Skip to main content

Saturday's Smashout #2: Nostalgia: Survival Dari Kota Zombie - Raccoon City

Resident Evil 2 Remake (2019) yang diperankan oleh Leon Kennedy (Kiri) dan Claire Redfield (Kanan) Dok. Google


Resident Evil, salah satu tahun game dengan genre horror action besutan Capcom. Game Resident Evil series berhasil membuat Capcom semakin di kelas oleh para gamer. Salah satu seri terbaik dari Resident Evil adalah Resident Evil 2 yang rilis pada tahun 1998 dan menjadi salah satu game legendaris bagi para gamers veteran yang berhasil terjual sebanyak 7 juta pada masanya.
Developer Capcom terus berinovasi dalam pembuatan game yang menarik perhatian para gamer, seperti dibuatnya Resident Evil 2 Remake yang berhasil rilis pada tahun 2019. Dengan pembuatan game ini menggunakan RE Engine  terlihat jelas perubahan yang signifikan dari segi grafik dan gameplay, serta jalan cerita yang sedikit diubah dari versi jadul Resident Evil 2 tahun 1998. Berkat dukungan teknologi yang semakin canggih, membuat gameplay ini terlihat lebih realistis dengan menggunakan third person camera angle. Berbeda dengan versi terdahulunya yang menggunakan  fixed person camera angle.


Gameplay Resident Evil 2 tahun 1998 (Kiri), Resident Evil 2 Remake (Kanan) – Youtube Channel : Game Intros & Finales

Bercerita tentang sebuah kota kecil, Raccoon City, terinfeksi oleh sebuah bio weapon yang belum sempurna bernama G-Virus, dibuat oleh Professor William Birkin. Namun sebuah organisasi pesaingnya, Umbrella Corporation yang bertujuan untuk membuat sebuah bio weapon, berkeinginan untuk mencuri G-Virus untuk kepentingan organisasi. Aksi pencurian oleh anggota Umbrella Corporation tidak berjalan mulus, mengakibatkan G-Virus yang disimpan pada sebuah cylinder glass jatuh dan G-Virus tumpah ke permukaan dan menyebar ke seluruh daerah di Kota Raccoon City. Sehingga menjadi wabah yang mengerikan bagi manusia, yaitu menjadi zombie hidup. Perubahan manusia menjadi zombie sangat cepat dikarenakan pada Resident Evil 2 Remake, zombie terlihat lebih agresif untuk menerkam manusia dan menyebarkan G-Virus yang kemudian menjadi zombie dengan cepat.


Umbrella Corporation, Organisasi yang Gagal Mencuri G-Virus – Google Image

Pada karakter utama Resident Evil 2 Remake ini, masih menggunakan 2 karakter penting yaitu Leon S. Kennedy (berprofesi sebagai polisi junior) dan Claire Redfield (wanita muda yang sedang mencari kakaknya di Raccoon City), serta tempat yang masih sama yaitu berlokasi di Raccoon City, seperti pada versi terdahulunya. Namun dalam versi ini, karakter bisa dimainkan secara terpisah dan pemain bisa memilih siapa yang ingin dimainkan terlebih dahulu, Leon atau Claire. Dan tiap pemain memiliki tantangan serta skenario yang berbeda. Untuk tingkatan level permainan, sama halnya dengan Resident Evil 2 versi 1998, bisa disesuaikan dengan pilihan pemain. 

Prologue gameplay Resident Evil 2 Remake  – Youtube
Petualangan menyusuri Raccoon City, berawal saat Leon dan Claire bertemu pada awal permainan (prolog) di sebuah pom bensin di pinggir Raccoon City. Pada saat itu Leon merupakan seorang polisi junior yang sedang bertugas pada hari pertamanya bertemu dengan Claire, yang sedang mencari kakaknya di Reccoon City dan mereka menyadari bahwa kota tersebut dalam kondisi yang tidak wajar ketika saat perjalanan bersama menggunakan mobil polisi menyusuri kota tersebut. Tidak disangka, pada saat perjalanan mereka tertabrak oleh sebuah truk bensin yang dikendalikan secara tidak terkontrol. Sehingga mereka terpaksa untuk keluar dari mobil dan mobil meledak seketika membuat sekeliling terbakar. 

Dikarenakan sekeliling dipenuhi dengan kobaran api yang melahap jalanan dan beberapa kendaraan yang menutup jalanan, keadaan mereka pula sangat tidak layak untuk bertahan, akibatnya Leon dan Claire terpisah. Sementara zombie bermunculan di sekeliling mereka, sehingga mereka sepakat untuk bertemu di RPD (Raccoon Police Department) sebagai tempat yang aman untuk berlindung terdekat.

 
Claire Redfield


Leon Kennedy
Ternyata tempat ‘janjian’ yang mereka inginkan tidak aman seperti yang dipikirkan oleh mereka. Kantor polisi Raccoon City sudah diisi dengan kumpulan zombie yang berasal dari sekumpulan polisi dan lebih agresif daripada versi terdahulunya. Seperti ditemukan zombie yang bisa membuka pintu yang tertutup, untuk tingkat keagresifan zombie dapat diukur dari seberapa level yang di ambil. Efek suara serta jumpscare yang dihasilkan terdengar lebih real. Pencahayaan yang tergolong lebih dark, seolah-olah pemain terbawa langsung pada situasi. Alur cerita dari tiap karakter akan berbeda dan menjalankan misi permainan sesuai karakternya masing-masing. Namun akankah mereka bisa bertemu? Dan apakah mereka bisa bertahan hidup di Raccoon City yang berubah menjadi kota zombie?

