Popular Posts

Tuesday, March 20, 2018

Awal Mula Hingga Trend 'Perang Gambar'


Credit : Dokumentasi Tim Grafik

"Perang gambar" nampaknya masih menjadi trend dikalangan netizen Indonesia. Tidak sedikit dari netizen mengisi kolom komentar dengan menggunakan gambar atau meme dengan kata-kata nyeleneh, receh dan kocak namun itu yang menjadi ciri
khasnya. Bahkan kejadian yang serius pun banyak dibuat becandaan dalam bentuk meme, loh! Macam tiang listrik, Raisa, Haji Lulung, Film AADC dan masih banyak lagi.


Dari segi tema pun ada beragam jenisnya. Mulai dari percintaan, kegalauan, sindiran atas kelakuan netizen yang hobi nyinyir dan lebay, hingga menggunakan bahasa daerah. Saat ini, meme yang paling banyak bertebaran di media sosial adalah meme Wikihow. 

Sementara itu, Wikihow merupakan situs yang memberi informasi lewat ilustrasi tentang bagaimana cara melakukan sesuatu. Nah dari ilustrasi ini yang akhirnya banyak orang terinspirasi untuk membuat meme receh macam sekarang.

Dengan adanya fenomena meme, membuat netizen Indonesia semakin kreatif loh guys. Sebenarnya kamu tau gak sih awal mula terciptanya meme hingga terkenal sampai saat ini. Langsung aja yuk check this out.
Credit : Google.com

Meme pertama kali diperkenalkan oleh Richard Dawkins pada tahun 1976 melalui bukunya The Selfish Gene. Kata meme berasal dari bahasa Yunani
wimema yang berarti imitasi atau tiruan. Dawkins menggunakan istilah meme untuk menjelaskan penyebaran ide atau fenomena budaya. Selanjutnya kelahiran budaya terbentuk dari banyaknya replikator.

Dan sebelum trend meme wikihow, sudah banyak pendahulu-pendahulunya yang bertebaran di media sosial. Seperti, troll face, bitch please, bad luck brian, you don't say, me gusta, mad dog, true story, if you know what i mean, poker face dan masih banyak lagi yang lainnya. Apa kamu termasuk orang yang suka membalas komentar dengan meme? ^^


Penulis :  Rikha Rusmayanti
Grafik : Ellysa Herawati
Editor : Helvira Rosa

0 comments:

Post a Comment