Langsung ke konten utama

AMIS #2: Jakarta, Kota Megapolitan Yang Sarat Cerita Mistis



Sumber foto: Hipwee

Jakarta memang identik dengan kota yang sudah maju dan penuh dengan gedung-gedung pencakar langit. Lekat dengan image kota metropolitan dan modern tidak membuat Jakarta lepas dengan kisah-kisah misteri yang bisa membuat bulu kuduk berdiri.

Nah! Berhubung Malam Jum’at,  edisi AMIS kali ini muncul dengan deretan cerita urband legend di Jakarta buat Sobat MeClub! Jangan di baca sendirian yaaa…

1      Terowongan Cassablanca

Menurut cerita yang beredar, lokasi terowongan yang berada dibawah jalan Kuningan ini sebelumnya adalah lahan untuk kuburan massal. Hal ini diperkuat dengan lokasinya yang bersebelahan dengan kawasan TPU Menteng PUlo. Kemudian pihak pemerintah memindahkan kuburan massal tersebut di suatu tempat. Namun, banyak yang meyakini bahwa ‘penunggu’ dari makam-makam tersebut belum ikut berpindah, mereka masih berada di lokasi yang merupakan bekas kuburan massal tersebut.

Oleh karena itu,  banyak kejadian-kejadian mistis akal terjadi di terowongan ini. Atmosfer terowongan ini juga terkesan agak lembab, sedikit berbeda dengan terowongan lainnya.

Makhluk astral berwujud nenek dipercayakan oleh masyarakat sekitar adalah wujud dari seorang arwah wanita yang dulunya menjadi korban pemerkosaan. Kisah tersebut sama persis dengan kisah dari sosok wanita berbaju merah, konon hantu tersebut adalah korban pemerkosaan yang mayatnya juga dibuang di tempat yang sama. Keangkeran dari terowongan ini pun semakin menjadi-jadi, pasalnya beberapa tahun yang lalu kabarnya ada seorang pria ditemukan tewas gantung diri tepat diatas pintu masuk terowongan Casablanca. Kabarnya dia ditemukan meninggal karena terbelit kain spanduk di terowongan ini.
Menurut kepercayaan masyarakat sekitar dikisahnya, jika para pengemudi yang melintas tempat ini di wajibkan untuk membunyikan klakson kendaraannya sebagai tanda untuk ijin melintas ke para penghuni gaib, jika tidak maka orang tersebut dipercaya akan mengalami musibah, mulai dari kecelakaan hingga teror makhluk halus lainnya.
.

2      Menara Saidah

Gedung mewah yang terletak di Jalan Gatot Subroto, Jakarta ini memang punya banyak kisah mistis yang masih hangat di perbincangkan sampai sekarang. Semenjak tutup di tahun 2007 banyak misteri soal alasan mengapa gedung yang termasuk mewah ini sampai ditutup di tahun ke 6-nya sejak didirikan.

Menurut cerita yang beredar, salah satu alasan gedung ini ditutup adalah karena ternyata konstruksi bangunannya yang miring, sehingga dapat membahayakan para penyewa. Hal ini kemudian diperkuat dengan penolakan sang pemilik untuk menunjukkan gambar struktur gedung, ketika salah satu universitas berniat membeli gedung ini. Sejak ditutup delapan tahun lalu, gedung ini dibiarkan kosong dan tidak terawat.

Salah satu yang terkenal dari gedung ini adalah cerita tentang Kuntilanak Merah yang kerap ditemui di lantai 3. Menurut cerita, Satpam Menara Saidah pernah dimintai seorang wanita dengan gaun merah untuk diantar ke lantai 14 untuk menemui temannya. Namun, saat pintu lift terbuka, wanita ini menghilang.