Tampak Depan Kantor Polisi Racoon City (RPD) – Google Image

Grafik yang disuguhkan dari game ini lebih realistis, jalan cerita dibuat lebih menarik dan lebih masuk akal dari versi terdahulu. Bagi penggemar games bergenre horror-action, pastinya sangat direkomendasikan. Ditambah lagi game ini mengajak gamers untuk bernostalgia dan merasakan sensasi bermain Resident Evil 2 dalam kualitas grafik, suara, model dan tekstur, pencahayaan (lighting) dan gameplay yang lebih sempurna.


Genre                   : Horror, Action, Sci-Fi
Console               : PS4, XBOX ONE, PC (release date, 25th January 2019)

Penulis: Alifva Bestari
Editor: Arinda Dediana


Comments


  1. numpang promote ya min ^^

    Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

E-Scooter : Fasilitas baru yang ada di GBK

Gelora bung karno (GBK) Senayan, Jakarta menjadi tempat terbaik untuk melepaskan kepenatan dengan melakukan aktivitas berolahraga bagi warga ibukota. Sejumlah fasilitas penunjang disediakan agar semua kalangan bisa menikmati waktu olahraganya dengan lebih nyaman. Selain itu, area Gelora Bung Karno selalu dipadati pengunjung untuk berolahraga, seperti lari pagi atau bersepeda.  Kalian bisa bersepeda keliling komplek GBK yang luasnya sekitar 67 hektar. Namun, ada lagi fasilitas baru yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung, yaitu skuter elektronik atau yang sering disebut dengan e-scooter
Skuter elektris (secara internasional lebih dikenal sebagai electric kick-scooters atau e-scooters) merupakan skuter yang 100% digerakan dengan tenaga listrik, sehingga tidak memproduksi asap dan suara bising. Skuter elektris biasanya mempunyai satu roda di depan dan di belakang, dan terkadang skuter elektris juga didesain dengan tiga roda. Kecepatan skuter elektris biasanya 20 – 50 km/jam, tetapi terda…

Wadaw! Akun Receh Twitter Ter-Goks Versi Meclub Online

Main Twitter hari gini udah gak asik?
WAH! Siapa bilang? Coba deh  follow akun-akun ini dulu.
Mungkin beberapa dari  kalian masih menganggap Twitter sudah tidak menyenangkan. Padahal dengan fitur Twitter yang sekarang, semakin banyak orang-orang yang kembali bercuitan di Twitter loh. 
Setelah beberapa tahun timeline Twitter agak sepi lantaran banyaknya model-model aplikasi sosial media seperti Path, Instagram dan Ask Fm. Tapi kamu masih bisa meramaikan lagi dan lebih menghibur lagi isi timelinemu dengan rekomendasi enam akun receh Twitter yang wajib untuk difollow. Penasaran?
1. @yeahmahasiswa
    2. @handokotjung Ide brilliant emang suka mengalir dengan sendirinya. Seperti halnya @handokotjung ini. Dia suka banget membuat  tweet receh bin nyeleneh. Yang membuat lebih terkejutnya lagi adalah tweetnya bisa menembus hingga 17 ribu retweet-an lhoo…. Amazing!

       3. @seterahdeh Emang paling terserah deh sama cuitannya di Twitter @seterahdeh  yang nyeleneh banget. Tapi entah mengapa, orang-oran…

Larang Mahasiswanya Kenakan Almet Saat Unjuk Rasa, Edaran Senat UB Tuai Pro Kontra

Sumber foto: Thearyaten
Jakarta, 25 September 2019 – Senat Universitas Bakrie mengumumkan pelarangan bagi mahasiswa/i Universitas Bakrie untuk melakukan aksi demo di DPR kemarin dengan mengenakan almamater kampus. Hal ini disampaikan dalam unggahan Instagram @senatub yang diunggah pada Senin, (23/9).
Sumber: Intagram.com/senatub
“Diberitahukan kepada seluruh Mahasiswa Universitas Bakrie bahwa Jas Almamater tidak boleh digunakan untuk kegiatan demonstrasi di gedung DPR RI pada tanggal 24 September 2019 sebagaimana yang tertera pada SOP Penggunaan Jas Almamater pada Pasal 10 poin A. Pihak Kampus Universitas Bakrie memberikan sanksi berupa pengeluaran (DROP OUT). Maka dari itu, jika tetap ingin tetap berpartisipasi turunlah atas nama rakyat dan mahasiswa tanpa membawa/mengenakan atribut identitas Universitas Bakrie.” bunyi siaran pers/press release Senat Universitas Bakrie.
Sumber: Intagram.com/senatub
Jika dilihat dari penjelasan yang ada di slide ke-2 gambar dalam unggahan tersebut, laranga…