Skip to main content

Aman Dari Bom Bunuh Diri #KAMIMUAK

Credit: twitter.com/F2aldi
Ibu Pertiwi sedang bersusah hati. Tidak lagi air mata berlinang, tetapi sudah membanjiri tanah Indonesia. Ia kerap kali mengalami kesusahan untuk menyeka air mata yang terus mengalir lantaran negeri ini sedang dilanda oleh gemuruh suara kencang yang dengan paksa mengambil anak-anaknya.

Selama dua hari berturut-turut, Indonesia dibuat sibuk dengan pengeboman yang terjadi di Surabaya dan Sidoarjo dari hari Minggu, 13 Mei 2018, sampai Senin, 14 Mei 2018. Berikut pemetaan pengebomannya:

1. Pengeboman di Gereja Katolik Santa Maria Tak Bercela, Surabaya, pada Minggu, 13 Mei 2018, pukul 07:13 WIB yang menewaskan tujuh orang
2. Pengeboman di Gereja Kristen Indonesia Diponegoro, Surayabaya, pada Minggu, 13 Mei 2018, pukul 07:50 WIB yang menewaskan tiga orang
3. Pengeboman di Gereja Pantekosta Pusat Surabaya Jemaat Sawahan pada Minggu, 13 Mei 2018, pukul 08:00 WIB yang menewaskan tiga orang
4. Pengeboman di Rusunawa Wonocolo, Sidoarjo, pada Minggu, 13 Mei 2018, pukul 21:15 WIB
5. Pengeboman di Mapolrestabes Surabaya pada Senin, 14 Mei 2018, pukul 08:50 WIB

Pengeboman yang terjadi secara tiba-tiba yang menewaskan dan memberi luka terhadap banyak orang pun memunculkan pertanyaan. Apakah esok hari dan seterusnya masyarakat dapat selamat dan menghindari pelaku bom bunuh diri?

Pertanyaan tersebut mendapat jawaban dari sebuah tulisan di Twitter dalam thread berjudul “[Thread – Mengamankan Diri Bom Bunuh Diri] By Pak Tulus Widodo , [Grup WAG TIKAD]” yang diunggah oleh seorang netizen dengan username @F2aldi (selanjutnya Naufaldi). Dalam tulisan tersebut, Naufaldi menyebarluaskan sebuah informasi dari seseorang bernama Tulus Widodo tentang  cara bagaimana masyarakat mengamankan diri dari pelaku bom bunuh diri.

Pengamanan ini tidak berlaku hanya di tempat-tempat umum seperti mall, tetapi juga dalam gedung, perkantoran, kantor polisi, rumah sakit, bahkan sekolah. Tahap pertama dalam pengamanan tersebut, anda harus cekatan dalam memperhatikan keadaan sekitar. Setiap kali mendatangi suatu tempat, jangan lupa untuk cari tahu dan mengingat pintu keluar darurat terdekat.

Dalam kondisi-kondisi tertentu yang mungkin akan membuat anda panik, sebaiknya tetap tenang agar dapat berpikir dengan jernih. Jangan sampai anda ikut panik dan jadi lupa akan jalan menuju pintu darurat. Apabila dalam keadaan tersebut tiba-tiba terdengar teriakan-teriakan do’a yang tidak lazim dalam situasi yang tidak wajar, sebaiknya segera berhati-hati.

Jika teriakan tersebut terdengar jauh dari tempat anda berada (sekitar kurang lebih 30 meter), sebaiknya lari secepat mungkin. Namun jika teriakan itu terdengar dekat atau sangat dekat, lebih baik segera menunduk dan merebahkan diri ke lantai sembari melindungi kepala anda.

“Kok kalau dekat malah nunduk sih?” Hal tersebut disarankan karena pecahan-pecahan yang ada dalam bom akan menyasar dari area setinggi pinggang ke atas, sesuai tinggi rompi atau ransel bom. Apabila jarak anda dekat tetapi anda lari, maka anda akan terkena pecahan-pecahan tersebut. Kecil kemungkinan pecahan-pecahan tersebut akan memantul ke arah bawah.

