Langsung ke konten utama

Saturday's Smashout #2: Nostalgia: Survival Dari Kota Zombie - Raccoon City

Resident Evil 2 Remake (2019) yang diperankan oleh Leon Kennedy (Kiri) dan Claire Redfield (Kanan) Dok. Google


Resident Evil, salah satu tahun game dengan genre horror action besutan Capcom. Game Resident Evil series berhasil membuat Capcom semakin di kelas oleh para gamer. Salah satu seri terbaik dari Resident Evil adalah Resident Evil 2 yang rilis pada tahun 1998 dan menjadi salah satu game legendaris bagi para gamers veteran yang berhasil terjual sebanyak 7 juta pada masanya.
Developer Capcom terus berinovasi dalam pembuatan game yang menarik perhatian para gamer, seperti dibuatnya Resident Evil 2 Remake yang berhasil rilis pada tahun 2019. Dengan pembuatan game ini menggunakan RE Engine  terlihat jelas perubahan yang signifikan dari segi grafik dan gameplay, serta jalan cerita yang sedikit diubah dari versi jadul Resident Evil 2 tahun 1998. Berkat dukungan teknologi yang semakin canggih, membuat gameplay ini terlihat lebih realistis dengan menggunakan third person camera angle. Berbeda dengan versi terdahulunya yang menggunakan  fixed person camera angle.


Gameplay Resident Evil 2 tahun 1998 (Kiri), Resident Evil 2 Remake (Kanan) – Youtube Channel : Game Intros & Finales

Bercerita tentang sebuah kota kecil, Raccoon City, terinfeksi oleh sebuah bio weapon yang belum sempurna bernama G-Virus, dibuat oleh Professor William Birkin. Namun sebuah organisasi pesaingnya, Umbrella Corporation yang bertujuan untuk membuat sebuah bio weapon, berkeinginan untuk mencuri G-Virus untuk kepentingan organisasi. Aksi pencurian oleh anggota Umbrella Corporation tidak berjalan mulus, mengakibatkan G-Virus yang disimpan pada sebuah cylinder glass jatuh dan G-Virus tumpah ke permukaan dan menyebar ke seluruh daerah di Kota Raccoon City. Sehingga menjadi wabah yang mengerikan bagi manusia, yaitu menjadi zombie hidup. Perubahan manusia menjadi zombie sangat cepat dikarenakan pada Resident Evil 2 Remake, zombie terlihat lebih agresif untuk menerkam manusia dan menyebarkan G-Virus yang kemudian menjadi zombie dengan cepat.


Umbrella Corporation, Organisasi yang Gagal Mencuri G-Virus – Google Image

Pada karakter utama Resident Evil 2 Remake ini, masih menggunakan 2 karakter penting yaitu Leon S. Kennedy (berprofesi sebagai polisi junior) dan Claire Redfield (wanita muda yang sedang mencari kakaknya di Raccoon City), serta tempat yang masih sama yaitu berlokasi di Raccoon City, seperti pada versi terdahulunya. Namun dalam versi ini, karakter bisa dimainkan secara terpisah dan pemain bisa memilih siapa yang ingin dimainkan terlebih dahulu, Leon atau Claire. Dan tiap pemain memiliki tantangan serta skenario yang berbeda. Untuk tingkatan level permainan, sama halnya dengan Resident Evil 2 versi 1998, bisa disesuaikan dengan pilihan pemain. 

Prologue gameplay Resident Evil 2 Remake  – Youtube
Petualangan menyusuri Raccoon City, berawal saat Leon dan Claire bertemu pada awal permainan (prolog) di sebuah pom bensin di pinggir Raccoon City. Pada saat itu Leon merupakan seorang polisi junior yang sedang bertugas pada hari pertamanya bertemu dengan Claire, yang sedang mencari kakaknya di Reccoon City dan mereka menyadari bahwa kota tersebut dalam kondisi yang tidak wajar ketika saat perjalanan bersama menggunakan mobil polisi menyusuri kota tersebut. Tidak disangka, pada saat perjalanan mereka tertabrak oleh sebuah truk bensin yang dikendalikan secara tidak terkontrol. Sehingga mereka terpaksa untuk keluar dari mobil dan mobil meledak seketika membuat sekeliling terbakar. 

Dikarenakan sekeliling dipenuhi dengan kobaran api yang melahap jalanan dan beberapa kendaraan yang menutup jalanan, keadaan mereka pula sangat tidak layak untuk bertahan, akibatnya Leon dan Claire terpisah. Sementara zombie bermunculan di sekeliling mereka, sehingga mereka sepakat untuk bertemu di RPD (Raccoon Police Department) sebagai tempat yang aman untuk berlindung terdekat.