Cerita lain juga datang dari lantai Basement. Dimana Satpam sering mendengar suara gaduh dari lantai ini. Saat sampai di basement, ternyata tidak ada orang. Atmosfernya seperti keramaian namun tidak ada wujud manusia di sana. Satpam tersebut kemudian kabur karena ia dipanggil dan tiba-tiba dicolek di punggungnya.

Banyak cerita yang mengatakan Menara Saidah dibangun di atas lahan kuburan yang tidak dipindahkan jenazahnya. Itulah alasan yang banyak diyakini menajadi penyebab mengapa menara itu berhantu hingga kini. Keranda mayat ini pun sempat terlihat di lantai 3, satpam pun heran mengapa di gedung semegah ini bisa ada keranda.

3      Lintasan Rel Kereta Bintaro

Sebuah kecelakaan hebat terjadi pada 19 Oktober 1987 di rel kereta dekat Pondok Betung, Bintaro. Kecelakaan yang disebabkan oleh kelalaian manusia ini melibatkan 2 kereta api dan mengakibatkan 156 orang tewas. Banyak mayat-mayat yang ditemukan dalam kondisi anggota badan yang tercecer di sekitar lokasi kejadian. Kejadian ini lah yang memunculkan banyak kejadian mistis di lintasan ini sampai sekarang.

Imam (31), teknisi rel yang bekerja sejak tahun 1996. Ia pernah melihat makhluk yang wujudnya seperti orang berbalut sarung hitam. Meski kereta sudah bolak-balik lewat melindasnya, makhluk ini tak mau pergi seperti sengaja meledek. Akhirnya di rel tersebut diadakan pemotongan kerbau. Ia juga pernah bertemu makhluk serupa perempuan Belanda di zaman kolonial, dan kuntilanak melintas di rel.

Tempat yang terkenal dengan tabrakan kereta yang dahsyat yang banyak memakan korban ratusan nyawa hilang dengan mengenaskan. Ditempat ini sering berkeliaran organ tubuh tak bertuan, yang senantiasa menampakkan diri yang membuat suasana diareal lintasan kereta tersebut menjadi kawasan angker.

Di lintasannya sendiri juga sudah berulang kali terjadi kecelakaan yang memakan korban nyawa. Konon, lintasan ini dianggap angker karena sering terdengar suara orang menangis dan menjerit.

4      Taman Langsat

Taman Langsat terletak di di daerah Kramat Pela, Jakarta Selatan. Luas Taman ini kurang lebih 3,5 hektar. Lokasinya mudah dicapai dari terminal blok M maupun pasar mayestik. Sebenarnya, taman ini merupakan fasilitas olah raga dan bersantai yang cukup lengkap. Di dalamnya tumbuh pepohonan yang asri.

Dari berbagai cerita, taman ini dihuni oleh banyak makhluk gaib atau yang lebih sering kita sebut dengan hantu. Salah seorang paranormal ternama yang saat ini telah “pensiun” Ki Joko Bodo  membenarkan semua cerita-cerita mistis tentang hantu yang banyak beredar di masyarakat, Ki Joko juga berpesan kepada semua pengunjung Taman Langsat agar tidak melakukan tindakan yang aneh di taman ini karena di tempat tersebut memiliki energi supranatural yang sangat dahsyat.

Masyarakat sekitar  sering melihat penampakan makhluk gaib seperti kuntilanak, gandaruwo dan pocong di taman ini. Cerita Ken (32), warga Jalan Melawai 3 tak berani melewati taman itu, karena pernah melihat sosok tinggi besar bermata merah menghadang mobilnya persis di pintu gerbang Taman Langsat.

Di Taman Langsat, kisah hantu dan orang-orang yang kesurupan bukan lagi cerita baru. Setidaknya, para pedagang yang berada di depan kuburan Barito tak jauh dari Taman Langsat, kerap menyaksikan orang-orang kesurupan. Salah satu, penjaga di sana, bahkan sudah terbiasa mencium aroma wewangian yang tiba-tiba muncul dan mendengar suara-suara tertawa yang tak jelas sumbernya.



