Skip to main content

AMIS #2: Jakarta, Kota Megapolitan Yang Sarat Cerita Mistis



Sumber foto: Hipwee

Jakarta memang identik dengan kota yang sudah maju dan penuh dengan gedung-gedung pencakar langit. Lekat dengan image kota metropolitan dan modern tidak membuat Jakarta lepas dengan kisah-kisah misteri yang bisa membuat bulu kuduk berdiri.

Nah! Berhubung Malam Jum’at,  edisi AMIS kali ini muncul dengan deretan cerita urband legend di Jakarta buat Sobat MeClub! Jangan di baca sendirian yaaa…

1      Terowongan Cassablanca

Menurut cerita yang beredar, lokasi terowongan yang berada dibawah jalan Kuningan ini sebelumnya adalah lahan untuk kuburan massal. Hal ini diperkuat dengan lokasinya yang bersebelahan dengan kawasan TPU Menteng PUlo. Kemudian pihak pemerintah memindahkan kuburan massal tersebut di suatu tempat. Namun, banyak yang meyakini bahwa ‘penunggu’ dari makam-makam tersebut belum ikut berpindah, mereka masih berada di lokasi yang merupakan bekas kuburan massal tersebut.

Oleh karena itu,  banyak kejadian-kejadian mistis akal terjadi di terowongan ini. Atmosfer terowongan ini juga terkesan agak lembab, sedikit berbeda dengan terowongan lainnya.

Makhluk astral berwujud nenek dipercayakan oleh masyarakat sekitar adalah wujud dari seorang arwah wanita yang dulunya menjadi korban pemerkosaan. Kisah tersebut sama persis dengan kisah dari sosok wanita berbaju merah, konon hantu tersebut adalah korban pemerkosaan yang mayatnya juga dibuang di tempat yang sama. Keangkeran dari terowongan ini pun semakin menjadi-jadi, pasalnya beberapa tahun yang lalu kabarnya ada seorang pria ditemukan tewas gantung diri tepat diatas pintu masuk terowongan Casablanca. Kabarnya dia ditemukan meninggal karena terbelit kain spanduk di terowongan ini.
Menurut kepercayaan masyarakat sekitar dikisahnya, jika para pengemudi yang melintas tempat ini di wajibkan untuk membunyikan klakson kendaraannya sebagai tanda untuk ijin melintas ke para penghuni gaib, jika tidak maka orang tersebut dipercaya akan mengalami musibah, mulai dari kecelakaan hingga teror makhluk halus lainnya.
.

2      Menara Saidah

Gedung mewah yang terletak di Jalan Gatot Subroto, Jakarta ini memang punya banyak kisah mistis yang masih hangat di perbincangkan sampai sekarang. Semenjak tutup di tahun 2007 banyak misteri soal alasan mengapa gedung yang termasuk mewah ini sampai ditutup di tahun ke 6-nya sejak didirikan.

Menurut cerita yang beredar, salah satu alasan gedung ini ditutup adalah karena ternyata konstruksi bangunannya yang miring, sehingga dapat membahayakan para penyewa. Hal ini kemudian diperkuat dengan penolakan sang pemilik untuk menunjukkan gambar struktur gedung, ketika salah satu universitas berniat membeli gedung ini. Sejak ditutup delapan tahun lalu, gedung ini dibiarkan kosong dan tidak terawat.

Salah satu yang terkenal dari gedung ini adalah cerita tentang Kuntilanak Merah yang kerap ditemui di lantai 3. Menurut cerita, Satpam Menara Saidah pernah dimintai seorang wanita dengan gaun merah untuk diantar ke lantai 14 untuk menemui temannya. Namun, saat pintu lift terbuka, wanita ini menghilang.

Cerita lain juga datang dari lantai Basement. Dimana Satpam sering mendengar suara gaduh dari lantai ini. Saat sampai di basement, ternyata tidak ada orang. Atmosfernya seperti keramaian namun tidak ada wujud manusia di sana. Satpam tersebut kemudian kabur karena ia dipanggil dan tiba-tiba dicolek di punggungnya.

