Popular Posts

Thursday, May 10, 2018

5 Cara Ampuh Menahan Lapar Saat Berpuasa


Credit: Indira Nurhaliza

           Bulan suci Ramadan adalah bulan yang dinantikan oleh umat muslim di seluruh dunia. Dalam bulan yang penuh berkah ini puasa adalah saat-saat yang berat buat kamu yang hobinya makan. Karena mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari kita akan menahan diri untuk tidak makan ataupun minum. 

           Panasnya Jakarta seolah menambah beban kita untuk berpuasa, apalagi buat kalian yang punya kebiasaan berburu makanan enak setiap harinya, tapi marooners tidak usah khawatir! Karena kita akan membagikan 5 cara ampuh untuk menahan lapar saat puasa untuk kamu yang sering gagal melawan lapar dan haus selama puasa.


      1. Jangan Sia-Siakan Waktu Sahur

Credit: redbooth.com
           Buat kalian yang punya kebiasaan makan saat detik –detik mau imsak, ayo diubah! Usahakan jangan sampai sangat mepet dengan waktu imsak ya, karena makan dengan terburu-buru malah akan membut kalian merasa lebih lapar saat pagi hari.

     2.  Memilih Menu Makanan Yang Tepat Saat Sahur


 
Credit: quickanddirtytips.com

        Memilih makanan yang tepat akan membuat perut kenyang lebih lama. Hindari konsumsi makanan berbahan karbohidrat karena akan membuatmu semakin mudah lapar. Sebaliknya, makanan kaya protein seperti telur, dada ayam atau gandum akan membuat kenyang lebih lama ketika puasa Ramadhan. 

       3.  Banyak Minum Air

Credit: herbsatwork.com

         Puasa itu tidak berarti kamu mengurangi asupan cairan ke tubuh. Meskipun jam makanmu tidak sebanyak biasanya, pastikan asupan cairan yang kamu konsumsi sama seperti hari-hari saat sedang tidak puasa. Tubuh kita tetap butuh minimal 2 liter air per hari. Untuk memastikan asupan cairan ke tubuh selalu cukup, terapkan saja sistem 242. Ini artinya, kamu harus minum 2 gelas air putih saat buka puasa, 4 gelas air putih di antara jam makan malam sampai mau tidur, dan 2 gelas air putih waktu sahur. Dengan begitu kamu bisa menahan lapar saat puasa dan terhindar dari dehidrasi.

       4. Tidur Cukup & Batasi Aktivitas


          Kalau tips yang satu ini ibaratnya wajib dilakukan demi bisa menahan lapar saat puasa. Tidak perlu ragu untuk menyisihkan waktu buat tidur siang karena dengan tidur, kamu juga bisa mendapat pahala selama puasa. Saat tidur, tubuh kamu otomatis membatasi aktivitas yang bikin badan cepat lelah. Selain itu, rasa lapar juga akan tidak terasa selama tidur. Namun tetap ingat ya, meski tidur adalah ibadah, ini bukan berarti kamu boleh bermalas-malasan seharian. Berikan porsi waktu yang seimbang untuk tidur dan melakukan kegiatan lainnya.


      5.  Meditasi

        Berpuasa juga bisa dijadikan alat untuk kamu bermeditasi. Meditasi merupakan salah satu cara untuk melawan rasa lapar selama kamu puasa. Jika kamu rutin melakukan meditasi saat puasa, maka efeknya akan memberikan rasa lebih santai dan tenang dalam diri. Hal ini juga bisa menjadikan kamu lebih menikmati proses puasa selama seharian, sehingga tidak menjadikan puasa sebagai beban.


      Nah tidak sulit kan untuk menahan lapar saat berpuasa, tapi ingat ya jangan jadikan puasa untuk bermalas-malasan ^^))




Penulis: Indira Nurhaliza
Editor: Helvira Rosa

0 comments:

Post a Comment