Secara umum, pecahan-pecahan tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut:
1. 0 – 50 meter adalah mematikan
2. 50 – 150 meter adalah melukai
3. Kecepatan pecahan ledakan kurang lebih 850 KM/jam
4. Sudut pecahan dari titik ledak mengarah ke atas kurang lebih membentuk sudut pecahan 90 derajat
5. Tekanan ledakan 90 % mengarah ke atas dengan membentuk penyebaran sudut elevasi 90 derajat, sedangkan 10 % tekanan ledakan ke bawah

Dengan demikian, masyarakat Indonesia harus tetap waspada dengan lingkungan sekitar. Semoga dengan dibagikannya informasi di atas dapat membantu mengurangi jatuhnya korban-korban di masa yang akan datang!
#KamiTidakTakut #KamiMuak



Catatan: Informasi tersebut sudah diizinkan oleh Naufaldi untuk disebarluaskan oleh MeClub Online



Editor: Nabilla Ramadhian
Sumber: Twitter, Tirto.id, dan Mojok.co

Comments

Popular posts from this blog

E-Scooter : Fasilitas baru yang ada di GBK

Gelora bung karno (GBK) Senayan, Jakarta menjadi tempat terbaik untuk melepaskan kepenatan dengan melakukan aktivitas berolahraga bagi warga ibukota. Sejumlah fasilitas penunjang disediakan agar semua kalangan bisa menikmati waktu olahraganya dengan lebih nyaman. Selain itu, area Gelora Bung Karno selalu dipadati pengunjung untuk berolahraga, seperti lari pagi atau bersepeda.  Kalian bisa bersepeda keliling komplek GBK yang luasnya sekitar 67 hektar. Namun, ada lagi fasilitas baru yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung, yaitu skuter elektronik atau yang sering disebut dengan e-scooter
Skuter elektris (secara internasional lebih dikenal sebagai electric kick-scooters atau e-scooters) merupakan skuter yang 100% digerakan dengan tenaga listrik, sehingga tidak memproduksi asap dan suara bising. Skuter elektris biasanya mempunyai satu roda di depan dan di belakang, dan terkadang skuter elektris juga didesain dengan tiga roda. Kecepatan skuter elektris biasanya 20 – 50 km/jam, tetapi terda…

Wadaw! Akun Receh Twitter Ter-Goks Versi Meclub Online

Main Twitter hari gini udah gak asik?
WAH! Siapa bilang? Coba deh  follow akun-akun ini dulu.
Mungkin beberapa dari  kalian masih menganggap Twitter sudah tidak menyenangkan. Padahal dengan fitur Twitter yang sekarang, semakin banyak orang-orang yang kembali bercuitan di Twitter loh. 
Setelah beberapa tahun timeline Twitter agak sepi lantaran banyaknya model-model aplikasi sosial media seperti Path, Instagram dan Ask Fm. Tapi kamu masih bisa meramaikan lagi dan lebih menghibur lagi isi timelinemu dengan rekomendasi enam akun receh Twitter yang wajib untuk difollow. Penasaran?
1. @yeahmahasiswa
    2. @handokotjung Ide brilliant emang suka mengalir dengan sendirinya. Seperti halnya @handokotjung ini. Dia suka banget membuat  tweet receh bin nyeleneh. Yang membuat lebih terkejutnya lagi adalah tweetnya bisa menembus hingga 17 ribu retweet-an lhoo…. Amazing!

       3. @seterahdeh Emang paling terserah deh sama cuitannya di Twitter @seterahdeh  yang nyeleneh banget. Tapi entah mengapa, orang-oran…

Larang Mahasiswanya Kenakan Almet Saat Unjuk Rasa, Edaran Senat UB Tuai Pro Kontra

Sumber foto: Thearyaten
Jakarta, 25 September 2019 – Senat Universitas Bakrie mengumumkan pelarangan bagi mahasiswa/i Universitas Bakrie untuk melakukan aksi demo di DPR kemarin dengan mengenakan almamater kampus. Hal ini disampaikan dalam unggahan Instagram @senatub yang diunggah pada Senin, (23/9).
Sumber: Intagram.com/senatub
“Diberitahukan kepada seluruh Mahasiswa Universitas Bakrie bahwa Jas Almamater tidak boleh digunakan untuk kegiatan demonstrasi di gedung DPR RI pada tanggal 24 September 2019 sebagaimana yang tertera pada SOP Penggunaan Jas Almamater pada Pasal 10 poin A. Pihak Kampus Universitas Bakrie memberikan sanksi berupa pengeluaran (DROP OUT). Maka dari itu, jika tetap ingin tetap berpartisipasi turunlah atas nama rakyat dan mahasiswa tanpa membawa/mengenakan atribut identitas Universitas Bakrie.” bunyi siaran pers/press release Senat Universitas Bakrie.
Sumber: Intagram.com/senatub
Jika dilihat dari penjelasan yang ada di slide ke-2 gambar dalam unggahan tersebut, laranga…