Skip to main content

GRATIS LOOOH!!! YUK KELILING KOTA JAKARTA DENGAN CITY TOUR


City Tour di Jakarta

Menjelang liburan akhir tahun paling seru jalan-jalan mengelilingi Kota Jakarta dengan menaiki bus tingkat atau lebih dikenal dengan nama City Tour. Buat kalian-kalian yang ingin mencoba atau merasakan bagaimana menaiki bus tingkat gaperlu jauh-jauh ke luar negeri karena di Indonesia sendiri bus tingkat sudah disediakan.City Tour ini disediakan oleh pemerintah provinsi DKI Jakarta untuk berwisata secara gratis melewati tempat-tempat khas yang menjadi simbol-simbol Kota Jakarta. 

Ternyata bus tingkat ini dulu sudah pernah ada loh sebelumnya di Indonesia pada tahun 1968, namun fungsinya bukanlah sebagai bus wisata, melainkan sebagai angkutan umum. Dan tepatnya di Tahun 2015, bus wisata tingkat ini dioperasikan kembali di Indonesia dan hadir dengan kondisi yang lebih menarik karena bus wisata tingkat ini memiliki tema yang bermacam-macam, berbeda antara satu bus dengan bus lainnya, tetapi fungsinya khusus hanya untuk berwisata keliling Kota Jakarta saja. 

Tahun ini jumlah bus tingkat diperbanyak karena melihat antusias para warga di Jakarta maupun warga yang berasal dari daerah. Jadi kamu tidak perlu khawatir akan menunggu terlalu lama. 


Bus Wisata (City Tour) mulai dikelola PT Transjakarta pada tanggal 9 Januari 2015. City Tour terdiri dari dua lantai. Lantai pertama diperuntukkan bagi penumpang dengan kebutuhan khusus, sementara pada tingkat kedua dimaksimalkan untuk mengangkut penumpang. Pintu masuk bus tingkat berada di tengah dengan dek rendah. Hal ini tentunya memudahkan bagi siapa pun untuk masuk ke dalam bus tingkat tanpa harus menggunakan halte seperti bus Transjakarta. Bus tingkat ini memiliki 78 kursi, dengan rincian 16 kursi di lantai bawah dan 62 kursi di lantai atas. Jumlah tersebut termasuk dua kursi prioritas di samping kanan-kiri pintu lantai bawah. Dengan kur si yang cukup empuk serta interior bus yang bersih, dijamin penumpang tidak akan merasa bosan berada di dalam bus tingkat ini. Ada hiburan musik melalui pengeras suara yang membuat lama perjalanan yang berkisar antara 45-60 menit terasa singkat.Penumpang yang menaiki City Tour tidak diperkenankan untuk berdiri, jadi penumpang dapat menikmati keindahan Kota Jakarta. 

Interior City Tour Bus

City Tour ini juga dilengkapi dengan pemandu wisata yang menceritakan sejarah-sejarah yang ada di Jakarta lhoooo jadi bisa menambah wawasan kalian juga. Jika ingin mencoba bus ini, cukup menunggu di halte yang bergambar bus tingkat dan bertuliskan City Tour. Halte-halte tersebut dapat kamu jumpai di Bundaran Hotel Indonesia, Pecenongan, Museum Nasional, Pasar Baru, Masjid Istiqlal, Monumen Nasional (Monas), Balai Kota, dan Sarinah.



Biasanya pada akhir pekan antrian untuk menaiki bus tingkat sangat panjang, panjangnya antrian penumpang yang ingin menaiki Bus Tingkat atau City Tour di Halte Monas, menunjukkan bagaimana antusiasnya masyarakat untuk mencoba City Tour ini.

"Selain gratis membuat kita nyaman dan irit biaya". kata Eliyah salah satu pengunjung yang tengah mengantre bus tingkat.

"Ada AC-nya juga jadi dingin,pokoknya nyaman banget mau tidur juga nyaman".  kata Adrian yang ikut mengantre bus tingkat.

Jadi, untuk kamu yang tidak ingin mengantre terlalu lama, hindarilah naik di halte yang ramai, salah satu contohnya seperti di halte Monumen Nasional (Monas). Salah satu View terbaik dari City Tour adalah bangku paling depan, di tingkat dua menjadi favorit hampir setiap penumpang yang naik ke bus tingkat ini. Namun, sangat di sayangkan sekali, masih ada saja penumpang yang ketika menaiki City Tour meninggalkan sampahnya. Jadi buat kalian, buanglah sampah yang kalian bawa ke tempatnya agar kenyamanan dalam berkeliling Jakarta dengan bis tingkat tetap ada. 