Banyak cerita yang mengatakan Menara Saidah dibangun di atas lahan kuburan yang tidak dipindahkan jenazahnya. Itulah alasan yang banyak diyakini menajadi penyebab mengapa menara itu berhantu hingga kini. Keranda mayat ini pun sempat terlihat di lantai 3, satpam pun heran mengapa di gedung semegah ini bisa ada keranda.

3      Lintasan Rel Kereta Bintaro

Sebuah kecelakaan hebat terjadi pada 19 Oktober 1987 di rel kereta dekat Pondok Betung, Bintaro. Kecelakaan yang disebabkan oleh kelalaian manusia ini melibatkan 2 kereta api dan mengakibatkan 156 orang tewas. Banyak mayat-mayat yang ditemukan dalam kondisi anggota badan yang tercecer di sekitar lokasi kejadian. Kejadian ini lah yang memunculkan banyak kejadian mistis di lintasan ini sampai sekarang.

Imam (31), teknisi rel yang bekerja sejak tahun 1996. Ia pernah melihat makhluk yang wujudnya seperti orang berbalut sarung hitam. Meski kereta sudah bolak-balik lewat melindasnya, makhluk ini tak mau pergi seperti sengaja meledek. Akhirnya di rel tersebut diadakan pemotongan kerbau. Ia juga pernah bertemu makhluk serupa perempuan Belanda di zaman kolonial, dan kuntilanak melintas di rel.

Tempat yang terkenal dengan tabrakan kereta yang dahsyat yang banyak memakan korban ratusan nyawa hilang dengan mengenaskan. Ditempat ini sering berkeliaran organ tubuh tak bertuan, yang senantiasa menampakkan diri yang membuat suasana diareal lintasan kereta tersebut menjadi kawasan angker.

Di lintasannya sendiri juga sudah berulang kali terjadi kecelakaan yang memakan korban nyawa. Konon, lintasan ini dianggap angker karena sering terdengar suara orang menangis dan menjerit.

4      Taman Langsat

Taman Langsat terletak di di daerah Kramat Pela, Jakarta Selatan. Luas Taman ini kurang lebih 3,5 hektar. Lokasinya mudah dicapai dari terminal blok M maupun pasar mayestik. Sebenarnya, taman ini merupakan fasilitas olah raga dan bersantai yang cukup lengkap. Di dalamnya tumbuh pepohonan yang asri.

Dari berbagai cerita, taman ini dihuni oleh banyak makhluk gaib atau yang lebih sering kita sebut dengan hantu. Salah seorang paranormal ternama yang saat ini telah “pensiun” Ki Joko Bodo  membenarkan semua cerita-cerita mistis tentang hantu yang banyak beredar di masyarakat, Ki Joko juga berpesan kepada semua pengunjung Taman Langsat agar tidak melakukan tindakan yang aneh di taman ini karena di tempat tersebut memiliki energi supranatural yang sangat dahsyat.

Masyarakat sekitar  sering melihat penampakan makhluk gaib seperti kuntilanak, gandaruwo dan pocong di taman ini. Cerita Ken (32), warga Jalan Melawai 3 tak berani melewati taman itu, karena pernah melihat sosok tinggi besar bermata merah menghadang mobilnya persis di pintu gerbang Taman Langsat.

Di Taman Langsat, kisah hantu dan orang-orang yang kesurupan bukan lagi cerita baru. Setidaknya, para pedagang yang berada di depan kuburan Barito tak jauh dari Taman Langsat, kerap menyaksikan orang-orang kesurupan. Salah satu, penjaga di sana, bahkan sudah terbiasa mencium aroma wewangian yang tiba-tiba muncul dan mendengar suara-suara tertawa yang tak jelas sumbernya.



