Popular Posts

Tuesday, May 22, 2018

Antara FIFA dan PES: Yang Mana?

Credit: trustedreviews.com
Industri gim sepak bola benar-benar menjadi industri yang bisa membuat persaingan sehat dalam industri. Industri gim terbesar di dunia, FIFA dan PES, memiliki inovasi masing-masing dalam mengembangkan karya mereka.

Kedua industri tersebut berlomba-lomba dalam menggaet brand ambassador supaya menarik minat para pemain gim di dunia. Baik FIFA ataupun PES memiliki kekurangan dan kelemahan. Namun, agaknya FIFA kali ini lebih unggul dari segi lisensi setiap klub peserta, Liga Top Eropa dan stadion dengan nuansa modern juga banyak.

Dibandingkan dengan PES, tidak semua klub di Liga Top Eropa memiliki lisensi.

“Untuk saat ini pemainnya juga didominasi oleh FIFA, banyak pemain PES yang beralih ke FIFA karena FIFA lebih banyak memegang lisensi klub,” ujar Gangga, seorang pengguna PlayStation 4, ketika ditemui di Jakarta, Senin (21/5/2018).

Satu keunggulan PES yang mencolok adalah gim tersebut terlisensi oleh The Union of European Football Associations (UEFA), namun kabarnya tahun ini UEFA mengakhiri kerja samanya dengan PES dan kemungkinan besar lisensi UEFA akan diakusisi oleh FIFA.

Jadi, bagaimana? Semua tergantung kalian. Selama tujuannya sama-sama untuk mencetak gol, tidak ada perdebatan mana yang lebih baik antara FIFA dan PES.



Penulis: Irfandy Ajidharma
Editor: Nabilla Ramadhian

0 comments:

Post a Comment