Selain untuk City Tour, ternyata bus tingkat ini pada hari kerja di manfaatkan oleh warga kantoran diJakarta untuk menuju lokasi makan siang atau bus tingkat ini beralih fungsi menjadi bus feeder bagi para pengendara motor yang ingin menuju ke jalur protokol. sejak di berlakukannya aturan kendaraan roda 2 dilarang masuk jalur protokol (termasuk Jl. M.H. Thamrin yang menjadi rute bus wisata tingkat).

Bus wisata tingkat ini beroperasi setiap hari, dari Senin sampai Minggu. Pada hari kerja bus tingkat ini beroperasi sejak jam 10.00 pagi sampai jam 18.00 sore. Sementara pada hari Sabtu dan Minggu bus wisata tingkat ini beroperasi mulai jam 12.00 siang sampai jam 23.00 malam. Tujuh Layanan yang tersedia antara lain destinasi History of Jakarta (BW1), Jakarta Modern (BW2), Art and Culinary (BW3), Jakarta Skyscrapers (BW4), Jakarta Open Space (BW5), Jakarta Heritage (BW6), dan Jakarta Shopping (BW7). 

Berikut adalah rute dan jadwal tujuh layanan wisata keliling Jakarta yang dilansir dari laman transjakarta.co.id:

Historyof Jakarta (BW1). Rute: Juanda-Monas-Balai Kota-Museum Nasional-Gedung Arsip-Museum Bank Indonesia-BNI 46-Pasar Baru-Juanda.Jadwal: Senin-Sabtu, pukul 10.00-18.00 WIB; Minggu, pukul 12.00-19.00 WIB.

Jakarta Modern (BW2).Rute: Juanda-Monas-Balai Kota-Sarinah-Plaza Indonesia-Sarinah-Museum Nasional-Pecenongan-Pasar Baru-Juanda.Jadwal: Senin-Sabtu, pukul 10.00-18.00 WIB; Minggu, pukul 12.00-19.00 WIB.

Art andCulinary (BW3). Rute: Balai Kota-Sarinah-Plaza Indonesia-Harmoni-Gedung Arsip, Museum Bank Indonesia-BNI 46-Sawah Besar-Pecenongan-Juanda-Monas-Balai Kota.Jadwal: Sabtu, pukul 17.00-23.00 WIB.

Jakarta Skyscrapers (BW4). Rute: Juanda-Monas-Balai Kota-Sarinah-Tosari-Dukuh Atas-Karet Sudirman-Bundaran Senayan-Gelora Bung Karno-Dukuh Atas-Plaza Indonesia-Museum Nasional-Pecenongan-Pasar Baru-Juanda.Jadwal: Senin-Sabtu, pukul 10.00-18.00 WIB; Minggu, pukul 12.00-19.00 WIB.

Jakarta Open Space (BW5). Rute: Balai Kota-Sarinah-Tosari-RPTRA Kalijodo-Tosari-Plaza Indonesia-Sarinah-Balai Kota.Jadwal: Senin-Sabtu, pukul 11.00-19.00 WIB; Minggu, pukul 12.00-19.00 WIB.
Jakarta Heritage (BW6). Rute: Juanda-Monas-Balai Kota-Sarinah-Tosari-Makam Mbah Priok-Tosari-Bundaran HI-Sarinah-Juanda. Jadwal: Sabtu-Minggu, pukul 13.00-21.00 WIB.

Jakarta Shopping (BW7).Rute: Balai Kota-Sarinah-Tosari-Dukuh Atas-Gelora Bung Karno-Plaza Senayan-Senayan City-Gelora Bung Karno-Dukuh Atas-Tosari-Grand Indonesia-Sarinah-Balai Kota. Jadwal: Senin-Jumat, pukul 10.00-18.00 WIB; Sabtu, pukul 10.00-22.00 WIB; Minggu, pukul 12.00-19.00 WIB.


Itulah sedikit ulasan mengenai bus wisata tingkat (City Tour) ini. Bagaimana? Menarik kaaaaan!!! Berwisata seharian keliling Kota Jakarta dengan City Tour dan tentunya gratisss!! Daaaan ternyata sudah banyak wisatawan-wisatawan asing yang mencoba menggunakan bus ini untuk berwisata keliling Kota Jakarta. Bagaimana dengan kamu? Khususnya kamu yang mengaku warga Kota Jakarta, jangan mau kalah dan ketinggalan dengan para wisatawan-wisatawan asing itu. Selamat mencoba!

