Popular Posts

Tuesday, March 20, 2018

Instagram dan Snapchat Mencabut Integrasi Giphy Karena GIF Rasis.


GIF Rasis Muncul Saat Mencari Kata Kunci 'Crime'.

Credit : Dokumen Pribadi ( at Source)

Kalian udah tau belum nih kalau fitur DIF di Instagram sudah dihapus? 

Instagram dan Snapchat telah menghapus fitur stiker Giphy mereka setelah netizen menemukan GIF rasis yang dapat ditambahkan ke postingan Snaps atau Instastories.

Instagram dan Snapchat masing-masing menambahkan integrasi Giphy ke fitur Stories mereka di awal tahun 2018, yang memungkinkan pengguna dapat menambahkan GIF ke Stories mereka. GIF rasis dilaporkan muncul saat seseorang netizen mencari kata "Crime". GIF tersebut bertuliskan "N––– Crime Death Counter – Keep Cranking Bonzo, the Numbers Just Keep on Climbing!"

Snapchat berkata "Begitu kami menyadarinya, kami menghapus GIF tersebut dan telah menonaktifkan integrasi dengan Giphy sampai kami yakin ini tidak akan terjadi lagi ... sementara ini kami sedang menunggu pihak Giphy untuk mengatasinya."

GIF rasis yang sama juga ditemukan di Instagram, yang menunjukkan bahwa pihak Giphylah yang salah. Giphy tampaknya telah menghapus GIF tersebut karena tidak lagi tersedia di Instagram. Juru bicara Instagram berkata "Jenis konten ini tidak cocok di Instagram. Kami telah menghentikan integrasi dengan Giphy selagi mereka menyelidiki masalah ini."

Pernyataan resmi Snapchat adalah "Kami menghapus integrasi Giphy dari Snapchat sampai kami yakin bahwa ini tidak akan terjadi lagi."

Credit : Dokumen ( at Source)

Credit : Dokumen ( at Source)

Snapchat meluncurkan integrasi dengan Giphy pada tanggal 20 Februari sehingga netizen dapat meramaikan foto dan video mereka dengan gambar bergerak. Instagram membangun integrasi Giphy yang serupa pada 23 Januari.
Ini bukan kasus pertama Snapchat dengan konten rasis. Pada bulan Agustus 2016, Snapchat dikritik karena menciptakan augmented reality lens stereotip Asia yellowface yang memberi netizen efek mata sipit.

Snapchat juga menghadapi kritik yang meluas setelah merilis filter Bob Marley yang menurut netizen setara dengan "digital blackface " pada 20 April 2016 lalu.
Kontroversi muncul ketika Snapchat mempromosikan konsep Bob Marley pada tanggal 20 April, liburan ganja (Marijuana Holiday) yang kerap dikenal dengan nama 4/20. Netizen berpendapat bahwa hal itu juga menyinggung perasaan Bob Marley dengan mengasosiasikan dirinya dengan ganja tanpa menghormati warisan musikalnya.

Giphy adalah search engine dan database online yang memungkinkan netizen mencari dan berbagi file GIF. Blackface adalah bentuk make-up teater yang sebagian besar digunakan oleh pemain non-hitam untuk mewakili orang kulit hitam. Yellowface adalah praktik aktor kulit putih yang mengenakan make-up dan kostum yang berfungsi sebagai representasi dari orang Asia.

Netizen masih bisa mengunggah GIF ke Instagram dengan cara mengubah GIF menjadi video. Netizen hanya perlu mengulang animasi GIF hingga berdurasi lebih dari 3 detik dan di convert menjadi video. Setelah diunggah, Instagram akan memainkannya seperti GIF.

Penulis : AriaBagas
Editor : Helvira Rosa

Source:
https://www.theverge.com/2018/3/10/17103758/instagram-snapchat-racist-gif-giphy
https://www.theguardian.com/technology/2016/apr/20/snapchat-and-kylie-jenner-in-hot-water-over-blackface-filter
https://www.theguardian.com/technology/2016/aug/10/snapchat-racist-asian-filter-yellowface
https://techcrunch.com/2018/03/09/snapchat-removes-giphy-feature-due-to-racial-slur-gif/


0 comments:

Post a Comment