Langsung ke konten utama

GRATIS LOOOH!!! YUK KELILING KOTA JAKARTA DENGAN CITY TOUR


City Tour di Jakarta

Menjelang liburan akhir tahun paling seru jalan-jalan mengelilingi Kota Jakarta dengan menaiki bus tingkat atau lebih dikenal dengan nama City Tour. Buat kalian-kalian yang ingin mencoba atau merasakan bagaimana menaiki bus tingkat gaperlu jauh-jauh ke luar negeri karena di Indonesia sendiri bus tingkat sudah disediakan.City Tour ini disediakan oleh pemerintah provinsi DKI Jakarta untuk berwisata secara gratis melewati tempat-tempat khas yang menjadi simbol-simbol Kota Jakarta. 

Ternyata bus tingkat ini dulu sudah pernah ada loh sebelumnya di Indonesia pada tahun 1968, namun fungsinya bukanlah sebagai bus wisata, melainkan sebagai angkutan umum. Dan tepatnya di Tahun 2015, bus wisata tingkat ini dioperasikan kembali di Indonesia dan hadir dengan kondisi yang lebih menarik karena bus wisata tingkat ini memiliki tema yang bermacam-macam, berbeda antara satu bus dengan bus lainnya, tetapi fungsinya khusus hanya untuk berwisata keliling Kota Jakarta saja. 

Tahun ini jumlah bus tingkat diperbanyak karena melihat antusias para warga di Jakarta maupun warga yang berasal dari daerah. Jadi kamu tidak perlu khawatir akan menunggu terlalu lama. 


Bus Wisata (City Tour) mulai dikelola PT Transjakarta pada tanggal 9 Januari 2015. City Tour terdiri dari dua lantai. Lantai pertama diperuntukkan bagi penumpang dengan kebutuhan khusus, sementara pada tingkat kedua dimaksimalkan untuk mengangkut penumpang. Pintu masuk bus tingkat berada di tengah dengan dek rendah. Hal ini tentunya memudahkan bagi siapa pun untuk masuk ke dalam bus tingkat tanpa harus menggunakan halte seperti bus Transjakarta. Bus tingkat ini memiliki 78 kursi, dengan rincian 16 kursi di lantai bawah dan 62 kursi di lantai atas. Jumlah tersebut termasuk dua kursi prioritas di samping kanan-kiri pintu lantai bawah. Dengan kur si yang cukup empuk serta interior bus yang bersih, dijamin penumpang tidak akan merasa bosan berada di dalam bus tingkat ini. Ada hiburan musik melalui pengeras suara yang membuat lama perjalanan yang berkisar antara 45-60 menit terasa singkat.Penumpang yang menaiki City Tour tidak diperkenankan untuk berdiri, jadi penumpang dapat menikmati keindahan Kota Jakarta. 

Interior City Tour Bus

City Tour ini juga dilengkapi dengan pemandu wisata yang menceritakan sejarah-sejarah yang ada di Jakarta lhoooo jadi bisa menambah wawasan kalian juga. Jika ingin mencoba bus ini, cukup menunggu di halte yang bergambar bus tingkat dan bertuliskan City Tour. Halte-halte tersebut dapat kamu jumpai di Bundaran Hotel Indonesia, Pecenongan, Museum Nasional, Pasar Baru, Masjid Istiqlal, Monumen Nasional (Monas), Balai Kota, dan Sarinah.



Biasanya pada akhir pekan antrian untuk menaiki bus tingkat sangat panjang, panjangnya antrian penumpang yang ingin menaiki Bus Tingkat atau City Tour di Halte Monas, menunjukkan bagaimana antusiasnya masyarakat untuk mencoba City Tour ini.

"Selain gratis membuat kita nyaman dan irit biaya". kata Eliyah salah satu pengunjung yang tengah mengantre bus tingkat.

"Ada AC-nya juga jadi dingin,pokoknya nyaman banget mau tidur juga nyaman".  kata Adrian yang ikut mengantre bus tingkat.

Jadi, untuk kamu yang tidak ingin mengantre terlalu lama, hindarilah naik di halte yang ramai, salah satu contohnya seperti di halte Monumen Nasional (Monas). Salah satu View terbaik dari City Tour adalah bangku paling depan, di tingkat dua menjadi favorit hampir setiap penumpang yang naik ke bus tingkat ini. Namun, sangat di sayangkan sekali, masih ada saja penumpang yang ketika menaiki City Tour meninggalkan sampahnya. Jadi buat kalian, buanglah sampah yang kalian bawa ke tempatnya agar kenyamanan dalam berkeliling Jakarta dengan bis tingkat tetap ada. 

