Skip to main content

8 Makanan Unik untuk Berbuka Puasa dari Indonesia dan Berbagai Negara

        Hallo Marooners sebentar lagi bulan puasa nih! Udah siapin belum menu apa aja yang bakal nemenin kamu buka puasa nanti? Menu buka puasa yang khas selain Kurma dan Kolak banyak banget loh, selain di Indonesia ada juga menu unik untuk berbuka puasa di berbagai negara. Mau tau apa aja? Yuk simak!


1. Kue Asidah – Makanan Unik Khas Maluku

Credit: https://www.timurtimes.com/2018/03/kue-asidah-makanan-khas-maluku-yang-lezat.html
Kue Asidah adalah kue yang sangat digemari oleh masyarakat Maluku. Makanan manis ini awalnya diperkenalkan oleh orang Arab yang berdagang menyebarkan agama Islam di Nusantara kepada masyarakat Melayu yang kemudian menyebarkannya ke seluruh lapisan masyarakat.

Kue Asidah ini merupakan kuliner khas yang sering dijual pada bulan Ramadhan dengan harga yang relatif murah loh. Masyarakat Maluku bisa menemukannya di tenda-tenda kue pinggir jalan pada pukul 15.00 WIT atau menjelang waktu buka puasa.


       2. Kicak – Makanan Unik Khas Yogyakarta

Credit: https://www.kompasiana.com/wardhanahendra/mencicipi-kicak-takjil-legendaris-khas-ramadhan-yogyakarta_552a2deef17e615668d623da
          Kicak atau takjil khas asli dari Kauman, Yogyakarta, ini merupakan makanan yang ada setiap bulan Ramadhan tiba. Meskipun tampilannya yang sederhana, kicak sangat digemari oleh selera lidah masyarakat Yogyakarta. Kicak terbuat dari beras ketan yang dicampur daengan gula pasir lalu diberi taburan kelapa parut membuat perpaduan rasa yang nikmat untuk menu berbuka puasa.


      3. Ketan Bintul – Makanan Unik Khas Banten

Credit: https://www.sumber.com/jalan-jalan-kuliner/banten/kuliner-banten/sumber/ketan-bintul.html
       Ketan Bintul yaitu ketan yang disajikan dengan taburan serundeng diatasnya. Menu ini merupakan makanan favorit para Sultan. Makanan khas Banten ini umumnya ditemui pada saat Ramadhan sebagai sajian berbuka puasa. Adapaun kepercayaan masyarakat Banten yaitu bila berbuka puasa dengan Ketan Bintul, mereka seolah-olah menghargai dan menghormati para Sultan Banten. 


      4. Pisang Ijo – Makanan Unik Khas Makassar

Credit: https://lifestyle.okezone.com/read/2017/06/05/298/1708151/food-story-alkisah-es-pisang-ijo-khas-makassar-yang-rasanya-menggoyang-lidah
         Bagi masyarakat Makassar tak lengkap rasanya bila berbuka puasa tanpa ditemani dengan Pisang Ijo. Pisang Ijo ini terbuat dari pisang kukus yang dibalut dengan kulit dadar berwarna hijau, lalu disajikan dengan kuah kental yang berasal dari olahan santan dan disiram dengan sirup berwarna untuk memperlezat rasanya.
                
            Dikutip dari Okezone.com, es Pisang Ijo yang berwarna hijau memiliki arti sendiri bagi orang Bugis, Makassar. Warna hijau yang dilambangkan sebagai keanggunan dan merupakan warna sakral, sedangkan dari sisi psikologi yaitu memberikan rasa nyaman dan damai.


5. Pide – Makanan Unik Khas Turki

Credit: https://nz.junkfreejune.org/recipes-and-blog/recipes/roses-turkish-pide
Beralih pada makanan khas bulan Ramadhan di berbagai negara. Pide adalah makan tradisional Turki yang mirip dengan pizza. Roti pide ini pun memiliki topping yang bervariasi, yaitu bisa menggunakan daging giling, sosis, telur dan lainnya. Roti Pide juga hanya dijual pada saat bulan ramadhan saja dengan rasanya yang tak kalah dengan pizza dijamin membuat kamu kenyang saat menyantapnya sebagai menu berbuka puasa nanti. 


      6. Ful Madames – Makanan Unik Khas Mesir

Credit: https://food.detik.com/info-sehat/d-2798310/ful-madames-bubur-kacang-yang-jadi-menu-sarapan-orang-mesir

Ful Madames adalah bubur khas dari Mesir yang terbuat dari kacang fava tumbuk yang dipadukan dengan sayuran seperti buncis dan tomat. Selain itu, lemon, bawang putih serta saus tahini lalu pelengkap telur rebus, minyak ziatun dan bubuk cabai membuat kelezatan ful madames menjadi semakin nikmat.
Dikutip dari food.detik.com, kacang fava kaya akan zat gizi karena mereka tidak mengandung lemak jenuh serta tinggi akan serat, thiamin, vitamin K, vitamin B6, kalium dan zat besi. Kacang ini juga kaya akan protein yang sangat baik untuk membentuk jaringan tubuh.


