Skip to main content

KUMIS: Jalan-Jalan 'Keluar Badan'

Grafik oleh Nabilla Ramadhian

Credit: google.com
Ada yang masih ingat dengan film ‘Doctor Strange’ dari Marvel Studios? Di dalam film tersebut terdapat berbagai adegan dimana roh mereka terpisah dari badan fisik mereka untuk melakukan berbagai hal. Salah satu adegan yang sangat berkesan adalah saat Ancient One mengeluarkan roh Stephen Strange dengan memukul dadanya.

Fenomena tersebut bernama proyeksi astral atau Astral Projection. Kelihatannya keren, bukan? Kalian dapat berpetualang tanpa batasan fisik. Namun pertanyaan yang muncul setelah melihat film tersebut adalah apa itu astral projection dan apakah kita bisa melakukannya.


Pendahuluan
Kalau kalian tahu tentang pelajaran dan praktik yoga dan meditasi, konsep bahwa setiap makhluk hidup terdiri atas beberapa lapisan mungkin tidak asing bagimu. Misalnya, ajaran Kundalini Yoga mengajarkan keberadaan Sepuluh Tubuh: tubuh fisik, tiga tubuh mental, dan enam badan energi.

Contoh lainnya adalah orang Mesir Kuno percaya bahwa tubuh fisik berfungsi sebagai rumah sementara yang disebut ‘Ka’, dan semua mahluk hidup mempunyai kekuatan hidup yang kekal atau jiwa yang disebut ‘Ba’.

Walaupun ada banyak variasi dalam nama, bentuk, dan makna spiritual dari lapisan-lapisan tersebut, kesamaan dari mereka semua adalah lapisan-lapisan ini sebenarnya dapat dipisahkan melalui pengalaman di luar tubuh atau Out of Body Experience.


Apa Itu Out of Body Experience dan Astral Projection?
Out of Body Experience, atau dikenal sebagai OBE, biasanya dibagi ke dalam beberapa kategori yang sering dibicarakan. Misalnya, pengalaman hampir mati, dimana orang melaporkan dapat meninggalkan dan kembali ke tubuh mereka pada waktu trauma atau sakit. Contoh lainnya adalah ‘Lucid Dreaming’ atau mempunyai kesadaran pada saat bermimpi.

Astral Projection merupakan contoh yang paling kuat dan merupakan salah satu bentuk OBE yang paling mistis dan membingungkan. Astral Projection adalah fenomena dimana jiwa seseorang terpisah dari tubuh fisik mereka secara sengaja. Dengan meninggalkan tubuh fisik, tubuh halus atau astral mereka dapat melayang dan mengamati lingkungan luar dan melintasi seluruh dunia, melampaui rentang ruang dan waktu.

Mereka yang berlatih dalam Astral Projection sangat sadar tentang lepasnya jiwa atau tubuh astral mereka dari bentuk fisik mereka, serta mengetahui cara membawa jiwa seseorang kembali ke tubuhnya. Seiring berjalannya waktu, beberapa metode Astral Projection berhasil terungkap dan telah terbukti aman dan efektif.


Bagaimana Cara Melakukan Astral Projection?
Untuk kalian yang penasaran ingin mencoba Astral Projection, ada berbagai cara untuk melakukannya. Sebelum melakukan Astral Projection, pastikan kalian berada di dalam ruangan tertutup yang nyaman kalian diami untuk beberapa saat agar bisa melakukan relaksasi.

Berikut merupakan salah satu metode paling sederhana untuk berlatih melakukan Astral Projection:
1. Lemaskan tubuh fisik dengan memvisualisasikan setiap otot. Rileks.
2. Dari ruang relaksasi Anda, masukkan keadaan vibrasi. Maksud dari langkah ini adalah bayangkan badan untuk bergetar, bukan menggetarkan badan seperti ponsel, hehe.
3. Bayangkan sebuah tali tergantung di atas Anda.
4. Menggunakan tubuh astral, coba untuk berpegang pada tali dengan kedua tangan. Tubuh fisik tetap benar-benar santai.
5. Mulailah memanjat tali, naikan tangan, sambil memvisualisasikan mencapai langit-langit.
6. Setelah menyadari sudah keluar dari tubuh fisik secara penuh, kalian dapat menjelajahi ruangan relaksasimu.


Penutup
Setelah melakukan langkah-langkah di atas, kalian bisa menjelajahi berbagai tempat menggunakan tubuh Astralmu. Rahasia agar mahir hanyalah dengan terus berlatih dan percaya.