 
Claire Redfield


Leon Kennedy
Ternyata tempat ‘janjian’ yang mereka inginkan tidak aman seperti yang dipikirkan oleh mereka. Kantor polisi Raccoon City sudah diisi dengan kumpulan zombie yang berasal dari sekumpulan polisi dan lebih agresif daripada versi terdahulunya. Seperti ditemukan zombie yang bisa membuka pintu yang tertutup, untuk tingkat keagresifan zombie dapat diukur dari seberapa level yang di ambil. Efek suara serta jumpscare yang dihasilkan terdengar lebih real. Pencahayaan yang tergolong lebih dark, seolah-olah pemain terbawa langsung pada situasi. Alur cerita dari tiap karakter akan berbeda dan menjalankan misi permainan sesuai karakternya masing-masing. Namun akankah mereka bisa bertemu? Dan apakah mereka bisa bertahan hidup di Raccoon City yang berubah menjadi kota zombie?

Tampak Depan Kantor Polisi Racoon City (RPD) – Google Image

Grafik yang disuguhkan dari game ini lebih realistis, jalan cerita dibuat lebih menarik dan lebih masuk akal dari versi terdahulu. Bagi penggemar games bergenre horror-action, pastinya sangat direkomendasikan. Ditambah lagi game ini mengajak gamers untuk bernostalgia dan merasakan sensasi bermain Resident Evil 2 dalam kualitas grafik, suara, model dan tekstur, pencahayaan (lighting) dan gameplay yang lebih sempurna.


Genre                   : Horror, Action, Sci-Fi
Console               : PS4, XBOX ONE, PC (release date, 25th January 2019)

Penulis: Alifva Bestari
Editor: Arinda Dediana


Komentar


  1. numpang promote ya min ^^

    Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

KUMIS: HANTU TOILET MALL GRAND INDONESIA

Grafik oleh Nabilla Ramadhian Credit: youtube.com/watch?v=M6WGgqyxG3c Hai, Namaku Sarah. Hari ini aku memutuskan untuk menghabiskan waktu sepulang kuliah dengan menonton film baru yang sedang banyak diperbincangkan akhir-akhir ini. Aku dan 2 orang teman ku memutuskan untuk pergi ke salah satu bioskop di mall besar di tengah kota , Grand Indonesia (GI) . Sesampainya disana , kami berlari-larian untuk mencari “Teater 1 ” karena kami telah terlambat 10 menit. Setelah masuk, di dalamnya sudah penuh dengan penonton. Rata-rata penontonnya adalah anak SMA dan SMP, yaa tidak heran karena film-nya pun tentang kisah cinta remaja SMA. Kami pun de n gan seksama mencari nomor kursi kami yang berada di paling atas kiri teater . Setelah 30 menit film berjalan, aku merasa ingin buang kecil. Aku pun meminta Nisa, salah satu temaku , untuk menemani ke toilet namun ia menolak. Nampaknya ia terlalu tidak rela ketinggalan beberapa adegan manis dalam film yang berhasil membuat

Skripsi Semester 7, Ya atau Tidak?

doc. Google Kebijakan Biro Administrasi Akademik Universitas Bakrie terkait syarat pengambilan skripsi bagi mahasiswa tingkat akhir masih belum banyak diketahui mahasiswa. Kabar yang beredar bahwa mahasiswa baru diperbolehkan mengambil skripsi jika SKS yang terpenuhi sudah mencapai 138 SKS. "Aku ambilnya semester 8 karena emang Ilkom (Ilmu Komunikasi) angkatan pertama baru bisa ambil skripsi pas semester 8. Syaratnya ada minimal 138 SKS dan lulus mata kuliah wajib gitu . Karena emang sistem SKSnya dipaketin gitu , kalo  yang sekarang kan nggak ," ujar lulusan program studi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie, Firsta Putri Nodia. Sama halnya seperti Firsta, mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie tingkat akhir (angkatan 2011), Dita Amaliana, pun mengetahui bahwa syarat mengambil skripsi adalah lulus 138 SKS. " Sebenernya sih dapet bocoran tahu gitu dari temen-temen juga. Awalnya katanya 138 SKS sampe semester ini, tapi kan gue udah 140 kalo s

Mau Ajukan Cicilan Uang Kuliah, Begini Caranya

Sapta AP - MeClub UB Jakarta - Bagi Sobat MeClub yang memiliki kesulitan memenuhi kewajiban pembayaran uang kuliah, meskipun dengan sistem pembayaran virtual account (VA), Kamu masih bisa mengajukan permohonan cicilan. Wakil Rektor Bidang Non-Akademik, Dr. Darminto, MBA, mengakui bahwa pada semester-semester sebelumnya, sejumlah mahasiswa sering mengajukan banyak variasi mengenai cicilan, seperti besaran pembayaran biaya pertama dan jumlah cicilan pembayaran. Saat ini sistem cicilan biaya kuliah sudah dibuat dengan cara yang lebih praktis dan lebih seragam. Secara umum, mahasiswa yang mengajukan cicilan pembayaran akan diberikan keringanan hanya untuk membayar BOP dan biaya registrasi sebagai pembayaran pertama. Darminto sendiri mengungkapkan bahwa pihak kampus akan melakukan negosiasi terkait besaran biaya pertama dan jumlah cicilan. "Untuk yang mendapat beasiswa Cemerlang, kalau misalnya dia mengajukan pembayaran pertama sebesar 4 juta sementara dia harus bay