Sumber:

Penulis       : Meidiana Aprilliani
Editor         : Meidiana Aprilliani


Comments

Popular posts from this blog

Wadaw! Akun Receh Twitter Ter-Goks Versi Meclub Online

Main Twitter hari gini udah gak asik?
WAH! Siapa bilang? Coba deh  follow akun-akun ini dulu.
Mungkin beberapa dari  kalian masih menganggap Twitter sudah tidak menyenangkan. Padahal dengan fitur Twitter yang sekarang, semakin banyak orang-orang yang kembali bercuitan di Twitter loh. 
Setelah beberapa tahun timeline Twitter agak sepi lantaran banyaknya model-model aplikasi sosial media seperti Path, Instagram dan Ask Fm. Tapi kamu masih bisa meramaikan lagi dan lebih menghibur lagi isi timelinemu dengan rekomendasi enam akun receh Twitter yang wajib untuk difollow. Penasaran?
1. @yeahmahasiswa
    2. @handokotjung Ide brilliant emang suka mengalir dengan sendirinya. Seperti halnya @handokotjung ini. Dia suka banget membuat  tweet receh bin nyeleneh. Yang membuat lebih terkejutnya lagi adalah tweetnya bisa menembus hingga 17 ribu retweet-an lhoo…. Amazing!

       3. @seterahdeh Emang paling terserah deh sama cuitannya di Twitter @seterahdeh  yang nyeleneh banget. Tapi entah mengapa, orang-oran…

Kenali Dunia Broadcasting Melalui Guest Lecturers

Kampus UB - Dalam rangka menerapkan tagline yang dimiliki oleh Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie yaitu Big Leap To The Real Experience, pada Kamis 18 Mei 2017 diadakan guest lecturer bersama salah satu stasiun televisi Indonesia yaitu ANTV.
Tema guest lecturer kali ini yaitu "Broadcast Yourself to be Real Broadcaster in Digital Age". Pembicara pada guest lecture kali ini yaitu Edi Cahyadi (Producer at Production ANTV) dan Riyo Nugroho (Spv. Program Director ANTV).
Guest lecture ini diikuiti oleh mahasiswa semester 2 Ilmu Komunikasi. Tujuan diadakannya acara tersebut yaitu agar para pesertanya dapat mengetahui bagaimana cara kerja di dunia broadcasting. Selain itu, menurut Ari Kurnia selaku salah satu dosen Ilmu Komunikasi, acara ini juga bertujuan untuk membantu mahasiswa/i dalam menentukan peminatan di semester 3 nanti. 

Berdasarkan pantauan Tim Liputan MeClub Online, antusias mahasiswa/i dalam mengikuti guest lecturer kali ini sangat luar biasa. Hal ini terlihat dari banyakn…

Sapta Agung Pratama, Presiden Baru MeClub Universitas Bakrie!

Sapta Agung Pratama, mahasiswa Jurnalistik dan Komunikasi Media Massa angkatan 2012 resmi menggantikan Ridwan Aji Pitoko, mahasiswa Jurnalistik dan Komunikasi Media Massa angkatan 2011 sebagai presiden MeClub Universitas Bakrie, Kamis (2/7). Terpilihnya Sapta, panggilan akrabnya, tak lepas dari banyaknya suara yang memilihnya sebagai presiden MeClub periode 2015-2016. Sapta pun menjadi presiden ketiga sepanjang sejarah MeClub Universitas Bakrie setelah Tri Wahyuni pada 2012-2013 dan Ridwan Aji Pitoko pada 2013-2015.
Sapta akan dibantu Nursita Sari selaku sekretaris jendral (sekjen) dalam memimpin MeClub. Sebelumnya, keduanya sudah tergabung dalam jajaran pengurus MeClub, yakni sebagai General Manager MecRadio dan General Manager MecOnline. Keduanya akan dibantu oleh anggota sebelumnya, yakni mahasiswa dan mahasiswi Jurnalistik dan Komunikasi Media Massa angkatan 2012, 2013, dan 2014.
Tugas pertama Sapta dan Nursita adalah membentuk jajaran pengurus MeClub yang baru untuk periode kepemim…