Selain untuk City Tour, ternyata bus tingkat ini pada hari kerja di manfaatkan oleh warga kantoran diJakarta untuk menuju lokasi makan siang atau bus tingkat ini beralih fungsi menjadi bus feeder bagi para pengendara motor yang ingin menuju ke jalur protokol. sejak di berlakukannya aturan kendaraan roda 2 dilarang masuk jalur protokol (termasuk Jl. M.H. Thamrin yang menjadi rute bus wisata tingkat).

Bus wisata tingkat ini beroperasi setiap hari, dari Senin sampai Minggu. Pada hari kerja bus tingkat ini beroperasi sejak jam 10.00 pagi sampai jam 18.00 sore. Sementara pada hari Sabtu dan Minggu bus wisata tingkat ini beroperasi mulai jam 12.00 siang sampai jam 23.00 malam. Tujuh Layanan yang tersedia antara lain destinasi History of Jakarta (BW1), Jakarta Modern (BW2), Art and Culinary (BW3), Jakarta Skyscrapers (BW4), Jakarta Open Space (BW5), Jakarta Heritage (BW6), dan Jakarta Shopping (BW7). 

Berikut adalah rute dan jadwal tujuh layanan wisata keliling Jakarta yang dilansir dari laman transjakarta.co.id:

Historyof Jakarta (BW1). Rute: Juanda-Monas-Balai Kota-Museum Nasional-Gedung Arsip-Museum Bank Indonesia-BNI 46-Pasar Baru-Juanda.Jadwal: Senin-Sabtu, pukul 10.00-18.00 WIB; Minggu, pukul 12.00-19.00 WIB.

Jakarta Modern (BW2).Rute: Juanda-Monas-Balai Kota-Sarinah-Plaza Indonesia-Sarinah-Museum Nasional-Pecenongan-Pasar Baru-Juanda.Jadwal: Senin-Sabtu, pukul 10.00-18.00 WIB; Minggu, pukul 12.00-19.00 WIB.

Art andCulinary (BW3). Rute: Balai Kota-Sarinah-Plaza Indonesia-Harmoni-Gedung Arsip, Museum Bank Indonesia-BNI 46-Sawah Besar-Pecenongan-Juanda-Monas-Balai Kota.Jadwal: Sabtu, pukul 17.00-23.00 WIB.

Jakarta Skyscrapers (BW4). Rute: Juanda-Monas-Balai Kota-Sarinah-Tosari-Dukuh Atas-Karet Sudirman-Bundaran Senayan-Gelora Bung Karno-Dukuh Atas-Plaza Indonesia-Museum Nasional-Pecenongan-Pasar Baru-Juanda.Jadwal: Senin-Sabtu, pukul 10.00-18.00 WIB; Minggu, pukul 12.00-19.00 WIB.

Jakarta Open Space (BW5). Rute: Balai Kota-Sarinah-Tosari-RPTRA Kalijodo-Tosari-Plaza Indonesia-Sarinah-Balai Kota.Jadwal: Senin-Sabtu, pukul 11.00-19.00 WIB; Minggu, pukul 12.00-19.00 WIB.
Jakarta Heritage (BW6). Rute: Juanda-Monas-Balai Kota-Sarinah-Tosari-Makam Mbah Priok-Tosari-Bundaran HI-Sarinah-Juanda. Jadwal: Sabtu-Minggu, pukul 13.00-21.00 WIB.

Jakarta Shopping (BW7).Rute: Balai Kota-Sarinah-Tosari-Dukuh Atas-Gelora Bung Karno-Plaza Senayan-Senayan City-Gelora Bung Karno-Dukuh Atas-Tosari-Grand Indonesia-Sarinah-Balai Kota. Jadwal: Senin-Jumat, pukul 10.00-18.00 WIB; Sabtu, pukul 10.00-22.00 WIB; Minggu, pukul 12.00-19.00 WIB.


