Popular Posts

Wednesday, May 23, 2018

WEBSITE DAN PERANANANYA BAGI GENERASI MILLENIALS

Gambar 1: Dosen Tamu saat memberikan paparan mengenai SEO dan SEM

Bicara mengenai teknologi, tentu bukan hal yang baru. Saat ini, banyak berubah karena peranan teknologi. Bukan hanya perkembangannya yang semakin canggih, diharapkan para penggunanya pun cerdas memanfaatkan teknologi. 2018 adalah tahun emas bagi generasi  muda. Tak heran kaum millenial memanfaatkan teknologi sebagai kebutuhan berbagi infomasi. Begitu besar peran teknologi terhadap keberlangsungan hidup yang diakses melalui internet untuk kebutuhan pemenuh informasi salah satunya adalah website.

Melihat fenomena ini, Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie mengadakan Guest Lecturer untuk melihat bagaimana teknologi banyak berpengaruh bagi generasi millennial khususnya mahasiswa ilmu komunikasi Universitas Bakrie. Acara yang mengangkat tema Enhaching Digital Marketing Trough Website and SEO Strategy  ini membahas bagaimana website dan bisnis saling berhubungan. Acara yang dilaksanakan pada 22 Mei 2018 di Ruang 1 dan 2 Universitas Bakrie ini, membahas dua topic besar, yaitu Search Engine Marketing (SEM) dan Search Engine Optimization (SEO). Pengisi materi pada Guest Lecturer kali ini adalah dari Gapura Digital yang merupakan program dari Google. Gapuran Digital ini adalah sebuah pelatihan bagi pelaku usaha kecil dan menengah, yang merupakan program yang mendukung Usaha Kecil Menengah dalam memajukan bisnis melalu digital di Indonesia.

Salah satu Dosen tamu pada Guest Lecturer ini, Seorang Project Manager Bangunan dari Gapura Digital, Krisma Wibowo menjelaskan sekitar 85% orang di dunia senang menulis termasuk dirinya. Ia menuturkan bahwa website itu merupakan aset yang sangat penting dimiliki setiap orang selain media sosial. Menurutnya, website merupakan tonggak, dimana setiap orang satu sama lain dapat berinteraksi. “Website itu penting, itu seperti halnya bangunan di dunia asli. Website itu memberi asset digital dimana orang bisa mengunjungi, orang bisa melihat terutama untuk membranding diri sendiri,”. Ujar Krisma.

Selanjutnya, Kurnia Dharmawan selaku Entrepreneur, Educator dan Investor dari Gapura Digital menuturkan, agar website yang kita miliki dapat menjadi website yang pertama atau artikel yang terletak dibagian awal kita harus memperhatikan ketentuan dari SEO dan SEM dari artikel tersebut. Menurutnya, SEO dan SEM sangat berperan penting dalam peningkatan suatu website dimana kalau website tersebut belum memenuhi aturan SEO maka kecil kemungkinan website tersebut akan dikunjungi oleh masyarakat.

Diharapkan, kegiatan Guest Lecturer yang kerap diadakan oleh Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie dapat meningkatkan ilmu dan manfaat praktis bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie. Di era yang semakin canggih seperti saat ini, diharapkan banyak bisnis yang dapat dilakukan dan dijalankan oleh generasi muda saat ini, dan tidak menutup kemungkinan mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie.





Penulis : Poppy Yendriani
Editor   : Ari Kurnia


0 comments:

Post a Comment