Skip to main content

KUMIS: Wentira si Kota Gaib

Grafik oleh: Nabilla Ramadhian

Credit: banjarmasin.tribunnews.com

“Konon katanya, kalau kamu memasuki kota tersebut, semua yang kau lihat terbuat dari emas.”

Mendapati julukan “titik paling angker di Indonesia”, Kota Wentira berlokasi di Sulawesi Tengah. Kota Wentira sering disebut-sebut sebagai “Benua Atlantis” lantaran, menurut cerita yang beredar, memiliki peradaban yang lebih maju dari kota-kota di Indonesia.

Menurut warga sekitar, tidak sembarang orang dapat melihat kota tak kasat mata ini. Hanya mereka yang 'diizinkan' yang dapat melihat, bahkan memasuki kota ghaib ini. Tetapi, bagi mereka yang tidak 'diizinkan', yang mereka akan lihat hanyalah hutan belantara.

Menurut kabar yang beredar, Kota Wentira dikelilingi oleh banyak sekali bangunan-bangunan yang terbuat dari emas dan memiliki transportasi yang canggih. Orang-orang yang tinggal di kota tersebut selalu memakai pakaian berwarna kuning. Disana jarang sekali masyarakat yang hidup kesusahan, hampir semuanya kaya raya.

Masyarakat Kota Wentira sama seperti masyarakat lain, hanya saja yang membedakan mereka yakni mereka tidak memiliki belahan yang terdapat di tengah bibir bagian atas. Mereka bisa bepergian dan belanja di luar kota mereka, namun uang yang mereka berikan kepada masyarakat biasa akan berubah menjadi daun ketika mereka pergi.

Pintu masuk ke Kota Wentira dipercaya berada di area kebun kopi yang terletak di antara Kota Palu dan Kabupaten Mutong, yakni tugu berwarna kuning yang terdapat tulisan “Ngapa Wentira”.


Kejadian Mistis
Tahun 2015, warga Sulawesi Tengah sempat dibuat heboh terkait kemunculan berita mengenai seorang mahasiswi STIE Palu bernama Lin Vita Puspita yang menikah dengan seseorang dari Kota Wentira.

Sebelum menghilang, Lin sempat meminta tolong kepada tetangganya untuk mengadakan tahlilan untuk dirinya. Ketika dtanya oleh tetangganya untuk apa, ia menjawab kalau ia akan tinggal di alam ghaib sebab Lin telah menikah dan akan tinggal ‘di sana’.

Lin juga meminta kepada pamannya untuk diantar ke Palu, tetapi setelah mencapai setengah perjalanan ia mendadak meminta untuk diantarkan ke Wentira. Mendengar permintaannya sontak membuat sang paman terkejut dengan kengerian. Ia bertanya kepada Lin ada urusan apa pergi ke sana, namun yang ia dapat hanyalah bentakan, “Kalau saya bilang antar, antar saja! Tidak perlu tanya-tanya.” Lalu mereka melanjutkan perjalanan dalam keheningan.

Tak lama setelah itu, Lin membuka pembicaraan dengan memberitahu pamannya bahwa dirinya nanti malam akan masuk ke Wentira karena ia sudah tinggal di sana dan menikah dengan orang sana. Ia berkata bahwa seseorang dengan sebutan ‘Nenek Rante’-lah yang menikahkannya dengan pria Wentira.

Setelah mengantar Lin, pamannya langsung pergi ke rumah orang tua keponakannya dan menceritakan semua yang diberitahu oleh Lin. Mendengar kisah itu sontak membuat ibu Lin menangis tak henti-hentinya. Ia berkata bahwa Lin sudah mulai bersikap aneh beberapa waktu belakangan.

/////

Mengapa Lin mulai bersikap aneh? Bagaimana ceritanya ia bisa mengenal seorang pria dari Wentira dan menikah dengannya? Tidak ada seorang pun yang tahu.

Mungkin apabila anda mengunjungi Sulawesi Tengah, anda bisa cari tahu apakah Kota Wentira benar-benar ada atau hanya mitos belaka. Tapi pertanyaannya, ketika anda mengetahui dan diperbolehkan untuk memasuki kota tersebut, apakah anda akan diizinkan untuk keluar?




