Skip to main content

Ini Dia 5 Negara Dengan Perayaan Imlek Terunik



Sumber foto: Google


Tahun baru Imlek adalah hari yang penting dan sangat di tunggu oleh masyarakat  Tionghoa. Bagaimana tidak, hari raya ini adalah hari dimana masyarakat Tionghoa berkumpul dengan sanak saudara dan keluaraga besarnmya. Perayaan imlek di laksanakan di berbagai Negara seperti China, Taiwan, Hongkong dan lainnya.  
Selain itu, tak jarang pula kita jumpai bahwa terdapat berbagai macam tradisi yang mereka lakukan saat perayaan imlek. Yang umumnya, perayaaan tersebut dilakukan secara meriah. Yuk! intip apa saja sih tradisi yang mereka jalani untuk menyambut perayaan imlek.

1.      China


China merupakan suatu Negara asal dari perayaan imlek. Biasanya saat perayaan imlek tiba, maka penduduknya akan libur sekitar 3 sampai 5 hari. Setelah itu mereka akan berkumpul bersama keluarga besarnya. Mereka juga membeli bunga  untuk menambah dari semaraknya imlek.

Lalu, dilanjutkan dengan pergi ke kuil untuk berdoa. Tak lupa pula mereka juga memberikan angpao kepada anak-anak. Selain itu, pada perayaan imlek biasanya juga ada kembang api serta menggunakan pakaian dan pernak pernik yang berwarna merah.



2.      Singapura

Sumber Foto: Google

 
Di Singapura memiliki banyak penduduk etnis Tionghoa yang berkisar 70%. Dengan memiliki penduduk yang cukup banyak, perayaan imlek yang dilaksanakan di Singapura juga di nobatkan sebagai perayaan yang paling meriah setelah perayaan natal dan tahun baru.

Di kawasan Chinatown ini dimana tempat perayaan imlek dilaksanakan. Di sepanjang jalan biasanya akan banyak street ligh-up atau penyalaan lampu di sepanjang jalan. Lalu juga akan di susul dengan kembang api.

Selain itu juga terdapat berbagai festival, salah satunya festival kuliner. Yang ingin melihat parade dapat datang ke Kreta Ayer Square untuk melihat parade Chingay. Disana juga terdapat bazaar dan dapat menonton tarian Singa dan naga.

Di Singapura juga akrab dengan memberikan hadiah berupa buah jeruk yang diyakini sebagai tanda kebahagiaan. Masyarakat di Singapura akan memberikan jeruk kepada orang-orang yang mereka sayangi agar dapat berbagi kebahagiaan.





3.      Vietnam

Sumber Foto: Google
Ada yang berbeda dari Negara Vuetnam. Jika beberapa Negara lebih dominan merayakan dengan menghadiri festival atau mengunjungi keluarga mulai dari yang paling tua hingga yang paling muda, tetapi tidak dengan Vietnam.

Masyarakat di Vietnam merayakan perayaan imlek dengan mengundang orang-orang atau tamu yang mereka anggap bahwa orang tersebut dapat memberikan keberuntungan di keluarga mereka. Tamu yang diundang umumnya yang mereka anggap sebagai orang yang baik, selain itu juga memiliki kekayaan atau rezeki yang cukup banyak pula.

Masyarakat di Vietnam percaya bahwa dengan mengundang para tamu yang baik maka akan mendatangkan keberuntungan pada keluarga mereka pada tahun-tahun pertama dan selanjutnya.

4.      Korea Selatan

Sama seperi Negara lainnya, di Korea Selatan perayaan imlek juga dilakukan dengan mengunjungi keluarga besar dan sanak saudara yang ada. Masyarakat di Korea Selatan umumnya pulang ke kampong halaman mereka beberapa hari sebelum perayaan tahun baru imlek.

Perayaan hari raya imlek di Korea selatan disebut dengan Seollal, Seollal merupakan perayaan hari raya imlek yang dilakukan di Korea Selatan. Saat perayaan ini mereka umumnya  akan mulai mempersiapkan perayaannya seminggu sebelum hari perayaan.
Saat perayaan imlek, masyarakat Korea Selatan melakukan Tradisi mereka yaitu ritual sebagai bentuk penghormatan kepada para leluhur nya. Selain itu mereka juga menggunakan pakaiam adat tradisional mereka dan juga dilanjutkan dengan makan bersama keluarga.