     7.  Nasi Briyani – Makanan Unik Khas Singapura

Credit: http://officefoodtruck.com/product/nasi-briyani/
           Nasi Briyani ini bukanlah asli berasal dari Singapura, melainkan pengaruh dari budaya lain yaitu India. Nasi Briyani ini berbahan utama dari nasi basmati yaitu nasi berbulir panjang dan empuk, meskipun terlihat pera, tetapi nasi ini pulen saat dikunyah. Nasi ini beraroma klabet, kunyit dan rempah lainnya yang terasa pas dan lezat, apalagi sangat cocok bila disajikan dengan daging ayam atau daging domba yang gurih dan lembut.


      8. Fesenjan – Makanan Unik Khas Iran

Credit: http://travel.tribunnews.com/2017/06/22/fesenjan-makanan-khas-ramadhan-di-iran-yang-kaya-rasa

             Fesenjan hidangan Ramadhan ini merupakan makanan khas dari Iran. Fesenjan atau yang juga dikenal dengan nama khoresh-e fesenjan atau fesenjoon menjadi hidangan istimewa khas Ramadhan di negara Persia, terutama Iran dan Irak. Makanan ini dimasak dengan saus delima merah dan kacang walnut, dengan menggunakan daging bebek atau ayam, lalu sausnya yang kental dan kaya rasa cenderung memiliki rasa manis dan asam. Makanan ini sering dihidangkan bersama dengan polo atau chelo yaitu nasi putih khas negara Persia.



Penulis: Rafida Ulfa
Editor: Helvira Rosa
Sumber:

Comments

Popular posts from this blog

Wadaw! Akun Receh Twitter Ter-Goks Versi Meclub Online

Main Twitter hari gini udah gak asik?
WAH! Siapa bilang? Coba deh  follow akun-akun ini dulu.
Mungkin beberapa dari  kalian masih menganggap Twitter sudah tidak menyenangkan. Padahal dengan fitur Twitter yang sekarang, semakin banyak orang-orang yang kembali bercuitan di Twitter loh. 
Setelah beberapa tahun timeline Twitter agak sepi lantaran banyaknya model-model aplikasi sosial media seperti Path, Instagram dan Ask Fm. Tapi kamu masih bisa meramaikan lagi dan lebih menghibur lagi isi timelinemu dengan rekomendasi enam akun receh Twitter yang wajib untuk difollow. Penasaran?
1. @yeahmahasiswa
    2. @handokotjung Ide brilliant emang suka mengalir dengan sendirinya. Seperti halnya @handokotjung ini. Dia suka banget membuat  tweet receh bin nyeleneh. Yang membuat lebih terkejutnya lagi adalah tweetnya bisa menembus hingga 17 ribu retweet-an lhoo…. Amazing!

       3. @seterahdeh Emang paling terserah deh sama cuitannya di Twitter @seterahdeh  yang nyeleneh banget. Tapi entah mengapa, orang-oran…

E-Scooter : Fasilitas baru yang ada di GBK

Gelora bung karno (GBK) Senayan, Jakarta menjadi tempat terbaik untuk melepaskan kepenatan dengan melakukan aktivitas berolahraga bagi warga ibukota. Sejumlah fasilitas penunjang disediakan agar semua kalangan bisa menikmati waktu olahraganya dengan lebih nyaman. Selain itu, area Gelora Bung Karno selalu dipadati pengunjung untuk berolahraga, seperti lari pagi atau bersepeda.  Kalian bisa bersepeda keliling komplek GBK yang luasnya sekitar 67 hektar. Namun, ada lagi fasilitas baru yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung, yaitu skuter elektronik atau yang sering disebut dengan e-scooter
Skuter elektris (secara internasional lebih dikenal sebagai electric kick-scooters atau e-scooters) merupakan skuter yang 100% digerakan dengan tenaga listrik, sehingga tidak memproduksi asap dan suara bising. Skuter elektris biasanya mempunyai satu roda di depan dan di belakang, dan terkadang skuter elektris juga didesain dengan tiga roda. Kecepatan skuter elektris biasanya 20 – 50 km/jam, tetapi terda…

Larang Mahasiswanya Kenakan Almet Saat Unjuk Rasa, Edaran Senat UB Tuai Pro Kontra

Sumber foto: Thearyaten
Jakarta, 25 September 2019 – Senat Universitas Bakrie mengumumkan pelarangan bagi mahasiswa/i Universitas Bakrie untuk melakukan aksi demo di DPR kemarin dengan mengenakan almamater kampus. Hal ini disampaikan dalam unggahan Instagram @senatub yang diunggah pada Senin, (23/9).
Sumber: Intagram.com/senatub
“Diberitahukan kepada seluruh Mahasiswa Universitas Bakrie bahwa Jas Almamater tidak boleh digunakan untuk kegiatan demonstrasi di gedung DPR RI pada tanggal 24 September 2019 sebagaimana yang tertera pada SOP Penggunaan Jas Almamater pada Pasal 10 poin A. Pihak Kampus Universitas Bakrie memberikan sanksi berupa pengeluaran (DROP OUT). Maka dari itu, jika tetap ingin tetap berpartisipasi turunlah atas nama rakyat dan mahasiswa tanpa membawa/mengenakan atribut identitas Universitas Bakrie.” bunyi siaran pers/press release Senat Universitas Bakrie.
Sumber: Intagram.com/senatub
Jika dilihat dari penjelasan yang ada di slide ke-2 gambar dalam unggahan tersebut, laranga…