Editor: Nabilla Ramadhian
Sumber: Jawa Pos, Dream, Banjarmasin Post, dan Boombastis

Comments

Popular posts from this blog

Wadaw! Akun Receh Twitter Ter-Goks Versi Meclub Online

Main Twitter hari gini udah gak asik?
WAH! Siapa bilang? Coba deh  follow akun-akun ini dulu.
Mungkin beberapa dari  kalian masih menganggap Twitter sudah tidak menyenangkan. Padahal dengan fitur Twitter yang sekarang, semakin banyak orang-orang yang kembali bercuitan di Twitter loh. 
Setelah beberapa tahun timeline Twitter agak sepi lantaran banyaknya model-model aplikasi sosial media seperti Path, Instagram dan Ask Fm. Tapi kamu masih bisa meramaikan lagi dan lebih menghibur lagi isi timelinemu dengan rekomendasi enam akun receh Twitter yang wajib untuk difollow. Penasaran?
1. @yeahmahasiswa
    2. @handokotjung Ide brilliant emang suka mengalir dengan sendirinya. Seperti halnya @handokotjung ini. Dia suka banget membuat  tweet receh bin nyeleneh. Yang membuat lebih terkejutnya lagi adalah tweetnya bisa menembus hingga 17 ribu retweet-an lhoo…. Amazing!

       3. @seterahdeh Emang paling terserah deh sama cuitannya di Twitter @seterahdeh  yang nyeleneh banget. Tapi entah mengapa, orang-oran…

Kenali Dunia Broadcasting Melalui Guest Lecturers

Kampus UB - Dalam rangka menerapkan tagline yang dimiliki oleh Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie yaitu Big Leap To The Real Experience, pada Kamis 18 Mei 2017 diadakan guest lecturer bersama salah satu stasiun televisi Indonesia yaitu ANTV.
Tema guest lecturer kali ini yaitu "Broadcast Yourself to be Real Broadcaster in Digital Age". Pembicara pada guest lecture kali ini yaitu Edi Cahyadi (Producer at Production ANTV) dan Riyo Nugroho (Spv. Program Director ANTV).
Guest lecture ini diikuiti oleh mahasiswa semester 2 Ilmu Komunikasi. Tujuan diadakannya acara tersebut yaitu agar para pesertanya dapat mengetahui bagaimana cara kerja di dunia broadcasting. Selain itu, menurut Ari Kurnia selaku salah satu dosen Ilmu Komunikasi, acara ini juga bertujuan untuk membantu mahasiswa/i dalam menentukan peminatan di semester 3 nanti. 

Berdasarkan pantauan Tim Liputan MeClub Online, antusias mahasiswa/i dalam mengikuti guest lecturer kali ini sangat luar biasa. Hal ini terlihat dari banyakn…

Sapta Agung Pratama, Presiden Baru MeClub Universitas Bakrie!

Sapta Agung Pratama, mahasiswa Jurnalistik dan Komunikasi Media Massa angkatan 2012 resmi menggantikan Ridwan Aji Pitoko, mahasiswa Jurnalistik dan Komunikasi Media Massa angkatan 2011 sebagai presiden MeClub Universitas Bakrie, Kamis (2/7). Terpilihnya Sapta, panggilan akrabnya, tak lepas dari banyaknya suara yang memilihnya sebagai presiden MeClub periode 2015-2016. Sapta pun menjadi presiden ketiga sepanjang sejarah MeClub Universitas Bakrie setelah Tri Wahyuni pada 2012-2013 dan Ridwan Aji Pitoko pada 2013-2015.
Sapta akan dibantu Nursita Sari selaku sekretaris jendral (sekjen) dalam memimpin MeClub. Sebelumnya, keduanya sudah tergabung dalam jajaran pengurus MeClub, yakni sebagai General Manager MecRadio dan General Manager MecOnline. Keduanya akan dibantu oleh anggota sebelumnya, yakni mahasiswa dan mahasiswi Jurnalistik dan Komunikasi Media Massa angkatan 2012, 2013, dan 2014.
Tugas pertama Sapta dan Nursita adalah membentuk jajaran pengurus MeClub yang baru untuk periode kepemim…