Skip to main content

#AMIS 4: Mitos Lama Terowongan Kasablanka


Terowongan Kasablanka (dok. Google)

Terowongan Kasablanka, adalah sebuah terowongan yang ada di bawah jalan Kuningan, Jakarta Selatan. Mitos ini sudah ada sejak lama, banyak yang percaya bahwa terowongan ini sangat angker. Berbagai peristiwa aneh sering terjadi di dalam terowongan itu. Meskipun saat ini terowongan tersebut sudah semakin ramai dengan hiruk pikuk kota Jakarta, namun tetap saja keangkeran terowongan Kasablanka tidak pernah berubah. Bukan tanpa alasan, karena tempat yang gelap dan lembab adalah tempat yang paling disukai oleh mahluk halus. Dahulu, menurut cerita penduduk setempat, terowongan ini merupakan bekas kuburan massal.

Sampai saat ini, karena keangkeran dan banyak fakta yang mencengangkan publik membuat rasa penasaran bagi semua orang. Namun, hal mistik yang beredar bukan hanya isu belaka yang sengaja dibuat oleh beberapa pihak untuk mencari simpatisan orang banyak. Ada banyak kisah seram yang menyelimuti terowongan Kasablanka. Seperti penampakan yang mengusik para pengendara ketika melintas di terowongan tersebut. Karenanya, tidak mengherankan jika sering terjadi kecelakaan lalu lintas di terowongan angker ini.

Menurut beberapa warga Kasablanka, sebelum menjadi jalan besar, lokasi terowongan tersebut merupakan tempat pemakaman. Ketika pembongkaran kawasan pemakaman tersebut, bahkan ada satu jenazah yang masih utuh. Mulai dari terowongan Kasablanka sampai kira-kira radius 40 meter sesudahnya, banyak terjadi kecelakaan yang penyebabnya tidak masuk akal. Biasanya karena pengendara motor atau mobil melihat sosok kuntilanak berbaju merah atau makhluk misterius yang melintas dan terbang di hadapan kendaraannya, sehingga pengemudi yang kaget tiba-tiba banting setir dan akhirnya menabrak pembatas jalan.

Tak tanggung-tanggung, bahkan warga yang tinggal di dekat terowongan Kasablanka kerap dikagetkan oleh suara tangisan misterius. Namun anehnya, ketika sumber bunyi dihampiri, suara itu justru berpindah-pindah bahkan terkadang menjauh. Jadilah tempat ini semakin angker. Cerita yang serupa tapi tak sama juga ditemukan di tempat ini. Konon, sosok genderuwo dan nenek tua juga kerap mengganggu warga yang melintas. Menurut sesepuh, pusat kekuatan dari makhluk astral terletak di dalam terowongan tersebut.
 
Poster film Terowongan Kasablanka (dok. Google)
Tak cukup sampai disini, karena keangkerannya, bahkan terowongan ini sempat diangkat ke layar lebar pada tahun 2007 silam. Warga setempat menghimbau ada baiknya ketika melewati terowongan ini, para pengemudi kendaraan membunyikan klakson sebagai pertanda meminta izin untuk melintas kepada makhluk astral penghuni terowongan Kasablanka. Warga juga menambahkan, ketika melintasi terowongan angker ini sebaiknya pikiran kita tidak kosong, dan selalu berdoa untuk meminta keselamatan kepada Tuhan.

Itu adalah mitos yang berkembang di Ibu Kota Jakarta, banyak yang mempercayai dan sempat mengalami. Namun, melihat ramainya Jalan Kasablanka kini dengan kepadatan kendaraan yang luar biasa, sampai disebut-sebut menjadi jalanan paling macet No. 1 di Indonesia menurut warga net, apakah keangkeran itu masih kerap menghantui masyarakat yang melintas? Bagaimana menurut kalian, sobat Meclub?

Penulis :  Rizki Auliarahman
Editor: Arinda Dediana

Comments

Popular posts from this blog

Wadaw! Akun Receh Twitter Ter-Goks Versi Meclub Online

Main Twitter hari gini udah gak asik?
WAH! Siapa bilang? Coba deh  follow akun-akun ini dulu.
Mungkin beberapa dari  kalian masih menganggap Twitter sudah tidak menyenangkan. Padahal dengan fitur Twitter yang sekarang, semakin banyak orang-orang yang kembali bercuitan di Twitter loh. 
Setelah beberapa tahun timeline Twitter agak sepi lantaran banyaknya model-model aplikasi sosial media seperti Path, Instagram dan Ask Fm. Tapi kamu masih bisa meramaikan lagi dan lebih menghibur lagi isi timelinemu dengan rekomendasi enam akun receh Twitter yang wajib untuk difollow. Penasaran?
1. @yeahmahasiswa
    2. @handokotjung Ide brilliant emang suka mengalir dengan sendirinya. Seperti halnya @handokotjung ini. Dia suka banget membuat  tweet receh bin nyeleneh. Yang membuat lebih terkejutnya lagi adalah tweetnya bisa menembus hingga 17 ribu retweet-an lhoo…. Amazing!

       3. @seterahdeh Emang paling terserah deh sama cuitannya di Twitter @seterahdeh  yang nyeleneh banget. Tapi entah mengapa, orang-oran…

E-Scooter : Fasilitas baru yang ada di GBK

Gelora bung karno (GBK) Senayan, Jakarta menjadi tempat terbaik untuk melepaskan kepenatan dengan melakukan aktivitas berolahraga bagi warga ibukota. Sejumlah fasilitas penunjang disediakan agar semua kalangan bisa menikmati waktu olahraganya dengan lebih nyaman. Selain itu, area Gelora Bung Karno selalu dipadati pengunjung untuk berolahraga, seperti lari pagi atau bersepeda.  Kalian bisa bersepeda keliling komplek GBK yang luasnya sekitar 67 hektar. Namun, ada lagi fasilitas baru yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung, yaitu skuter elektronik atau yang sering disebut dengan e-scooter
Skuter elektris (secara internasional lebih dikenal sebagai electric kick-scooters atau e-scooters) merupakan skuter yang 100% digerakan dengan tenaga listrik, sehingga tidak memproduksi asap dan suara bising. Skuter elektris biasanya mempunyai satu roda di depan dan di belakang, dan terkadang skuter elektris juga didesain dengan tiga roda. Kecepatan skuter elektris biasanya 20 – 50 km/jam, tetapi terda…

Kenali Dunia Broadcasting Melalui Guest Lecturers

Kampus UB - Dalam rangka menerapkan tagline yang dimiliki oleh Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie yaitu Big Leap To The Real Experience, pada Kamis 18 Mei 2017 diadakan guest lecturer bersama salah satu stasiun televisi Indonesia yaitu ANTV.
Tema guest lecturer kali ini yaitu "Broadcast Yourself to be Real Broadcaster in Digital Age". Pembicara pada guest lecture kali ini yaitu Edi Cahyadi (Producer at Production ANTV) dan Riyo Nugroho (Spv. Program Director ANTV).
Guest lecture ini diikuiti oleh mahasiswa semester 2 Ilmu Komunikasi. Tujuan diadakannya acara tersebut yaitu agar para pesertanya dapat mengetahui bagaimana cara kerja di dunia broadcasting. Selain itu, menurut Ari Kurnia selaku salah satu dosen Ilmu Komunikasi, acara ini juga bertujuan untuk membantu mahasiswa/i dalam menentukan peminatan di semester 3 nanti. 

Berdasarkan pantauan Tim Liputan MeClub Online, antusias mahasiswa/i dalam mengikuti guest lecturer kali ini sangat luar biasa. Hal ini terlihat dari banyakn…