Popular Posts

Tuesday, March 27, 2018

Tertawa Dengan Lawakannya, Terpana Akan Akademisnya



Credit : Dokumentasi Tim Grafis


Pendidikan tak mengenal usia”, kalimat tersebut sepertinya cocok untuk membahas topik yang satu ini

Beberapa hari ini dunia komedi tanah air dikejutkan dengan kelulusan program S1 dari pemilik nama Alfiansyah atau yang kerap disapa Komeng pada 17 Maret 2018. Hmm mungkin inilah alasan dibalik jarangnya Komeng muncul di televisi. Lagi sibuk skripsi toh.

Tidak tanggung-tanggung, Komeng mendapat nilai A pada skripsinya yang berjudul “Pengaruh Disiplin dan Pemberdayaan terhadap Profesionalisme Anggota Persatuan Seniman Komedi Indonesia Jawa Barat”. 

Wah kerennya, tidak Cuma pintar menghibur orang dengan lawakannya. Tetapi juga punya nilai akademis yang membanggakan.

Kabar kelulusan Komeng datang dari Maman Suherman panelis Indonesia Lawak Klub (ILK) yang juga merupakan sahabat dari  Komeng. Pria yang sering disapa kang Maman menyebarkan informasi tersebut melalui akun twitter miliknya @maman1965.

Judul yang diambil pun memang tak jauh-jauh dari kehidupannya sebagai komedian. Komeng lulus program S1 di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tribuana, Bekasi, Jawa Barat dan diusia 48 tahun.

Di usia yang tak muda lagi dan sudah mempunyai kehidupan yang mapan. Nyatanya tak menyulutkan Komeng untuk mengejar pendidikan S1.

Alasan ia masih mengejar gelar sarjana diusia yang tidak muda lagi. Karena ia sudah berjanji pada diri sendiri untuk menyelesaikan pendidikannya suatu saat nanti. Hal itu yang kemudian menjadi motivasinya, menurutnya janji adalah hutang yang wajib dibayar walaupun hanya berjanji dengan diri sendiri.

Alasan lainnya, mendiang ibunya dulu sering bertanya ‘kapan wisuda? kepada Komeng. Namun saat itu pertanyaan tersebut belum bias ia jawab, bahkan hingga adik-adiknya lulus sarjana. Namun saying disaat ia sudah bias menjawab pertanyaan tersebut, ibunya sudah tiada.

Eh tapi, bagaimana ya suasana saat seorang komedian sedang siding skripsi? Kalian penasaran kan sama skripsinya bang Komeng? Kira-kira dibagian mana ya, dia menempatkan kata ‘uhuy’ diskripsinya?





Penulis : Rikha Rusmayanti
Grafis : Rikha Rusmayanti
Editor : Helvira Rosa

0 comments:

Post a Comment