Itulah sedikit ulasan mengenai bus wisata tingkat (City Tour) ini. Bagaimana? Menarik kaaaaan!!! Berwisata seharian keliling Kota Jakarta dengan City Tour dan tentunya gratisss!! Daaaan ternyata sudah banyak wisatawan-wisatawan asing yang mencoba menggunakan bus ini untuk berwisata keliling Kota Jakarta. Bagaimana dengan kamu? Khususnya kamu yang mengaku warga Kota Jakarta, jangan mau kalah dan ketinggalan dengan para wisatawan-wisatawan asing itu. Selamat mencoba!

Penulis:
Febi Riyanti 
Putri Aulia   
Indriana Hijratun 











Komentar

Postingan populer dari blog ini

KUMIS: HANTU TOILET MALL GRAND INDONESIA

Grafik oleh Nabilla Ramadhian Credit: youtube.com/watch?v=M6WGgqyxG3c Hai, Namaku Sarah. Hari ini aku memutuskan untuk menghabiskan waktu sepulang kuliah dengan menonton film baru yang sedang banyak diperbincangkan akhir-akhir ini. Aku dan 2 orang teman ku memutuskan untuk pergi ke salah satu bioskop di mall besar di tengah kota , Grand Indonesia (GI) . Sesampainya disana , kami berlari-larian untuk mencari “Teater 1 ” karena kami telah terlambat 10 menit. Setelah masuk, di dalamnya sudah penuh dengan penonton. Rata-rata penontonnya adalah anak SMA dan SMP, yaa tidak heran karena film-nya pun tentang kisah cinta remaja SMA. Kami pun de n gan seksama mencari nomor kursi kami yang berada di paling atas kiri teater . Setelah 30 menit film berjalan, aku merasa ingin buang kecil. Aku pun meminta Nisa, salah satu temaku , untuk menemani ke toilet namun ia menolak. Nampaknya ia terlalu tidak rela ketinggalan beberapa adegan manis dalam film yang berhasil membuat

Mau Ajukan Cicilan Uang Kuliah, Begini Caranya

Sapta AP - MeClub UB Jakarta - Bagi Sobat MeClub yang memiliki kesulitan memenuhi kewajiban pembayaran uang kuliah, meskipun dengan sistem pembayaran virtual account (VA), Kamu masih bisa mengajukan permohonan cicilan. Wakil Rektor Bidang Non-Akademik, Dr. Darminto, MBA, mengakui bahwa pada semester-semester sebelumnya, sejumlah mahasiswa sering mengajukan banyak variasi mengenai cicilan, seperti besaran pembayaran biaya pertama dan jumlah cicilan pembayaran. Saat ini sistem cicilan biaya kuliah sudah dibuat dengan cara yang lebih praktis dan lebih seragam. Secara umum, mahasiswa yang mengajukan cicilan pembayaran akan diberikan keringanan hanya untuk membayar BOP dan biaya registrasi sebagai pembayaran pertama. Darminto sendiri mengungkapkan bahwa pihak kampus akan melakukan negosiasi terkait besaran biaya pertama dan jumlah cicilan. "Untuk yang mendapat beasiswa Cemerlang, kalau misalnya dia mengajukan pembayaran pertama sebesar 4 juta sementara dia harus bay

Skripsi Semester 7, Ya atau Tidak?

doc. Google Kebijakan Biro Administrasi Akademik Universitas Bakrie terkait syarat pengambilan skripsi bagi mahasiswa tingkat akhir masih belum banyak diketahui mahasiswa. Kabar yang beredar bahwa mahasiswa baru diperbolehkan mengambil skripsi jika SKS yang terpenuhi sudah mencapai 138 SKS. "Aku ambilnya semester 8 karena emang Ilkom (Ilmu Komunikasi) angkatan pertama baru bisa ambil skripsi pas semester 8. Syaratnya ada minimal 138 SKS dan lulus mata kuliah wajib gitu . Karena emang sistem SKSnya dipaketin gitu , kalo  yang sekarang kan nggak ," ujar lulusan program studi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie, Firsta Putri Nodia. Sama halnya seperti Firsta, mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie tingkat akhir (angkatan 2011), Dita Amaliana, pun mengetahui bahwa syarat mengambil skripsi adalah lulus 138 SKS. " Sebenernya sih dapet bocoran tahu gitu dari temen-temen juga. Awalnya katanya 138 SKS sampe semester ini, tapi kan gue udah 140 kalo s