Berbicara tentang percaya atau tidak, banyak praktisi Astral Projection awam yang takut badannya akan dirasuki roh-roh selain miliknya. Sebenarnya hal-hal seperti tidak akan terjadi jika kalian percaya kalau kalian aman. Sebelum melakukan Astral Projection, jangan tonton film ‘Insidious’ ya! Nanti tidak bisa rileks, dan malah Sleep Paralysis, hihihi...



Penulis: Ariabagas Prabangkara
Editor: Nabilla Ramadhian
Sumber: Gaia

Comments

Popular posts from this blog

Wadaw! Akun Receh Twitter Ter-Goks Versi Meclub Online

Main Twitter hari gini udah gak asik?
WAH! Siapa bilang? Coba deh  follow akun-akun ini dulu.
Mungkin beberapa dari  kalian masih menganggap Twitter sudah tidak menyenangkan. Padahal dengan fitur Twitter yang sekarang, semakin banyak orang-orang yang kembali bercuitan di Twitter loh. 
Setelah beberapa tahun timeline Twitter agak sepi lantaran banyaknya model-model aplikasi sosial media seperti Path, Instagram dan Ask Fm. Tapi kamu masih bisa meramaikan lagi dan lebih menghibur lagi isi timelinemu dengan rekomendasi enam akun receh Twitter yang wajib untuk difollow. Penasaran?
1. @yeahmahasiswa
    2. @handokotjung Ide brilliant emang suka mengalir dengan sendirinya. Seperti halnya @handokotjung ini. Dia suka banget membuat  tweet receh bin nyeleneh. Yang membuat lebih terkejutnya lagi adalah tweetnya bisa menembus hingga 17 ribu retweet-an lhoo…. Amazing!

       3. @seterahdeh Emang paling terserah deh sama cuitannya di Twitter @seterahdeh  yang nyeleneh banget. Tapi entah mengapa, orang-oran…

Kenali Dunia Broadcasting Melalui Guest Lecturers

Kampus UB - Dalam rangka menerapkan tagline yang dimiliki oleh Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie yaitu Big Leap To The Real Experience, pada Kamis 18 Mei 2017 diadakan guest lecturer bersama salah satu stasiun televisi Indonesia yaitu ANTV.
Tema guest lecturer kali ini yaitu "Broadcast Yourself to be Real Broadcaster in Digital Age". Pembicara pada guest lecture kali ini yaitu Edi Cahyadi (Producer at Production ANTV) dan Riyo Nugroho (Spv. Program Director ANTV).
Guest lecture ini diikuiti oleh mahasiswa semester 2 Ilmu Komunikasi. Tujuan diadakannya acara tersebut yaitu agar para pesertanya dapat mengetahui bagaimana cara kerja di dunia broadcasting. Selain itu, menurut Ari Kurnia selaku salah satu dosen Ilmu Komunikasi, acara ini juga bertujuan untuk membantu mahasiswa/i dalam menentukan peminatan di semester 3 nanti. 

Berdasarkan pantauan Tim Liputan MeClub Online, antusias mahasiswa/i dalam mengikuti guest lecturer kali ini sangat luar biasa. Hal ini terlihat dari banyakn…

Sapta Agung Pratama, Presiden Baru MeClub Universitas Bakrie!

Sapta Agung Pratama, mahasiswa Jurnalistik dan Komunikasi Media Massa angkatan 2012 resmi menggantikan Ridwan Aji Pitoko, mahasiswa Jurnalistik dan Komunikasi Media Massa angkatan 2011 sebagai presiden MeClub Universitas Bakrie, Kamis (2/7). Terpilihnya Sapta, panggilan akrabnya, tak lepas dari banyaknya suara yang memilihnya sebagai presiden MeClub periode 2015-2016. Sapta pun menjadi presiden ketiga sepanjang sejarah MeClub Universitas Bakrie setelah Tri Wahyuni pada 2012-2013 dan Ridwan Aji Pitoko pada 2013-2015.
Sapta akan dibantu Nursita Sari selaku sekretaris jendral (sekjen) dalam memimpin MeClub. Sebelumnya, keduanya sudah tergabung dalam jajaran pengurus MeClub, yakni sebagai General Manager MecRadio dan General Manager MecOnline. Keduanya akan dibantu oleh anggota sebelumnya, yakni mahasiswa dan mahasiswi Jurnalistik dan Komunikasi Media Massa angkatan 2012, 2013, dan 2014.
Tugas pertama Sapta dan Nursita adalah membentuk jajaran pengurus MeClub yang baru untuk periode kepemim…