertanya pada orang lain

(Sumber : leadgreatmeetings.com)

Selain mendownload jurnal-jurnal, mempelajari skripsi-skripsi kakak kelas, dan bahan bacaan lainnya, kamu juga harus sering bertanya dan berdiskusi dengan kakak kelas dan teman-temanmu. Jangan malu meminta waktu untuk bertemu dosen dan tentukan kerangka skripsimu.

7.      Terbiasalah dengan istilah “Revisi”

(Sumber : http://evadestrianti.blogspot.co.id)

Setelah selesai menulis skripsi secara keseluruhan, maka dosen pembimbing akan memeriksa hasil kerja mu. Saat seperti inilah kamu harus merevisi pekerjaan mu. Revisi bisa berupa hal kecil seperti format penulisan ataupun salah penulisan. Revisi juga bisa terjadi karena hal prinsip seperti kurangnya landasan teori atau kurangnya referensi.

8.      Semakin tumbuh keyakinan bahwa kamu akan jadi orang sukses.

(Sumber : Dream Ville)

Terapkan rumus : SUKSES = A x B x C x D
Attitude : Pantang menyerah dan tidak pernah mengeluh meratapi sesuatu.
Belajar dan Bekerja Keras : Tidak pernah merasa cukup pintar dan menghargai waktu serta dapat memanfaatkannya dengan bijak.
Creative : Melakukan hal-hal yang tidak dilakukan orang lain untuk mendapatan hasil yang tidak didapatkan oleh orang lain.
Doa dan Syukur : Kekuatan dari doa dan syukur yang ikhlas akan menuntaskan usaha dan perjuanganmu.

Nah, itu dia beberapa tips agar skripsi mu cepat selesai dan kamu bisa dengan cepat menyandang gelar sarjana yang selama ini kamu mimpi-mimpikan. Semangat terus mahasiswa tingkat akhir!


Penulis : Arum Tias Astiningsih
Editor  : Firstnanda Rindu Harini
Referensi : www.isigood.com

Comments

Popular posts from this blog

Wadaw! Akun Receh Twitter Ter-Goks Versi Meclub Online

Main Twitter hari gini udah gak asik?
WAH! Siapa bilang? Coba deh  follow akun-akun ini dulu.
Mungkin beberapa dari  kalian masih menganggap Twitter sudah tidak menyenangkan. Padahal dengan fitur Twitter yang sekarang, semakin banyak orang-orang yang kembali bercuitan di Twitter loh. 
Setelah beberapa tahun timeline Twitter agak sepi lantaran banyaknya model-model aplikasi sosial media seperti Path, Instagram dan Ask Fm. Tapi kamu masih bisa meramaikan lagi dan lebih menghibur lagi isi timelinemu dengan rekomendasi enam akun receh Twitter yang wajib untuk difollow. Penasaran?
1. @yeahmahasiswa
    2. @handokotjung Ide brilliant emang suka mengalir dengan sendirinya. Seperti halnya @handokotjung ini. Dia suka banget membuat  tweet receh bin nyeleneh. Yang membuat lebih terkejutnya lagi adalah tweetnya bisa menembus hingga 17 ribu retweet-an lhoo…. Amazing!

       3. @seterahdeh Emang paling terserah deh sama cuitannya di Twitter @seterahdeh  yang nyeleneh banget. Tapi entah mengapa, orang-oran…

Kenali Dunia Broadcasting Melalui Guest Lecturers

Kampus UB - Dalam rangka menerapkan tagline yang dimiliki oleh Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie yaitu Big Leap To The Real Experience, pada Kamis 18 Mei 2017 diadakan guest lecturer bersama salah satu stasiun televisi Indonesia yaitu ANTV.
Tema guest lecturer kali ini yaitu "Broadcast Yourself to be Real Broadcaster in Digital Age". Pembicara pada guest lecture kali ini yaitu Edi Cahyadi (Producer at Production ANTV) dan Riyo Nugroho (Spv. Program Director ANTV).
Guest lecture ini diikuiti oleh mahasiswa semester 2 Ilmu Komunikasi. Tujuan diadakannya acara tersebut yaitu agar para pesertanya dapat mengetahui bagaimana cara kerja di dunia broadcasting. Selain itu, menurut Ari Kurnia selaku salah satu dosen Ilmu Komunikasi, acara ini juga bertujuan untuk membantu mahasiswa/i dalam menentukan peminatan di semester 3 nanti. 

Berdasarkan pantauan Tim Liputan MeClub Online, antusias mahasiswa/i dalam mengikuti guest lecturer kali ini sangat luar biasa. Hal ini terlihat dari banyakn…

Sapta Agung Pratama, Presiden Baru MeClub Universitas Bakrie!

Sapta Agung Pratama, mahasiswa Jurnalistik dan Komunikasi Media Massa angkatan 2012 resmi menggantikan Ridwan Aji Pitoko, mahasiswa Jurnalistik dan Komunikasi Media Massa angkatan 2011 sebagai presiden MeClub Universitas Bakrie, Kamis (2/7). Terpilihnya Sapta, panggilan akrabnya, tak lepas dari banyaknya suara yang memilihnya sebagai presiden MeClub periode 2015-2016. Sapta pun menjadi presiden ketiga sepanjang sejarah MeClub Universitas Bakrie setelah Tri Wahyuni pada 2012-2013 dan Ridwan Aji Pitoko pada 2013-2015.
Sapta akan dibantu Nursita Sari selaku sekretaris jendral (sekjen) dalam memimpin MeClub. Sebelumnya, keduanya sudah tergabung dalam jajaran pengurus MeClub, yakni sebagai General Manager MecRadio dan General Manager MecOnline. Keduanya akan dibantu oleh anggota sebelumnya, yakni mahasiswa dan mahasiswi Jurnalistik dan Komunikasi Media Massa angkatan 2012, 2013, dan 2014.
Tugas pertama Sapta dan Nursita adalah membentuk jajaran pengurus MeClub yang baru untuk periode kepemim…