Langsung ke konten utama

Kuliah Sambil Jadi Enterpreneur? Siapa Takut!


Arinda Dediana, Owner dari ItsBasic.Bae

Sobat MeClub, mahasiswa mana sih yang gak mau menghasilkan uang sendiri sambil kuliah?. Membayangkan bisa membeli segala sesuatu dengan uang sendiri dan bisa meringankan beban orangtua pastinya menyenangkan bukan?. Semua sobat MeClub pasti mau dong menghasilkan uang untuk menambah uang jajan dan menjadikan kita lebih mandiri.

Jadi, Yuk kenalan dengan salah satu enterpreneur muda dari kampus kita!

Arinda Dediana, merupakan mahasiswa Universitas Bakrie jurusan Ilmu Komunikasi 2016 yang merupakan salah-satu owner dari It’sBasic.Bae, brand dari usaha kaus polos yang ditekuninya saat ini.  Arin berani keluar dari zona nyaman dan mulai terjun menjadi pengusaha sejak muda lho Sobat MeClub!.  



“Awal jualan dari SMP, SMA,  itu dagang baju, sepatu, sweater. Apa aja yang menghasilkan uang, gue jadi reseller atau droshipper itu gue jalanin. Enak aja gitu megang duit sendiri walaupun gak banyak,” tuturnya dengan ekspresi ceria.

Dalam memulai usaha pastinya membutuhkan persiapan, bukan hanya sekedar modal uang tapi juga keseriusan dalam menjalankan usaha tersebut.  Menurut Arin persiapan memulai usaha yang ia miliki adalah niat, nekat dan tekad.

“Persiapannya yang paling penting niat, nekat dan juga tekad,” tegas Arin.

Ia mengaku usaha yang dijalaninya sejak  SMP sempat terputus ketika akan masuk kuliah dan mulai dirintisnya kembali setelah ia masuk kuliah. Bisnis yang ditekuni sejak muda memang tidak jauh dari dunia fashion, yang salah-satunya adalah bisnis kaos polos.

“Awalnya kaya coba-coba gitu lho, gataunya buka promo diawal 100 ribu 3pcs, itu banyak banget yang mesen. Jadi yaudalah lanjutin aja dan sampai sekarang banyak yang mesen,” katanya.
Dari bisnisnya tersebut, Arin mengaku bisa mengantongi keuntungan hingga 2,5 juta setiap bulannya. ‘
“Kalo lagi banyak banget orderan sebulan bisa 2,5 jutaan, kalo lagi biasa-biasa aja kurang lebih 1 juta,” kata Arin.

Nah, sobat Meclub kalian pasti nggak mau dong terus-menerus mengandalkan uang orangtua, jadi kenapa tidak untuk memulai usaha dari sekarang?.

 “Usaha sesuai passion dan niat. Jangan takut gagal dan jangan malu kalo nyari duit, ngapain malu ya, gue nggak ngerepotin orang,” jelas Arin saat ditanya mengenai pesan untuk mahasiswa yang akan memulai usaha.

Menjalani usaha memang tidak mudah, tapi tidak ada usaha yang mengkhianati hasil.
Selamat mencoba calon enterpreneur muda!


Editor                    : Meidiana Aprilliani
Reporter               : Khairunnisa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Skripsi Semester 7, Ya atau Tidak?

doc. Google Kebijakan Biro Administrasi Akademik Universitas Bakrie terkait syarat pengambilan skripsi bagi mahasiswa tingkat akhir masih belum banyak diketahui mahasiswa. Kabar yang beredar bahwa mahasiswa baru diperbolehkan mengambil skripsi jika SKS yang terpenuhi sudah mencapai 138 SKS. "Aku ambilnya semester 8 karena emang Ilkom (Ilmu Komunikasi) angkatan pertama baru bisa ambil skripsi pas semester 8. Syaratnya ada minimal 138 SKS dan lulus mata kuliah wajib gitu . Karena emang sistem SKSnya dipaketin gitu , kalo  yang sekarang kan nggak ," ujar lulusan program studi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie, Firsta Putri Nodia. Sama halnya seperti Firsta, mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie tingkat akhir (angkatan 2011), Dita Amaliana, pun mengetahui bahwa syarat mengambil skripsi adalah lulus 138 SKS. " Sebenernya sih dapet bocoran tahu gitu dari temen-temen juga. Awalnya katanya 138 SKS sampe semester ini, tapi kan gue udah 140 kalo s

KUMIS: HANTU TOILET MALL GRAND INDONESIA

Grafik oleh Nabilla Ramadhian Credit: youtube.com/watch?v=M6WGgqyxG3c Hai, Namaku Sarah. Hari ini aku memutuskan untuk menghabiskan waktu sepulang kuliah dengan menonton film baru yang sedang banyak diperbincangkan akhir-akhir ini. Aku dan 2 orang teman ku memutuskan untuk pergi ke salah satu bioskop di mall besar di tengah kota , Grand Indonesia (GI) . Sesampainya disana , kami berlari-larian untuk mencari “Teater 1 ” karena kami telah terlambat 10 menit. Setelah masuk, di dalamnya sudah penuh dengan penonton. Rata-rata penontonnya adalah anak SMA dan SMP, yaa tidak heran karena film-nya pun tentang kisah cinta remaja SMA. Kami pun de n gan seksama mencari nomor kursi kami yang berada di paling atas kiri teater . Setelah 30 menit film berjalan, aku merasa ingin buang kecil. Aku pun meminta Nisa, salah satu temaku , untuk menemani ke toilet namun ia menolak. Nampaknya ia terlalu tidak rela ketinggalan beberapa adegan manis dalam film yang berhasil membuat

Mau Ajukan Cicilan Uang Kuliah, Begini Caranya

Sapta AP - MeClub UB Jakarta - Bagi Sobat MeClub yang memiliki kesulitan memenuhi kewajiban pembayaran uang kuliah, meskipun dengan sistem pembayaran virtual account (VA), Kamu masih bisa mengajukan permohonan cicilan. Wakil Rektor Bidang Non-Akademik, Dr. Darminto, MBA, mengakui bahwa pada semester-semester sebelumnya, sejumlah mahasiswa sering mengajukan banyak variasi mengenai cicilan, seperti besaran pembayaran biaya pertama dan jumlah cicilan pembayaran. Saat ini sistem cicilan biaya kuliah sudah dibuat dengan cara yang lebih praktis dan lebih seragam. Secara umum, mahasiswa yang mengajukan cicilan pembayaran akan diberikan keringanan hanya untuk membayar BOP dan biaya registrasi sebagai pembayaran pertama. Darminto sendiri mengungkapkan bahwa pihak kampus akan melakukan negosiasi terkait besaran biaya pertama dan jumlah cicilan. "Untuk yang mendapat beasiswa Cemerlang, kalau misalnya dia mengajukan pembayaran pertama sebesar 4 juta sementara dia harus bay