Popular Posts

Tuesday, August 22, 2017

Ayo Daftarkan Dirimu di Journalism Day 2017

Untuk kedua kalinya, MeClub Universitas Bakrie akan menggelar kembali "Journalism Day". Yup, program tahunan dengan konsep fun learning ini diperuntukkan bagi siswa/i SMA serta masyarakat umum yang ingin mengenal lebih dekat dunia jurnalistik.

Tahun ini Journalism Day dikemas dalam garis besar tema Multimedia Journalism. Tema “Capture All in One Click” merupakan wujud representasi dari media massa saat ini. Adanya platform multimedia membuat informasi menjadi mudah dan praktis untuk didapatkan dengan satu kali akses saja.

Journalism Day 2017 diselenggarakan untuk mengenalkan produksi maupun pola kerja di media massa. Sehingga, kegiatan ini dapat memberikan gambaran tentang pengelolaan media massa, serta efek media massa tersebut bagi audiens khususnya pada era multimedia seperti sekarang.

Selama dua hari penyelenggaraan, akan diadakan tiga rangkaian acara. Pada hari pertama, peserta akan mengikuti lomba dan workshop. Sementara di hari kedua akan diadakan tiga sesi seminar.

Masing-masing sesi seminar akan menghadirkan pembicara yang sekaligus merupakan praktisi ahli di bidang jurnalistik. Khususnya, para pembicara akan memberikan pandangan mereka mengenai lika-liku jurnalisme multimedia.

Berikut penjelasan tiap mata acara:

Lomba

Ada dua lomba yang diikuti para peserta sebagai salah satu privilege (keuntungan) mendaftarkan diri pada acara Journalism Day. Peserta bisa mencoba mengasah potensi diri dalam lomba membaca naskah lead berita dan live report vlogging. Lomba membaca naskah lead berita akan diadakan pada Jumat, 29 September 2017.

Sementara itu, lomba live report vlogging akan diselenggarakan pada Sabtu, 30 September 2017. Sebelum peserta melakukan lomba live report vlogging, peserta akan dibekali ilmu jurnalistik oleh praktisi ahli pada workshop di hari sebelumnya.
Workshop

Dengan tema “Learn The Secret From The Expert”, workshop ini akan menyajikan pelatihan singkat mengenai bagaimana melakukan live report vlogging. Pembicara pada mata acara workshop ini adalah Okky Irmanita, Reporter Kompas TV.

Seminar

Seminar pada Journalism Day 2017 akan dibagi menjadi 3 sesi. Ketiganya mengangkat tema besar Jurnalisme Multimedia dan diadakan pada hari Sabtu, 30 September 2017.

Sesi pertama seminar bertemakan “A Whole New World of Journalism” akan diisi oleh Wakil Redaktur Pelaksana Kompas.com, Heru Margianto, sebagai pembicara.

Sesi kedua seminar bertemakan “Multimedia Journalism: Multiperception and Ambiguism?” akan diisi oleh Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta, Ahmad Nurhasim.

Sesi ketiga seminar bertemakan “The New Way To See It All” akan diisi oleh Jurnalis Senior, Putra Nababan.

Tiga sesi seminar tersebut akan dipandu langsung oleh Reporter kanal Megapolitan Kompas.com, Ridwan Aji Pitoko, sebagai moderator.



Journalism Day akan dilaksanakan pada Jumat dan Sabtu, 29-30 September 2017, di Universitas Bakrie, Jl. HR Rasuna Said Kav C-22, Kuningan, Jakarta Selatan.

Pendaftaran peserta dapat dilakukan langsung melalui:
LINE Official Acc MeClub   : @UJK8234J atau
sms ke                                  : 0812-1849-2961
dengan format                       : (nama)_(asal universitas/sekolah)_(email)

Segera daftar dan dapatkan e-certificate. Acara ini GRATIS dan TERBUKA UNTUK UMUM!
Sampai jumpa di Journalism Day 2017!


Penulis: Lila Wisna Putri

0 comments:

Post a Comment