Penulis:
Febi Riyanti 
Putri Aulia   
Indriana Hijratun 











Comments

Popular posts from this blog

Wadaw! Akun Receh Twitter Ter-Goks Versi Meclub Online

Main Twitter hari gini udah gak asik?
WAH! Siapa bilang? Coba deh  follow akun-akun ini dulu.
Mungkin beberapa dari  kalian masih menganggap Twitter sudah tidak menyenangkan. Padahal dengan fitur Twitter yang sekarang, semakin banyak orang-orang yang kembali bercuitan di Twitter loh. 
Setelah beberapa tahun timeline Twitter agak sepi lantaran banyaknya model-model aplikasi sosial media seperti Path, Instagram dan Ask Fm. Tapi kamu masih bisa meramaikan lagi dan lebih menghibur lagi isi timelinemu dengan rekomendasi enam akun receh Twitter yang wajib untuk difollow. Penasaran?
1. @yeahmahasiswa
    2. @handokotjung Ide brilliant emang suka mengalir dengan sendirinya. Seperti halnya @handokotjung ini. Dia suka banget membuat  tweet receh bin nyeleneh. Yang membuat lebih terkejutnya lagi adalah tweetnya bisa menembus hingga 17 ribu retweet-an lhoo…. Amazing!

       3. @seterahdeh Emang paling terserah deh sama cuitannya di Twitter @seterahdeh  yang nyeleneh banget. Tapi entah mengapa, orang-oran…

Kenali Dunia Broadcasting Melalui Guest Lecturers

Kampus UB - Dalam rangka menerapkan tagline yang dimiliki oleh Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie yaitu Big Leap To The Real Experience, pada Kamis 18 Mei 2017 diadakan guest lecturer bersama salah satu stasiun televisi Indonesia yaitu ANTV.
Tema guest lecturer kali ini yaitu "Broadcast Yourself to be Real Broadcaster in Digital Age". Pembicara pada guest lecture kali ini yaitu Edi Cahyadi (Producer at Production ANTV) dan Riyo Nugroho (Spv. Program Director ANTV).
Guest lecture ini diikuiti oleh mahasiswa semester 2 Ilmu Komunikasi. Tujuan diadakannya acara tersebut yaitu agar para pesertanya dapat mengetahui bagaimana cara kerja di dunia broadcasting. Selain itu, menurut Ari Kurnia selaku salah satu dosen Ilmu Komunikasi, acara ini juga bertujuan untuk membantu mahasiswa/i dalam menentukan peminatan di semester 3 nanti. 

Berdasarkan pantauan Tim Liputan MeClub Online, antusias mahasiswa/i dalam mengikuti guest lecturer kali ini sangat luar biasa. Hal ini terlihat dari banyakn…

Sapta Agung Pratama, Presiden Baru MeClub Universitas Bakrie!

Sapta Agung Pratama, mahasiswa Jurnalistik dan Komunikasi Media Massa angkatan 2012 resmi menggantikan Ridwan Aji Pitoko, mahasiswa Jurnalistik dan Komunikasi Media Massa angkatan 2011 sebagai presiden MeClub Universitas Bakrie, Kamis (2/7). Terpilihnya Sapta, panggilan akrabnya, tak lepas dari banyaknya suara yang memilihnya sebagai presiden MeClub periode 2015-2016. Sapta pun menjadi presiden ketiga sepanjang sejarah MeClub Universitas Bakrie setelah Tri Wahyuni pada 2012-2013 dan Ridwan Aji Pitoko pada 2013-2015.
Sapta akan dibantu Nursita Sari selaku sekretaris jendral (sekjen) dalam memimpin MeClub. Sebelumnya, keduanya sudah tergabung dalam jajaran pengurus MeClub, yakni sebagai General Manager MecRadio dan General Manager MecOnline. Keduanya akan dibantu oleh anggota sebelumnya, yakni mahasiswa dan mahasiswi Jurnalistik dan Komunikasi Media Massa angkatan 2012, 2013, dan 2014.
Tugas pertama Sapta dan Nursita adalah membentuk jajaran pengurus MeClub yang baru untuk periode kepemim…