Sumber:

Penulis       : Meidiana Aprilliani
Editor         : Meidiana Aprilliani


Komentar

Postingan populer dari blog ini

KUMIS: HANTU TOILET MALL GRAND INDONESIA

Grafik oleh Nabilla Ramadhian Credit: youtube.com/watch?v=M6WGgqyxG3c Hai, Namaku Sarah. Hari ini aku memutuskan untuk menghabiskan waktu sepulang kuliah dengan menonton film baru yang sedang banyak diperbincangkan akhir-akhir ini. Aku dan 2 orang teman ku memutuskan untuk pergi ke salah satu bioskop di mall besar di tengah kota , Grand Indonesia (GI) . Sesampainya disana , kami berlari-larian untuk mencari “Teater 1 ” karena kami telah terlambat 10 menit. Setelah masuk, di dalamnya sudah penuh dengan penonton. Rata-rata penontonnya adalah anak SMA dan SMP, yaa tidak heran karena film-nya pun tentang kisah cinta remaja SMA. Kami pun de n gan seksama mencari nomor kursi kami yang berada di paling atas kiri teater . Setelah 30 menit film berjalan, aku merasa ingin buang kecil. Aku pun meminta Nisa, salah satu temaku , untuk menemani ke toilet namun ia menolak. Nampaknya ia terlalu tidak rela ketinggalan beberapa adegan manis dalam film yang berhasil membuat

Mau Ajukan Cicilan Uang Kuliah, Begini Caranya

Sapta AP - MeClub UB Jakarta - Bagi Sobat MeClub yang memiliki kesulitan memenuhi kewajiban pembayaran uang kuliah, meskipun dengan sistem pembayaran virtual account (VA), Kamu masih bisa mengajukan permohonan cicilan. Wakil Rektor Bidang Non-Akademik, Dr. Darminto, MBA, mengakui bahwa pada semester-semester sebelumnya, sejumlah mahasiswa sering mengajukan banyak variasi mengenai cicilan, seperti besaran pembayaran biaya pertama dan jumlah cicilan pembayaran. Saat ini sistem cicilan biaya kuliah sudah dibuat dengan cara yang lebih praktis dan lebih seragam. Secara umum, mahasiswa yang mengajukan cicilan pembayaran akan diberikan keringanan hanya untuk membayar BOP dan biaya registrasi sebagai pembayaran pertama. Darminto sendiri mengungkapkan bahwa pihak kampus akan melakukan negosiasi terkait besaran biaya pertama dan jumlah cicilan. "Untuk yang mendapat beasiswa Cemerlang, kalau misalnya dia mengajukan pembayaran pertama sebesar 4 juta sementara dia harus bay

E-Scooter : Fasilitas baru yang ada di GBK

Gelora bung karno (GBK) Senayan, Jakarta menjadi tempat terbaik untuk melepaskan kepenatan dengan melakukan aktivitas berolahraga bagi warga ibukota. Sejumlah fasilitas penunjang disediakan agar semua kalangan bisa menikmati waktu olahraganya dengan lebih nyaman. Selain itu, area Gelora Bung Karno selalu dipadati pengunjung untuk berolahraga, seperti lari pagi atau bersepeda.   Kalian bisa bersepeda keliling komplek GBK yang luasnya sekitar 67 hektar. Namun , ada lagi fasilitas baru yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung, yaitu skuter elektronik atau yang sering disebut dengan e-scooter .  Skuter elektris (secara internasional lebih dikenal sebagai  electric kick-scooters  atau  e-scooters ) merupakan skuter yang 100% digerakan dengan tenaga listrik, sehingga tidak memproduksi asap dan suara bising. Skuter elektris biasanya mempunyai satu roda di depan dan di belakang, dan terkadang skuter elektris juga didesain dengan tiga roda. Kecepatan skuter elektris biasanya 20 – 50 km/jam