Skip to main content

Saturday's Smashout #2: Nostalgia: Survival Dari Kota Zombie - Raccoon City

Resident Evil 2 Remake (2019) yang diperankan oleh Leon Kennedy (Kiri) dan Claire Redfield (Kanan) Dok. Google


Resident Evil, salah satu tahun game dengan genre horror action besutan Capcom. Game Resident Evil series berhasil membuat Capcom semakin di kelas oleh para gamer. Salah satu seri terbaik dari Resident Evil adalah Resident Evil 2 yang rilis pada tahun 1998 dan menjadi salah satu game legendaris bagi para gamers veteran yang berhasil terjual sebanyak 7 juta pada masanya.
Developer Capcom terus berinovasi dalam pembuatan game yang menarik perhatian para gamer, seperti dibuatnya Resident Evil 2 Remake yang berhasil rilis pada tahun 2019. Dengan pembuatan game ini menggunakan RE Engine  terlihat jelas perubahan yang signifikan dari segi grafik dan gameplay, serta jalan cerita yang sedikit diubah dari versi jadul Resident Evil 2 tahun 1998. Berkat dukungan teknologi yang semakin canggih, membuat gameplay ini terlihat lebih realistis dengan menggunakan third person camera angle. Berbeda dengan versi terdahulunya yang menggunakan  fixed person camera angle.


Gameplay Resident Evil 2 tahun 1998 (Kiri), Resident Evil 2 Remake (Kanan) – Youtube Channel : Game Intros & Finales

Bercerita tentang sebuah kota kecil, Raccoon City, terinfeksi oleh sebuah bio weapon yang belum sempurna bernama G-Virus, dibuat oleh Professor William Birkin. Namun sebuah organisasi pesaingnya, Umbrella Corporation yang bertujuan untuk membuat sebuah bio weapon, berkeinginan untuk mencuri G-Virus untuk kepentingan organisasi. Aksi pencurian oleh anggota Umbrella Corporation tidak berjalan mulus, mengakibatkan G-Virus yang disimpan pada sebuah cylinder glass jatuh dan G-Virus tumpah ke permukaan dan menyebar ke seluruh daerah di Kota Raccoon City. Sehingga menjadi wabah yang mengerikan bagi manusia, yaitu menjadi zombie hidup. Perubahan manusia menjadi zombie sangat cepat dikarenakan pada Resident Evil 2 Remake, zombie terlihat lebih agresif untuk menerkam manusia dan menyebarkan G-Virus yang kemudian menjadi zombie dengan cepat.


Umbrella Corporation, Organisasi yang Gagal Mencuri G-Virus – Google Image

Pada karakter utama Resident Evil 2 Remake ini, masih menggunakan 2 karakter penting yaitu Leon S. Kennedy (berprofesi sebagai polisi junior) dan Claire Redfield (wanita muda yang sedang mencari kakaknya di Raccoon City), serta tempat yang masih sama yaitu berlokasi di Raccoon City, seperti pada versi terdahulunya. Namun dalam versi ini, karakter bisa dimainkan secara terpisah dan pemain bisa memilih siapa yang ingin dimainkan terlebih dahulu, Leon atau Claire. Dan tiap pemain memiliki tantangan serta skenario yang berbeda. Untuk tingkatan level permainan, sama halnya dengan Resident Evil 2 versi 1998, bisa disesuaikan dengan pilihan pemain. 

Prologue gameplay Resident Evil 2 Remake  – Youtube
Petualangan menyusuri Raccoon City, berawal saat Leon dan Claire bertemu pada awal permainan (prolog) di sebuah pom bensin di pinggir Raccoon City. Pada saat itu Leon merupakan seorang polisi junior yang sedang bertugas pada hari pertamanya bertemu dengan Claire, yang sedang mencari kakaknya di Reccoon City dan mereka menyadari bahwa kota tersebut dalam kondisi yang tidak wajar ketika saat perjalanan bersama menggunakan mobil polisi menyusuri kota tersebut. Tidak disangka, pada saat perjalanan mereka tertabrak oleh sebuah truk bensin yang dikendalikan secara tidak terkontrol. Sehingga mereka terpaksa untuk keluar dari mobil dan mobil meledak seketika membuat sekeliling terbakar. 

Dikarenakan sekeliling dipenuhi dengan kobaran api yang melahap jalanan dan beberapa kendaraan yang menutup jalanan, keadaan mereka pula sangat tidak layak untuk bertahan, akibatnya Leon dan Claire terpisah. Sementara zombie bermunculan di sekeliling mereka, sehingga mereka sepakat untuk bertemu di RPD (Raccoon Police Department) sebagai tempat yang aman untuk berlindung terdekat.

 
Claire Redfield


Leon Kennedy
Ternyata tempat ‘janjian’ yang mereka inginkan tidak aman seperti yang dipikirkan oleh mereka. Kantor polisi Raccoon City sudah diisi dengan kumpulan zombie yang berasal dari sekumpulan polisi dan lebih agresif daripada versi terdahulunya. Seperti ditemukan zombie yang bisa membuka pintu yang tertutup, untuk tingkat keagresifan zombie dapat diukur dari seberapa level yang di ambil. Efek suara serta jumpscare yang dihasilkan terdengar lebih real. Pencahayaan yang tergolong lebih dark, seolah-olah pemain terbawa langsung pada situasi. Alur cerita dari tiap karakter akan berbeda dan menjalankan misi permainan sesuai karakternya masing-masing. Namun akankah mereka bisa bertemu? Dan apakah mereka bisa bertahan hidup di Raccoon City yang berubah menjadi kota zombie?