5.      San Fransisco


Berbeda dari kebanyakan negara di Asia, perayaan imlek yang dilakukan di Amerila Serikat bisa dibilang cukup unik. Salah satunya terletak di San Fransisco. Perayaan tahun baru imlek di San Fransisko ini menyelenggarakan suatu acara tarian naga yang dimainkan lebih dari 40 orang. Tarian naga ini juga memiliki panjang kurang lebih 87 meter. Tak lupa pula saat perayaan tersebut juga terdapat berbagai petasan yang ikut merayakan tarian tersebut.
Selain adanya tarian naga, di San Fransisco juga menyuguhkan berbagai pertunjukan musik tradisional. Dan juga terdapat perayaan yang unik dan sangat di nantikan oleh masyarakat yang berada di San Fransisko, yaitu ajang Miss Chinatown di USA. Ajang Miss Chinatwon ini sudah berdiri sejak tahun 1953. Ajang Miss Chinatwon ini banyak di ikuti oleh masyarakat yang memiliki keturunan China. Dan yang menang akan menjadi perwakilan dari komunitas China yang berada di amerika. Sekaligus sebagai duta besar. Karna kontes kecantikan Miss Chinatown ini pula masyarakat banyak berlomba-lomba untuk mengikuti ajang tersebut.


Nah, Itu dia 5 negara yang merayakan tahun baru imlek dengan berbagai macam cara dan juga tradisi yang cukup unik. Well, tradisi dari negara mana yang menjadi favoritmu?




Penulis : Chania Aulia Humayrha
Editor    : Meidiana Aprilliani

Sumber :



Comments


  1. numpang promote ya min ^^

    Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

E-Scooter : Fasilitas baru yang ada di GBK

Gelora bung karno (GBK) Senayan, Jakarta menjadi tempat terbaik untuk melepaskan kepenatan dengan melakukan aktivitas berolahraga bagi warga ibukota. Sejumlah fasilitas penunjang disediakan agar semua kalangan bisa menikmati waktu olahraganya dengan lebih nyaman. Selain itu, area Gelora Bung Karno selalu dipadati pengunjung untuk berolahraga, seperti lari pagi atau bersepeda.  Kalian bisa bersepeda keliling komplek GBK yang luasnya sekitar 67 hektar. Namun, ada lagi fasilitas baru yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung, yaitu skuter elektronik atau yang sering disebut dengan e-scooter
Skuter elektris (secara internasional lebih dikenal sebagai electric kick-scooters atau e-scooters) merupakan skuter yang 100% digerakan dengan tenaga listrik, sehingga tidak memproduksi asap dan suara bising. Skuter elektris biasanya mempunyai satu roda di depan dan di belakang, dan terkadang skuter elektris juga didesain dengan tiga roda. Kecepatan skuter elektris biasanya 20 – 50 km/jam, tetapi terda…

Wadaw! Akun Receh Twitter Ter-Goks Versi Meclub Online

Main Twitter hari gini udah gak asik?
WAH! Siapa bilang? Coba deh  follow akun-akun ini dulu.
Mungkin beberapa dari  kalian masih menganggap Twitter sudah tidak menyenangkan. Padahal dengan fitur Twitter yang sekarang, semakin banyak orang-orang yang kembali bercuitan di Twitter loh. 
Setelah beberapa tahun timeline Twitter agak sepi lantaran banyaknya model-model aplikasi sosial media seperti Path, Instagram dan Ask Fm. Tapi kamu masih bisa meramaikan lagi dan lebih menghibur lagi isi timelinemu dengan rekomendasi enam akun receh Twitter yang wajib untuk difollow. Penasaran?
1. @yeahmahasiswa
    2. @handokotjung Ide brilliant emang suka mengalir dengan sendirinya. Seperti halnya @handokotjung ini. Dia suka banget membuat  tweet receh bin nyeleneh. Yang membuat lebih terkejutnya lagi adalah tweetnya bisa menembus hingga 17 ribu retweet-an lhoo…. Amazing!

       3. @seterahdeh Emang paling terserah deh sama cuitannya di Twitter @seterahdeh  yang nyeleneh banget. Tapi entah mengapa, orang-oran…

Larang Mahasiswanya Kenakan Almet Saat Unjuk Rasa, Edaran Senat UB Tuai Pro Kontra

Sumber foto: Thearyaten
Jakarta, 25 September 2019 – Senat Universitas Bakrie mengumumkan pelarangan bagi mahasiswa/i Universitas Bakrie untuk melakukan aksi demo di DPR kemarin dengan mengenakan almamater kampus. Hal ini disampaikan dalam unggahan Instagram @senatub yang diunggah pada Senin, (23/9).
Sumber: Intagram.com/senatub
“Diberitahukan kepada seluruh Mahasiswa Universitas Bakrie bahwa Jas Almamater tidak boleh digunakan untuk kegiatan demonstrasi di gedung DPR RI pada tanggal 24 September 2019 sebagaimana yang tertera pada SOP Penggunaan Jas Almamater pada Pasal 10 poin A. Pihak Kampus Universitas Bakrie memberikan sanksi berupa pengeluaran (DROP OUT). Maka dari itu, jika tetap ingin tetap berpartisipasi turunlah atas nama rakyat dan mahasiswa tanpa membawa/mengenakan atribut identitas Universitas Bakrie.” bunyi siaran pers/press release Senat Universitas Bakrie.
Sumber: Intagram.com/senatub
Jika dilihat dari penjelasan yang ada di slide ke-2 gambar dalam unggahan tersebut, laranga…