Tampak Depan Kantor Polisi Racoon City (RPD) – Google Image

Grafik yang disuguhkan dari game ini lebih realistis, jalan cerita dibuat lebih menarik dan lebih masuk akal dari versi terdahulu. Bagi penggemar games bergenre horror-action, pastinya sangat direkomendasikan. Ditambah lagi game ini mengajak gamers untuk bernostalgia dan merasakan sensasi bermain Resident Evil 2 dalam kualitas grafik, suara, model dan tekstur, pencahayaan (lighting) dan gameplay yang lebih sempurna.


Genre                   : Horror, Action, Sci-Fi
Console               : PS4, XBOX ONE, PC (release date, 25th January 2019)

Penulis: Alifva Bestari
Editor: Arinda Dediana


Comments

Popular posts from this blog

Wadaw! Akun Receh Twitter Ter-Goks Versi Meclub Online

Main Twitter hari gini udah gak asik?
WAH! Siapa bilang? Coba deh  follow akun-akun ini dulu.
Mungkin beberapa dari  kalian masih menganggap Twitter sudah tidak menyenangkan. Padahal dengan fitur Twitter yang sekarang, semakin banyak orang-orang yang kembali bercuitan di Twitter loh. 
Setelah beberapa tahun timeline Twitter agak sepi lantaran banyaknya model-model aplikasi sosial media seperti Path, Instagram dan Ask Fm. Tapi kamu masih bisa meramaikan lagi dan lebih menghibur lagi isi timelinemu dengan rekomendasi enam akun receh Twitter yang wajib untuk difollow. Penasaran?
1. @yeahmahasiswa
    2. @handokotjung Ide brilliant emang suka mengalir dengan sendirinya. Seperti halnya @handokotjung ini. Dia suka banget membuat  tweet receh bin nyeleneh. Yang membuat lebih terkejutnya lagi adalah tweetnya bisa menembus hingga 17 ribu retweet-an lhoo…. Amazing!

       3. @seterahdeh Emang paling terserah deh sama cuitannya di Twitter @seterahdeh  yang nyeleneh banget. Tapi entah mengapa, orang-oran…

Kenali Dunia Broadcasting Melalui Guest Lecturers

Kampus UB - Dalam rangka menerapkan tagline yang dimiliki oleh Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie yaitu Big Leap To The Real Experience, pada Kamis 18 Mei 2017 diadakan guest lecturer bersama salah satu stasiun televisi Indonesia yaitu ANTV.
Tema guest lecturer kali ini yaitu "Broadcast Yourself to be Real Broadcaster in Digital Age". Pembicara pada guest lecture kali ini yaitu Edi Cahyadi (Producer at Production ANTV) dan Riyo Nugroho (Spv. Program Director ANTV).
Guest lecture ini diikuiti oleh mahasiswa semester 2 Ilmu Komunikasi. Tujuan diadakannya acara tersebut yaitu agar para pesertanya dapat mengetahui bagaimana cara kerja di dunia broadcasting. Selain itu, menurut Ari Kurnia selaku salah satu dosen Ilmu Komunikasi, acara ini juga bertujuan untuk membantu mahasiswa/i dalam menentukan peminatan di semester 3 nanti. 

Berdasarkan pantauan Tim Liputan MeClub Online, antusias mahasiswa/i dalam mengikuti guest lecturer kali ini sangat luar biasa. Hal ini terlihat dari banyakn…

Sapta Agung Pratama, Presiden Baru MeClub Universitas Bakrie!

Sapta Agung Pratama, mahasiswa Jurnalistik dan Komunikasi Media Massa angkatan 2012 resmi menggantikan Ridwan Aji Pitoko, mahasiswa Jurnalistik dan Komunikasi Media Massa angkatan 2011 sebagai presiden MeClub Universitas Bakrie, Kamis (2/7). Terpilihnya Sapta, panggilan akrabnya, tak lepas dari banyaknya suara yang memilihnya sebagai presiden MeClub periode 2015-2016. Sapta pun menjadi presiden ketiga sepanjang sejarah MeClub Universitas Bakrie setelah Tri Wahyuni pada 2012-2013 dan Ridwan Aji Pitoko pada 2013-2015.
Sapta akan dibantu Nursita Sari selaku sekretaris jendral (sekjen) dalam memimpin MeClub. Sebelumnya, keduanya sudah tergabung dalam jajaran pengurus MeClub, yakni sebagai General Manager MecRadio dan General Manager MecOnline. Keduanya akan dibantu oleh anggota sebelumnya, yakni mahasiswa dan mahasiswi Jurnalistik dan Komunikasi Media Massa angkatan 2012, 2013, dan 2014.
Tugas pertama Sapta dan Nursita adalah membentuk jajaran pengurus MeClub yang baru untuk periode kepemim…